Hari/Tanggal : Selasa,22 Juli 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa dan Pendidikan Pancasila
Alat Peraga : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab

Good morning my lovely students. How are you this morning?
Media ajar: Video pembelajaran, Kartu Angka, LKPD
- Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
- Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat Mengenali dua unsur rupa: garis dan warna dalam lingkungan sekitar
- Peserta didik dapat mendengarkan dengan baik adalah bagian dari sikap saling menghargai.
- Peserta didik mengamati benda konkret dan menyebutkan jumlahnya sampai 10
- Memahami unsur rupa (garis) di lingkungan sekitarnya
- Menunjukkan sikap sebagai pendengar yang baik saat menyimak tuturan lisan dari guru, teman, atau media audio dengan cara duduk tenang, menatap pembicara, dan tidak menyela.
- Menghitung banyak benda sampai 10
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari pendidikan pancasila mengenal simbol sila Pancasila. Nah pada pertemuan kali ini kita masuk dalam pelajaran Seni rupa, Bahasa Indonesia dan Matematika. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Contohnya: gambar, lukisan, kerajinan dari kertas, dan bentuk mainan dari tanah liat.
1. Titik
Titik itu kecil, seperti bintik. Titik bisa membuat hiasan atau pola.
Contoh: Titik-titik pada gambar batik. 🟡🔵🔴🟠
2. Garis
Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.
3. Bentuk
Bentuk adalah wujud gambar atau benda. Contoh: 🟡 lingkaran, 🟥 persegi, 🔺 segitiga.
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal simbol sila Pancasila Mengenal sila-sila
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat mengenal simbol Peserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila
Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik
Amatilah gambar di bawah ini!





0 komentar:
Posting Komentar