Rabu, 15 Januari 2020

Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 PB 3

Hari/Tanggal: Rabu, 15 Januari 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1.      Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi dengan benar
2.      Melalui kegiatan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik
3.      Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut dengan tepat

Materi Pembelajaran:
1.      Membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi
2.      Dengan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya
3.      Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut


Kamu telah tahu cirri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!

Maha Patih Gajah Mada
Karya : D. Karitas

Wahai Maha Patih Gajah Mada
Sejarah telah mengukir nama besarmu
Sejarah telah mengakui kepemimpinanmu
Sejarah telah mencatat keberanianmu
            Maha Patih Gajah Mada
            Tak akan hilang dari benak kami para pemuda bangsa
Kisah kepahlawananmu
Semangat pantang menyerahmu
Dan usaha keras untuk mewujudkan cita-citamu
Maha Patih Gajah Mada,
Kami akan terus membangun bangsa ini
Kami akan terus menjaga persatuan dan kesatuan Negara ini
Dan kami akan terus menghormatimu, pahlawan kami

Jawablah pertanyaan berikut!
1.      Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gaja Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut
2.      Salinlah puisi tersebut di buku tulismu.
3.      Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri
4.      Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hamper sama dengan kata yang kamu ganti
5.      Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.

6.      Bacakanlah puisimu di depan kelas 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design