Senin, 17 Maret 2025

STS 2 : Kisi-Kisi dan Latihan Soal Bahsa Indonesia

 

Hari/Tanggal        : Senin, 18 Maret 2025

Mata Pelajaran     : Kisi-Kisi  dan Latihan Soal Bahsa Indonesia




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Kisi-Kisi  dan Latihan Soal Bahasa Indonesia 

1. Menentukan tokoh utama dalam cerita
2. Menentukan latar tempat pada cerita
3. Menentukan isi atau amanat cerita
4. Mengetahui apa itu kegiatan barter
5. Mengetahui alasan manusia menciptakan mata uang
6. Menentukan nominal mata uang rupiah
7. Pengertian menabung
8. Mengetahui teks prosedur
9. Mengetahui langkah-langkah teks prosedur
10. Mengurutkan teks prosedur
11. Mengetahui kosa kata baru yang ada pada teks bacaan raja ampat
12. Menentukan kalimat efektif 
13. Menentukan latar tempat pada puisi & Menyebutkan macam-macam sajak
14. Menentukan majas metafora pada puisi
15. Laporan perjalanan adalah karya ilmiah yang dibuat setelah melakukan kunjungan ke suatu tempat
16. Struktur atau bagian laporan perjalanan
17. Menentukan majas personifikasi


Latihan Soal!

1. Dahulu manusia menggunakan sistem pertukaran yang disebut barter. Bergesernya waktu manusia berinovasi untuk menciptakan alat pertukaran yang disebut uang. Mengapa manusia menciptakan uang tersebut….

a.  Untuk membeli barang

b.  Sebagai alat barter

c.   Sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh negara

d. Untuk kenang-kenangan

2. Mebawa bekal ke sekolah sehingga tidak perlu membeli jajan merupakan salah satu cara agar….

a.   Tabungan cepat terkumpul                c. Tidak perlu membawa uang jajan

b.  Uang jajan bisa dibelikan mainan     d. Uang jajan untuk dibelikan baju

3. Firas menyisihkan uang untuk membeli sepeda. Arti kata menyisihkan pada kalimat di atas adalah …

a. Menghabiskan                                       c. Membelikan

b. Mencadangkan                                      d. Membutuhkan

4. Dalam teks prosedur, apa yang dimaksud dengan “langkah”?
a. Cara melakukan sesuatu                         c. Tujuan dari teks
b. Bahan yang dibutuhkan                           d. Kesimpulan dari teks

5. Perhatikan teks berikut!

·   Siapkan dokumen persyaratan seperti fotokopi kartu pelajar, fotokopi akta kelahiran, formulir pembukaan rekening, dan fotokopi KTP salah satu orang tua 

·         Datanglah ke bank bersama orang tua 

·         Serahkan dokumen persyaratan ke petugas bank 

·         Tunggulah verifikasi persyaratan dan membuka rekening oleh petugas bank

·         Setelah itu, ambilah buku rekening

Marsya membaca setiap langkah-langkah yang termuat pada teks di atas. Teks yang dibaca Marsya termasuk....
a. Teks fabel tentang cara menabung
b. Teks fabel tentang cara membuka rekening
c. Teks prosedur tentang mengambil tabungan
d. Teks prosedur tentang cara membuka rekening

6. Cermatilah kalimat berikut!
(1) Gunakan setrika secara efektif.
(2) Colokkan steker ke stopkontak.
(3) Tunggu sampai panas yang diinginkan.
(4) Putar sakelar pengatur suhu.
Urutkan kalimat di atas agar menjadi petunjuk yang padu adalah ….

a. (2) – (4) – (3) – (1)                      c. (4) – (3) – (1) – (2)

b. (2) – (4) – (1) – (3)                     d. (2) – (1) – (3) – (4)

7. Hukuman harus diberikan kepada turis yang membuang sampah sembarangan

di sekitar pantai Sanur.
Kata turis pada kalimat tersebut memiliki arti...
a. Penjual minuman                          c. Orang yang berenang
b. Orang yang berwisata                   d. Pelayan restoran

8. Kenzi pergi ke mini market, kemudian Kenzi pergi ke sekolah. Kalimat efektif dari kalimat di atas adalah….

a. Kenzi pergi ke minimarket, kemudian pergi ke sekolah

b. Kenzi pergi ke minimarket, kemudian Kenzi pergi

c. Kenzi pergi ke minimarket, kemudian ke sekolah

d. la pergi ke minimarket, kemudian Kenzi pergi ke sekolah

9. Berikut yang merupakan kalimat efektif adalah….

a. Bagi para siswa-siswa diharapkan datang pukul 07.30 WIB

b. Penebangan pohon itu kami dibantu oleh semua warga desa

c. Saya hanya memiliki satu tanaman peliharaan saja

d. Siswa kelas IV senang memelihara hewan dan tumbuhan

10. Allesia baru saja mengunjungi Candi Prambanan bersama teman sekelasnya. Setelah pulang Allesia dan teman-temannya membuat karya ilmiah yang disebut….

a. Laporan sekolah                          c. Laporan perjalanan

b. Laporan praktikum                       d. Laporan observasi

Isian !

1. Beberapa tahun lalu, cerita keberhasilan Dian menjadi juara umum di lomba puisi tingkat nasional menjadi buah bibir semua pelajar di kotanya. Kata buah bibir memiliki arti ….

2. “Dia adalah mata-mata di antara kita”. Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah … 

3. "Bisikan angin membelai daun-daun pohon" Kalimat tersebut mengandung majas ….

4. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Setidaknya berisi subjek

2) Tidak bertele-tele

3) Hemat kata

4) Memiliki banyak makna

Ciri-ciri kalimat efektif ditunjukkan oleh nomor....


5.  Sebutkan 4 sajak yang terdapat pada puisi ?


~ GOOD LUCK ~

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design