Senin, 20 Januari 2025

Matematika dan IPAS

    

Hari/Tanggal        : Selasa, 21 Januari 2025

Mata Pelajaran     : Matematika dan IPAS

Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

Metode Pembelajaran : Diskusi 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran Matematika dan IPAS. 

Matematika 

Elemen CP : Pengukuran : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik menganalisis Panjang benda menggunakan satuan baku

2. Peserta didik mengerjakan latihan soal evaluasi satuan panjang dan berat


Pengukuran Satuan Berat 

Pengertian Satuan Berat dan Alat Ukurnya

Satuan berat merupakan standar atau dasar ukuran yang digunakan untuk menyatakan berat dari suatu benda, misalnya buah ini beratnya 1 kg. Satuan berat yang sering kita gunaan sehari hari adalah ons, kwintal, ton, kilogram, gram, pound, dan lbs.

Biasanya kita menggunaan satuan berat ketika misalnya belanja di pasar, membeli barang di toko bangunan, dan lain-lain. Nah, saat kita akan membeli sesuatu di pasar maupun toko bangunan, terkadang kita melihat suatu alat yang digunakan untuk menghitung berat suatu benda, alat tersebut dinamakan dengan timbangan. Ada berbagai macam bentuk timbangan, ada yang digital dan ada yang manual, bentuknya pun berbeda beda.

Berikit ini Video Pembelajaran Satuan Berat : 

Latihan Soal ! 

1. Jarak antara rumah Vidia dengan sekolah adalah 2 km. Jarak ini sama dengan …
a. 200 m
b. 20 m
c. 2.000 m
d. 20.000 m
2. Hasil 30 m + 40 Hm – 4.000 cm adalah ….
a. 440 m
b. 340 m
c. 350 m
d. 410
3. Harun memiliki tali dengan ukuran 10 m. Kemudian Harun akan memberikan tali kepada Mutia hanya 250 cm. Berapa sisa dari tali Harun …
a. 750 m
b. 75 m
c. 7,5 m
d. 9,25 m
4. Humairah kemarin membeli kacamata 3 lusin. Artinya kacamata Humaira ada sebanyak …
a. 30 buah
b. 36 buah
c. 18 buah
d. 72 buah
5. 4 lusin + 2 gros + 50 buah = …
a. 448
b. 288
c. 242
d. 386
6. Fuad telah mendapat hasil panen beras 3 ton. Hasil ini sama dengan….
a.3.000 talenta
b. 3.000 Hg
c. 3.000 ons
d. 3.000 kg
7. 3 kg + 20 ons + 1 kuintal = …
a. 123 kg
b. 105 kg
c. 15 kg
d. 303 kg
8. Faris membeli jeruk 2 kg, apel 30 ons dan salak 15 Hg. Berapa berat keseluruhan
a. 65 kg
b. 6,5 kg
c. 78
d. 20

Pemahaman Sains

Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.  

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu Mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat di sekitarnya 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mengaitkan pengaruh ragam bentang alam dengan profesi masyarakat di daerahnya.

Materi Pembelajaran : 

Jenis-Jenis Pekerjaan Berdasarkan Letak Geografis

Letak geografis suatu daerah sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Tidak hanya dalam segi kehidupan sosial budaya, letak geografis juga berpengaruh pada jenis pekerjaan masyarakatnya. Secara garis besar, letak geografis bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu wilayah dataran tinggi, dataran rendah serta perairan. Ketiga jenis letak geografis ini memiliki karakteristik serta jenis pekerjaannya masing-masing. 

Dataran tinggi 

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), daerah dataran tinggi memiliki ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan air laut. Contohnya perbukitan dan pegunungan. Daerah dataran tinggi bisa dimanfaatkan menjadi lahan pertanian, perkebunan serta kehutanan. Selain itu, daerah dataran tinggi juga sering digunakan sebagai tempat rekreasi.  

Pegunungan 

Masyarakat yang hidup di lereng pegunungan sebagian besar bekerja sebagai petani, karena ada banyak potensi alam yang bisa digunakan. Contohnya lahan yang besar bisa ditanami kentang atau tanaman lainnya. Selain itu, masyarakat di dataran tinggi juga memanfaatkan perkebunan untuk menanam teh dan kopi. Potensi alam yang ada terus di kembangkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Agen wisata juga menjadi salah satu jenis pekerjaan yang bisa ditemui di daerah dataran tinggi. Mayoritas dari mereka berjualan, membuka tempat penginapan, menjadi pemandu wisata, menyediakan jasa tour, dan lain-lain. 

Dataran rendah 

Berbeda dengan dataran tinggi, daerah ini hanya memiliki ketinggian 200 hingga 300 meter di atas permukaan air laut. Hawa atau udaranya tidak sesejuk daerah dataran tinggi. Jenis pekerjaan di dataran rendah lebih bervariasi dibanding dataran tinggi. Karena letak geografisnya yang sesuai dengan berbagai aktivitas ekonomi, seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkantoran, industri, perdagangan, perkebunan, dan lain-lain. Contoh jenis pekerjaan yang ada di dataran rendah ialah peternak, petani, wartawan, karyawan, guru, dosen, dokter, perawat, sopir kendaraan umum, dan lainnya. Untuk bidang produksi barang, contohnya industri makanan dan industri pakaian. Sedangkan di bidang jasa, contohnya pelayanan jasa transportasi, pegawai bank, dan lainnya. 

Perairan 

Perairan merupakan daerah yang dipenuhi air, seperti laut, sungai, danau dan rawa. Jenis pekerjaannya pun berbeda dengan pekerjaan di dataran tinggi serta dataran rendah. Mayoritas masyarakat yang hidup di perairan, bekerja sebagai nelayan. Mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berlayar dan menangkap ikan, baik untuk dikonsumsi sendiri atau dijual di pasar ikan. Selain menjadi nelayan, banyak masyarakat di daerah perairan yang bekerja sebagai petani garam. Mereka memproduksi garam dari air laut yang dikeringkan dengan bantuan panas matahari. Garam ini nantinya mereka jual untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pedagang, pemandu wisata, penyedia tempat penginapan dan penyedia jasa tour juga termasuk dalam jenis pekerjaan di daerah perairan, khususnya daerah yang menjadi tempat wisata. Contohnya Pantai Kuta di Bali, sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia.

Berikut Simak Video Berikut ini : 



KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi Bentang keragaman pekerjaan berdasarkan letak geografis. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membedakan mata pencarian berdasarkan letak bentang alam disekitarnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama menyaksikan tayangan video dan penjelasan yang disampaikan guru. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design