Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menemukan kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat.
· Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan benar.
Materi
Pembelajaran
· Mengidentifikasi pertumbuhan ayam.
·
Menyelesaikan soal
perkalian.
Pernahkah kamu melihat ayam bertelur?
Telur ayam menetas kemudian keluarlah anak ayam.
Anak ayam tumbuh menjadi ayam dewasa.
Ayam betina dewasa menghasilkan telur kembali dan seterusnya.
Ayam dan hewan lain juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Mari, kita pelajari pertumbuhan hewan dan factor yang mempengaruhi.
Pertumbuhan Ayam
Ayam merupakan salah satu makhluk hidup.
Tubuh ayam berbulu dan memiliki dua kaki.
Ayam memiliki paruh dan bernapas dengan paru-paru.
Ayam berkembang biak dengan cara bertelur.
Ayam mengalami perubahan bentuk mulai dari telur sampai menjadi ayam
dewasa.
Setiap hari ayam diberi makan dan minum sehingga ukuran tubuh ayam
bertambah besar.
Ayam mengalami pertumbuhan.
Ayo Mengamati
Jajang memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan jajang adalah 2 ayam
betina dan 2 ayam jantan. Kedua ayam betina peliharaan jajang bertelur.
Masing- masing ayam betina bertelur 10 butir. Setelah 21 Hari Telur ayam jajang
menetas menjadi anak ayam. Jajang menyimpan anak ayam pada dua kandang yang
berbeda.
Berapa banyak
anak ayam jajang semuanya?
Jawab:
Di tulis dalam bentuk perkalian adalah 2 X 10 = 20
Penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama disebut perkalian.
Jika jajang memiliki 3 buah kandang yang berisi
masing-masing 12 ekor ayam.
Di tulis dalam perkalian adalah 3 X 12 = 36.
Cara lain menyelesaikan soal tersebut seperti berikut ini.
12 = 10 + 2
Kalikan masing – masing bilangan 10 dan 2 dengan angka 3, lalu jumlahkan
hasilnya.
3 X 10
= 3 0
3 X 2 =
6 X
3 6
Kalikan masing – masing bilangan dengan angka 4. Lalu
jumlahkan hasilnya !.
4 X . . .
= . . .
4 X . . .
= . . . +
. . .
Dalam perkalian dua bilangan, berlalu sifat pertukaran. Misalnya :
2 X 3
= 3 + 3 = 6
3 X 2
= 2 + 2 +
2 = 6
Jadi, 2 X 3
= 3 X
2.
Contoh lain nya adalah :
5 X 4
= 4 + 4 +
4 + 4
+ 4 = 20
4 X 5
= 5 + 5 +
5 + 5
= 20
Jadi, 5 X 4
= 4 X
5
Untuk menyelesaikan perkalian bilangan yang besar,
perhatikan contoh berikut!
2 X 210 = . . .
Sifat pertukaran perkalian 2
X 120 =
120 X 2.
210 = 200
+ 10 + 0
Kalikan Masing – masing bilangan dengan angka 2.
2 X 200
= 400
2 X 10
= 20
2 X 0
= 0 +
420
2.
330 X 3 = ………..
3.
220 X 4 = ………..
Eto Anesta ( hadir )
BalasHapusZahra Kalonica Aretha Antonny (Hadir)
BalasHapusRachel moza anindya 3D ( hadir)
BalasHapusMuhammad fathi Alkifridji hadir bu
BalasHapuszahra nasha aprilia (hadir)
BalasHapusAlraisya mozar(hadir)
BalasHapusZhahira estiyana syifa hadir bu
BalasHapusMuhammad Akbar Alfahri (hadir)
BalasHapusniluh andara frestya (hadir)
BalasHapusAhmad Fauzan Sabillah (hadir)
BalasHapusRaisa Latifa Aurelia 3D Hadir
BalasHapusAisha rida assyifa hadir bu
BalasHapusM. Putra Wahana Ramadhan 3D (hadir)
BalasHapusRirin Alya Damayanti (Hadir)
BalasHapusRirin Alya Damayanti (Hadir)
BalasHapusBagas Satrio Wibowo ( hadir)
BalasHapusHafla azzahra (hadir)
BalasHapusHarsya Alifia Azzahra..hadir Bu
BalasHapusAnnisa Nur Ramadhan 3D Hadir
BalasHapusm.rezky al rasyid ayogo hadir .
BalasHapusM. GIBRAN WIRA AL RA'ID ( HADIR )
BalasHapusSONI SANJAYA
BalasHapusIII D
SD AL-AZHAR 2
HADIR
Raisa Latifa Aurelia 3D ( hadir)
BalasHapusFaeyza Putra Atendy AT KLS 3D (hadir)
BalasHapusSarah Adila Afandi 3D
BalasHapushadir
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus