Selasa, 04 November 2025

Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 5 November 2025

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila . 

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengenal berbagai profesi di bidang layanan jasa transportasi, seperti sopir, pilot, masinis, kondektur, dan tukang ojek.

  2. Menyebutkan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing profesi dengan kalimat sederhana dan benar.                                                                                                           B. Media Pembelajaran

  1. Gambar dan kartu profesi (pilot, sopir, kondektur, tukang ojek, masinis, pramugari, dll).

  2. Video pendek atau animasi tentang kegiatan layanan transportasi (misalnya aktivitas di terminal, stasiun, atau bandara).                                                                       🧩 C. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah interaktif – Guru memperkenalkan profesi layanan jasa transportasi dengan menampilkan gambar/video.

  2. Tanya jawab – Siswa diajak berdiskusi tentang pengalaman menggunakan transportasi dan mengenali profesinya.

  3. Membaca bersama – Siswa membaca teks tentang profesi transportasi dengan bimbingan guru.                                                                                                                          Materi: Profesi Layanan Jasa Transportasi

1. Pengantar

Transportasi adalah kegiatan memindahkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan alat seperti mobil, bus, kereta, kapal, atau pesawat.
Agar transportasi berjalan lancar, dibutuhkan orang-orang yang bekerja memberikan layanan jasa transportasi.
Mereka disebut pekerja atau profesi layanan jasa transportasi.

2. Macam-macam Profesi Layanan Jasa Transportasi

NoProfesiAlat TransportasiTugas UtamaContoh Kalimat
1Sopir / PengemudiMobil, bus, trukMengemudikan kendaraan dan mengantarkan penumpang atau barang ke tujuan.“Ayah bekerja sebagai sopir bus antar kota.”
2KondekturBusMembantu sopir, mengatur penumpang, dan menarik ongkos.“Kondektur bus selalu mengingatkan penumpang agar hati-hati.”
3MasinisKereta apiMenjalankan dan mengendalikan kereta.“Masinis membawa kereta dengan hati-hati.”
4PilotPesawat terbangMengemudikan pesawat dan membawa penumpang ke kota lain.“Pilot menerbangkan pesawat dengan percaya diri.”
5Pramugari / PramugaraPesawat terbangMelayani dan membantu penumpang di pesawat.“Pramugari membantu penumpang mencari tempat duduk.”
6Tukang ojek / Pengemudi ojek onlineSepeda motorMengantarkan penumpang ke tempat tujuan dengan cepat.“Tukang ojek membantu saya pergi ke sekolah.”
7NahkodaKapalMengemudikan kapal dan menjaga keselamatan penumpang.“Nahkoda membawa kapal berlayar di laut.”
3. Teks Bacaan Pendek

“Sopir Bus Kota”

Setiap pagi, Pak Andi bangun lebih awal. Ia bekerja sebagai sopir bus kota.
Tugas Pak Andi adalah mengantar penumpang ke tempat tujuan dengan selamat.
Ia selalu berhenti di halte dan mematuhi rambu lalu lintas.
Penumpang merasa senang karena Pak Andi ramah dan berhati-hati.

Pertanyaan:

  1. Siapa nama sopir dalam teks?

  2. Apa tugas Pak Andi?

  3. Mengapa penumpang senang dengan Pak Andi?                                                                     4. Kegiatan Bahasa

a. Kegiatan Membaca

  • Siswa membaca teks pendek tentang profesi transportasi.

  • Guru menuntun pelafalan dan intonasi yang tepat.

b. Kegiatan Menulis

  • Tulis 3 kalimat tentang profesi transportasi yang kamu kenal!
    Contoh:

    1. Ayah saya bekerja sebagai sopir.

    2. Sopir harus berhati-hati saat mengemudi.

    3. Saya ingin menjadi pilot saat besar nanti.

c. Kegiatan Berbicara

  • Bermain peran: siswa berpura-pura menjadi sopir, kondektur, atau penumpang.

  • Latihan percakapan sederhana, misalnya:

    Sopir: “Silakan naik, Bu.”
    Penumpang: “Terima kasih, Pak Sopir.”             
     

     5. Nilai Karakter yang Ditanamkan

  • Disiplin

  • Tanggung jawab

  • Kerja keras

  • Menghargai profesi orang lain



Mapel : Pendidikan Pancasila 
Tujuan Pembelajaran : Sumatif harian ke 4 
Hak dan kewajiban 

Media pembelajaran : Soal Sumatif harian 1, LCD , buku PH

Metode pembelajaran : mengerjakan secara Individu 

Soal Sumatif harian ke -4 

1. Salah satu hak murid di sekolah adalah …
A. Datang terlambat ke sekolah
B. Mendapatkan pelajaran dari guru
C. Tidak mengerjakan PR
D. Mengabaikan tata tertib sekolah
Jawaban: 


2. Contoh kewajiban murid di sekolah adalah …
A. Bermain saat pelajaran berlangsung
B. Menghormati guru dan teman
C. Tidak memakai seragam
D. Pulang sebelum waktu yang ditentukan
Jawaban: 


3. Di rumah, hak seorang anak adalah …
A. Membantu pekerjaan orang tua
B. Mendapat kasih sayang dari keluarga
C. Membersihkan kamar
D. Menjaga kebersihan rumah
Jawaban: 


4. Kewajiban anak di rumah yang benar yaitu …
A. Bermalas-malasan setiap hari
B. Membantu orang tua dengan ikhlas
C. Tidak mau makan bersama keluarga
D. Membantah nasihat orang tua
Jawaban: 


5. Di lingkungan sekitar, hak anak adalah …
A. Merusak taman bermain
B. Menikmati lingkungan yang bersih dan aman
C. Membuang sampah sembarangan
D. Mengganggu tetangga
Jawaban: 


6. Kewajiban anak di lingkungan adalah …
A. Mengotori jalan
B. Berpartisipasi menjaga kebersihan
C. Mengganggu teman bermain
D. Membiarkan sampah berserakan
Jawaban: 


7. Jika di sekolah kita melihat teman berkelahi, maka kewajiban kita adalah …
A. Menonton saja
B. Ikut berkelahi
C. Melapor kepada guru agar masalah diselesaikan dengan baik
D. Membiarkan mereka
Jawaban: 


8. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin termasuk …
A. Hak murid
B. Kewajiban murid
C. Pilihan pribadi
D. Hukuman dari guru
Jawaban: 


9. Ketika di rumah ada pekerjaan yang bisa dibantu, sikap yang baik adalah …
A. Menghindar
B. Menunggu disuruh
C. Membantu dengan senang hati
D. Tidak peduli
Jawaban: 


10. Menjaga nama baik sekolah merupakan …
A. Hak saja
B. Kewajiban semua warga sekolah
C. Tugas guru
D. Tugas kepala sekolah
Jawaban: 


✍️ Soal Uraian

1. Jelaskan perbedaan antara hak dan kewajiban murid di sekolah!

2. Sebutkan tiga contoh hak dan tiga contoh kewajiban anak di rumah!

3. Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal?

4. Bagaimana sikapmu jika temanmu tidak mau melaksanakan kewajibannya di sekolah?

5. Tuliskan contoh perilaku yang mencerminkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang di sekolah!


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design