Rabu, 24 April 2024

P5 dan Pendidikan Pancasila

    


Hari/Tanggal        : Rabu, 24 April 2024

Mata Pelajaran     : P5 dan Pendidikan Pancasila 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT / Video Pembelajaran 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Kegiatan P5 

“AKU CINTA KEBERAGAMAN”

Tema : Bhineka Tunggal Ika


AKTIFITAS 4 

Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)

Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan             : Peserta didik mampu memerankan tokoh berdasarkan di dalam teks cerita


Kegiatan Awal

Drama Bully

Scane 1

 

Di sebuah SD Bernama SD Bar-Bar, terdapat 3 orang anak pengganggu yang terkenal di sekolah itu. Mereka adalah Tenza, Alfin, Dan Radit. Dan Hari inimereka melakukan yang biasa mereka lakukan memalak, memarahi danmembully murid lain.

 

Radit : Eh, Tenza, Alfin. Aku denger hari ini kita bakal dapet anak pindahandi kelas kita !”

Tenza :  Trus Apa masalahnya ama Aku ?”

Radit :  Ya engga , Aku kan Cuma ngasih tau kau! Kali aja aku kudegitu !”

Alfin:  Iya Aku juga denger, katanya sih namanya Lestari

Tenza : “Hah siapa, Lestari ? Hahaha, oke untuk hari ini kita bakal ngasih dia pelajaran berharga buat dia biar gak bisa macem macem ama kitakedepannya.“

 

Tenza dan temannya pun menyusun rencananya untuk memberikan pelajarantersebut kepada anak baru itu.


Scene 2   


Ring...Ring...

 

Bel tanda masuk pun dimulai, semua anak berjalan cepat menuju kelasmereka. Semuanya kecuali anggota genk terkenal ini mereka berjalan lambatmenuju kelasnya yang lumayan jauh.

Didalam kelas para murid duduk dengan rapih dan mengambil buku pelajaransebelum dimulai pelajaran.

 

Brakkk…

 

Terdengar suara pintu terbanting, semua murid melihat ke asal suara. Ya! Taklain adalah Tenza, Alfin dan Radit. Mereka dengan santai nymemasuki kelas, dan bagaikan tak menghiraukan tatapan murid kelasnya. Alie yangmerasa kesal bangkit dari duduknya dan menghampirmereka.

 

Yusuf:  Hei!, Tenza, Alfin, Radit udah aku peringatin beberapa kali bukan.Kalo buka pintu tuh biasa aja, gak usah dibanting segala. Kalo pintunyarusak mau gantiin ? (Yusuf sebagai ketua kelas marakarena propertiyang seharusnya di jaga kita semua malah dibanting seperti itu.)

Tenza :  Oh,Hei ! pasti soal properti sekolah yaa.. maaf ,, maaf Aku gak kan ngulangin kejadian banting pintu lagi deh“ (Perkataan Tenza diiringidengan tawa ejekkan dari Alfin dan Radit.)

Yusuf:  Terserah deh ! aku ngasih tau serius , bukan bercanda!“ 

Alfin :  OH! YAUDAH! PERMISI! (dengan di ikuti Tenza dan Radit)

 

Setelah itu guru pun masuk yang dibelakangnya terdapat seorang murid.

 

Bu Yeni “Yap anak anak seperti yang sudah kalian ketahui kita memiliki seorang murid baru ! Tolong sedikit perhatiannya saat iamemperkenalkan diri .“

Lestari Assalamuaikum wr.wb. perkenalkan nama saya Lestari pindahandari SD Harap Maklum. Mohon bantuannya agar saya bisa meyesuaikandiri di lingkungan sekolah ini.” (dengan logat jawa yang mendok)

 

Tenza: “ eehhh,,,eehhh ,,,,eehhh ada orang dari kampung niii (dengan diringi ejekan dan tawa seluruh siswa)

Bu Yeni: “ cukup ya nak! Tidak boleh saling mengejek ya nak! (sambil menanangkan siswa)

 


Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Pola Hidup Gotong Royong 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami arti, tujuan dan manfaat gotong royong.


Materi Pembelajaran 

Gotong royong adalah salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Secara garis besar, gotong royong tertuang pada pancasila dalam sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Gotong royong telah mendarah daging dan bahkan menjadi kepribadian bangsa, serta sebagai budaya yang sudah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang hampir semua daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong.

Gotong royong berasal dari kata gotong berarti bekerja dan royong berarti bersama. 

Manfaat dan Tujuan Gotong Royong

Manfaat dan tujuan dari gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat, antara lain:

1. Menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan.

2. Membina hubungan sosial yang baik terhadap masyarakat disekitar.

3. Menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa kasih sayang.

4. Mempererat tali silahturahmi atau persaudaraan.

5. Meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam menuntaskan suatu pekerjaan.

6. Meningkatkan produktivitas kerja.

7. Terciptanya rasa persatuan dan kesatuan di dalam lingkungan sekitar.

Contoh perilaku gotong royong dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Kerja Bakti

2. Membangun Fasilitas Umum

3. Saling Membantu Masyarakat

4. Saling Tolong Menolong

5. Membantu Warga yang Mengadakan Hajatan

6. Menjaga Keamanan Bersama

7. Menyelesaikan Permasalahan dengan Damai

8. Berkumpul untuk Merayakan Acara Desa

9. Membangun Tempat Ibadah Bersama-sama

10. Membersihkan Lingkungan Sekolah

11. Menanam Pohon atau Tanaman

12. Mengadakan Bakti Sosial

Berikut video Pembelajaran : 


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design