Hari/Tanggal : Senin , 27 Oktober 2025
Mata Pelajaran : Matematika
Alat Peraga : Video Pembelajaran, Gambar
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Pembagian sebagai Kebalikan dari Perkalian
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat memahami bahwa pembagian adalah kebalikan dari perkalian, dan dapat menyelesaikan soal pembagian dengan menggunakan konsep perkalian.
Media pembelajaran :Papan tulis dan spidol – untuk menulis soal dan penjelasan.
Benda konkret (manik-manik, kancing, batu kecil, stik es krim) – untuk membagi secara langsung dalam kelompok.
Lembar kerja siswa – berisi soal dan latihan.
Tabel perkalian – sebagai alat bantu mengerjakan pembagian.
Metode Pembelajaran
Ceramah interaktif
Guru menjelaskan konsep sambil bertanya-jawab dengan siswa.Demonstrasi langsung
Guru membagi benda nyata (contoh: 12 kancing dibagi ke 4 kotak) agar siswa melihat secara konkret.Diskusi kelompok kecil
Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan soal menggunakan benda konkret.Latihan soal individual
Siswa mengerjakan soal pembagian yang dikaitkan dengan perkalian di lembar kerja.Permainan edukatif
Misalnya: “Pasangkan perkalian dan pembagiannya” menggunakan kartu bilangan atau papan flanel.1. 📗 Pengertian Dasar
A. Perkalian
Perkalian adalah penjumlahan berulang.
Contoh:
3 × 4 artinya 4 + 4 + 4 = 12B. Pembagian
Pembagian adalah kebalikan dari perkalian.
Contoh:
Jika 3 × 4 = 12, maka:
✅ 12 ÷ 4 = 3
✅ 12 ÷ 3 = 4Artinya, kita mencari berapa kali suatu bilangan bisa dimasukkan ke dalam bilangan lain
2. 📙 Hubungan Perkalian dan PembagianKita bisa membuat 3 kalimat matematika dari satu hubungan bilangan.
Contoh:
4 × 5 = 20
Maka:
✅ 20 ÷ 5 = 4
✅ 20 ÷ 4 = 5Ingat:
Jika a × b = c, maka:c ÷ a = b
c ÷ b = a
3. 📕 Contoh Soal dan Penjelasan
Contoh 1
Ibu punya 18 kue. Kue itu dibagikan kepada 6 anak secara merata.
Berapa kue yang diterima setiap anak?
👉 18 ÷ 6 = ...
Kita cari:
6 × berapa = 18?
Jawab: 6 × 3 = 18
✅ Jadi, 18 ÷ 6 = 3Contoh 2
Sinta memiliki 28 permen. Ia ingin membaginya ke dalam 4 kotak.
Berapa permen di setiap kotak?
👉 28 ÷ 4 = ...
Cari:
4 × ... = 28
Jawab: 4 × 7 = 28
✅ Maka 28 ÷ 4 = 74. 🧮 Latihan Soal
A. Isilah titik-titik berikut dengan benar:
36 ÷ 6 = ..
15 ÷ 5 = ...
7 × 8 = 56 → 56 ÷ 8 = ...
9 × 4 = 36 → 36 ÷ 9 = ...
6 × 6 = 36 → 36 ÷ ... = 6
B. Lengkapi dengan pasangan perkalian yang sesuai:
12 ÷ 3 = ... → Karena ... × ... = 12
45 ÷ 5 = ... → Karena ... × ... = 45
72 ÷ 8 = ... → Karena ... × ... = 72

0 komentar:
Posting Komentar