Minggu, 27 Agustus 2023

P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Petani Pisang

 


Hari/Tanggal        : Senin, 28  Agustus 2023

Mata Pelajaran     : P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Petani Pisang

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN

PROJEK P5 : INOVASI OLAHAN PISANG

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis, Kreatif dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif

SOSIALISASI PROYEK :

Pisang merupakan buah unggulan provinsi Lampung, bahkan tidak jarang masyarakat Lampung menjuluki sebagai icon kelurahan tersebut. Tetapi sangat disayangkan Keripik Pisang hanya banyak dinikmati dalam bentuk buah saja. Sebenarnya sudah ada beberapa home industry di provinsi Lampung yang mengolah Pisang menjadi beberapa olahan makanan. Diantaranya ada bolu pisang, sale pisang, keripik pisang, dan masih banyak lagi. 

Selain itu produk olahan Pisang dapat kita temui di sekitar jalan Pagar Alam, Kedaton ataupun pusat oleh-oleh. Kita sebagai warga yang tinggal di daerah yang memiliki potensi ini seyogyanya membantu mengenalkan produk olahan Keripik Pisang ke masyarakat luas. Dengan praktik membuat produk olahan Keripik Pisang secara tidak langsung mengenalkan kepada peserta didik bahwa kita dapat menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar kita. 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”

Komoditas Pisang oleh Petani Lampung

Kawasan Lampung Barat sudah lama dikenal akan potensinya dalam menghasilkan salah satu komoditas pisang terbaik di Indonesia. Dalam pasaran lokal, pisang hasil tani dari Tanggamus punya nama baik dan digemari secara luas. Sayangnya, meski memiliki kualitas ciamik, sistem pengembangan komoditas pisang ini masih terbilang lemah. Karena itulah, pemerintah melirik potensi sistem kemitraan sebagai salah satu jalan untuk membuka peluang pasar lebih lebar bagi petani pisang Tanggamus.

Meskipun berjalan pelan, namun melalui edukasi dan bimbingan langsung dari pihak pemerintah daerah maupun pusat, komoditas Pisang Tanggamus mulai diperhitungkan di pasar mancanegara. Dampaknya luar biasa, kesejahteraan petani meningkat dan kualitas pisang yang dihasilkan pun menjadi lebih baik. Ke depannya, bukan tidak mungkin, komoditas pisang Tanggamus bisa diekspor dalam skala yang lebih luas lagi. Simak perjalanan para petani di Lampung Barat menuju kesejahteraannya berikut ini.


Simak Video Petani Pisang di Bawah Ini 


Jawablah pertanyaan dibawah ini:
1. Berikan 1 pendapat kalian, terkait dengan video yang sudah kalian lihat?
2. Apakah kegiatan tersebut banyak kalian lihat di daerah sekitar sekolah dan tempat tinggal kalian?

ASESMEN DIAGNOSTIK :

Nama    :

Kelas     :

1. Dengan banyaknya petani Pisang di daerah kalian tinggal, ide apa yang dapat kalian kembangkan untuk mengangkat olahan buah Pisang menjadi daya tarik masyarakat baik di dalam daerah maupun luar daerah?

2. Apakah usaha yang dilakukan masyarakat dan pemerintah untuk mengangkat olahan buah Pisang sudah maksimal? Berikan ulasan kalian!





0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design