Jumat, 03 Maret 2023

Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4

 


Hari/Tanggal        : Jumat, 3 Maret 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 1 ( Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita )

Pembelajaran        : 4

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, SBdP. 




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 4 
Tujuan Pembelajaran : 
1. Peserta didik dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila.
2. Peserta didik dapat menjelaskan makna kata  tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui kegiatan pengelompokan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
3. Peserta didik dapat memahami menggunakan kosakata jenis benda dalam kalimat dengan benar.
4. Peserta didik dapat memahami bunyi panjang dan pendek pada lagu Topi Saya Bundar dengan tepat.  



Makna Simbol Sila Ke-4 Pancasila 

Simbol sila ke empat adalah kepala banteng. 
Banteng termasuk benda hidup. 
Banteng merupakan hewan yang suka berkelompok. 
Banteng juga merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. 


Menggunakan Kosakata Jenis Benda dalam Kalimat

Benda hidup memerlukan makanan dan air. 
Makanan dan air berguna untuk pertumbuhan. 
Benda hidup tumbuh dari ukuran kecil menjadi lebih besar dan tinggi. 
Berbeda dengan benda hidup, benda tak hidup tidak memerlukanan makanan dan air.
Benda tak hidup tidak mengalami pertumbuhan. 


Ayo Mengamati!

Amati perubahan benda pada gambar berikut ini.

Benda hidup dapat tumbuh besar.
Benda hidup dapat bertambah berat dan tinggi.
Tinggi badan kita bertambah sejak bayi hingga sekarang.

Hewan dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi.
Benda tak hidup tidak dapat tumbuh besar.
Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbedabeda.


Ayo Berlatih!

Perhatikan kembali kalimat sebelumnya.
Buatlah kalimat berdasarkan gambar di bawah ini.


Ayo Mengamati!


kutilah langkah-langkah kegiatan berikut ini.
1. Siapkan garis start.
2. Berdirilah tepat di garis start.
3. Berjalanlah sampai hitungan 8.
4. Melangkahlah selebar yang kamu bisa.
5. Berilah tanda panjang langkah yang kamu lakukan.
6. Bandingkan dengan panjang langkah temanmu.

Cobalah melakukan hal yang sama dengan berlari.

Siapakah yang dapat melangkah paling panjang?
Mengapa ia dapat melakukan hal tersebut?

Perbedaan panjang  pendek juga ada pada bunyi.
Ada bunyi panjang dan ada bunyi pendek.
Cobalah perhatikan kembali lagu

Topi Saya Bundar berikut ini.


TUGASMU!

Hari ini anak-anak dapat mengerjakan tugas di bawah ini 👇 dan dapat mengumpulkan tugas pada hari Senin, 6 Januari 2023. 
Serta jangan lupa anak-anak tetap melaksanakan rutinitas kegiatan ibadah kita seperti sholat dhuha dan murojaah mandiri ya nak.. Semangat belajar 💪😍


Kelompokkanlah gambar di buku tema 7 halaman 5 ke dalam tabel seperti yang ada di halaman 7. Kerjakan di buku nomor 2 (gambar di fotocopy lalu di tempel) !

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design