Rabu, 02 Agustus 2023

IPAS dan Seni Tari

   


Hari/Tanggal        : Rabu, 2 Agustus 2023

Mata Pelajaran     : IPAS dan Seni Tari

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CP
IPAS : Pemahaman SAINS
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya.


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik memahami perkembangbiakan tumbuhan.


MATERI IPAS




Kesimpulan :
Perkembangbiakan pada tumbuhan ada yang secara generatif juga ada secara vegetatif. secara vegetatif dapat dibagi dua yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. jika pada bunga dengan proses penyerbukan dan pembuahan ada juga melalui penyebaran biji.

Elemen : Seni Tari 

CP  : Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working Artistically) 

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Tujuan Pembelajaran : 

menuangkan imajinasi mereka dengan gerak tentang flora dan fauna sesuai dengan habitatnya. Didasari oleh pengalaman nyata yang dialami oleh peserta didik. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) : 

Peserta didik memperagakan gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok.


Materi Seni Tari : 

1. Tari Burung Merak

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman kebudayaan yang sangat kaya. Banyak sekali aneka ragam kebudayaan di Indonesia dan salah satunya adalah  kesenian tari yang sudah menejadi warisan luhur yang wajib dijaga. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki seni tari yang khas. Salah satunya adalah tari merak, kesenian tari yang berasal dari daerah Bandung, Jawa Barat.

Tari merak ini diciptakan pada tahun 1950-an oleh seniman dan koreografer tari asal Jawa Barat bernama Raden Tjetje Soemantri. Beliau mengambil gerakan-gerakan indah dari burung merak yang kemudian dijadikan sebuah tarian.

Tarian ini terinspirasi dari burung merak dan diadaptasi dari gerak-gerik burung merak jantan dengan pesona bulu-bulu ekornya yang cantik saat memikat merak betina serta mempunyai bulu yang indah, seperti kostum yang dipakai oleh para penarinya. Biasanya tarian ini dijadikan hiburan atau sambutan kepada tamu di acara besar. 

2. Tari Burung Cendrawasih 

Tari Cendrawasih adalah sebuah tari Bali yang ditampilkan oleh dua penari perempuan dan mengilustrasikan ritual-ritual perkawinan burung cendrawasih.

Gerakan tari Cendrawasih
Tari Cendrawasih
Penari tunggal Cendrawasih, dengan selendang yang digantungkan
Tari Cendrawasih
Penari tunggal Cendrawasih, sedang merentangkan "sayap" I
Tari Cendrawasih
Dua penari Cendrawasih

Berikut ini gerakan tari burung Cendrawasih ; 



Kesimpulan : 

Gerakan tarian dapat terinspirasi dari gerakan tumbuhan dan hewan. salah satunya yang kita pelajari yaitu gerakan burung merak.




0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design