Selasa, 01 Agustus 2023

Bahasa Indonesia dan Seni Tari

  


Hari/Tanggal        : Selasa, 1 Agustus 2023

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan SeninTari

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN : Bahasa Indonesia 
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau  elektronik. Peserta didik mampu membaca kata- kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah  dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

TUJUAN PEMBELAJARAN : 
1. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.


Ayo berlatihlah membaca dengan membaca cerita di bawah ini!




Elemen : Seni Tari 

CP  : Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working Artistically) 

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik dapat memahami ciri khas gerak benda dan makhluk hidup (alam sekitarnya) yang diamati didalam sebuah penyajian tari bertema. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) : 

Peserta didik memahami ciri khas gerak benda dan makhluk hidup (alam sekitarnya) yang diamati didalam sebuah penyajian tari bertema.

Materi : 

Mengenal gerakan alam, pernahkah kalian memperhatikan pohon yang bergoyang karena tertiup angin ? Pernahkan kamu mengamati kepakan sayap burung yang terbang di langit ? Gerakan tersebut merupakan contoh gerakan alam. Gerakan alam adalah gerakan yang dilakukan dengan menirukan gerakan yang ada di alam. 

Berikut ini adalah beberapa jenis gerakan alam, antara lain ; 

1. Gerakan Tumbuhan 

Dapat diamati saat tumbuhan tertiup oleh angin. Selain itu, kamu juga dapat melihat gerakan ini saat tumbuhan tumbuh dari biji, pohon kecil hingga menjadi pohon yang besar dan tinggi. 



2. Gerakan Hewan 

Kamu dapat menirukan gerakan burung terbang sebagai gerakan tari. Kamu dapat melakukannya dengan merentangkan kedua tangan sambil diayunkan ke atas dan ke bawah. 

Untuk pembelajaran kali ini kita akan belajar tentang menirukan gerak hewan yaitu burung merak sebagai berikut 




Berikut ini anak2 dapat berlatih menirukan gerak burung merak  👇🏻




Kesimpulan

Pada pembelajaran hari ini bahwa jenis-jenis gerak tari bermacam- macam ada yang terdapat dari gerak menirukan tumbuhan, hewan, pohon yang tertiup angin, air mengalir dan masih banyak lagi. Ternyata gerakan tersebut sering kali kita jumpai di kehidupan sehari-hari. 


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design