Kamis, 13 April 2023

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 dan 4

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 13 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 4 ( Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda )

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK, SBdP.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda- benda dengan benar.
2. Peserta didik dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan

Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan cermat.

Ibu             : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara      : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu             : Mungkin kamu lupa menyimpannya. 
Tiba-tiba Udin datang.
Udin          : Mengapa kamu sedih, Kakak? Penggarisku hilang, Udin.
Udin          : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna merah?
Mutiara     : Iya, betul,  warnanya merah.
Udin          : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi meminjamnya sebentar.

Ibu             : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak, harus minta izin.
Udin          : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.
Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak  memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang orang lain.





Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.

Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan


Ayo Mencoba 

Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.





Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya. 
Badan dapat bergerak lentur seperti karet.
Lihatlah gerakan pesenam pada gambar di atas.
Badannya meliuk ke kanan dan ke kiri.
Pesenam dapat melakukan gerakan karena rajin berlatih.
Kamu juga harus rajin berlatih.
Dengan berlatih, kamu dapat melakukan gerakan tersebut.
Coba lakukan gerakan meliuk berikut.
Tujuan gerakan ini yaitu untuk melenturkan tubuh.
Tahapan gerakan meliuk sebagai berikut.
1. Sikap awal badan berdiri tegak.
2. Rentangkan kedua tangan ke depan.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design