Kamis, 16 Juli 2020

Kelas 3 Sambutan guru bidang Studi dan Tema 1 Sub1 Pb1 Ciri-ciri Makhluk Hidup

Sambutan Guru Bidang Studi Kelas 3D




Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 1 Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
·    Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk dan memeragakan pola irama sederhana dengan benar.
·         Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
·     Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·     Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·     Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
·       Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.

Materi Pembelajaran:
·         Menyanyi lagu yang memiliki pola irama sederhana dan membaca pola irama
·         Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
·         Mengidentifikasi dan menulis ciri-ciri makhluk hidup.
·         Menulis nama, lambang dan mengurutkan bilangan.

Makhluk Hidup di Sekitar Kita
 Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita. Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita syukuri. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas, berkembang biak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsang. Mari kita pelajari lebih lanjut makhluk hidup di sekitar kita.


AYO BERNYANYI

Cicak adalah salah satu contoh makhluk hidup
Ayo kita menyanyikan lagu CICAK-CICAK DI DINDING


Dapat mendengarkan lagu di link dibawah ini yaa


Bagian mana dari lagu di atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup?
Perhatikan kembali syair lagu “Cicak di Dinding”.
Berdasarkan syair lagu tersebut cicak memiliki ciri-ciri dapat bergerak dengan cara merayap di dinding dan memerlukan makanan.
Makanan cicak adalah nyamuk.
Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan lagu tersebut?
Lagu “Cicak di Dinding” mudah untuk diikuti, bukan?
Perhatikan kembali tanda dan pada lagu “Cicak di Dinding”.
Tunjukkan baris lagu yang memiliki pola yang sama.
Tunjukkan pula bagian lagu yang memiliki pola yang berbeda.
                        
AYO MENGAMATI

Ikan juga makhluk hidup. Ikan memiliki beberapa ciri yang sama dengan cicak.
Tuliskanciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui.



Cicak dan ikan memiliki persamaan dalam cara berkembang biak. 
Keduanya berkembang biak dengan cara bertelur.
Ikan dan cicak bertelur dalam jumlah banyak.
Contohnya salah satu jenis ikan, yaitu ikan mas, yang sekali bertelur dapat menghasilkan lebih dari seribu butir telur.
Bayangkan telur ikan sebanyak seribu butir.
Banyak bukan?
Tahukah kamu bagaimana cara menulis bilangan seribu?

Perhatikan cara membaca dan menulis bilangan
berikut ini.

a. 1.000 dibaca seribu
b. 2.000 dibaca dua ribu
c. 3.000 dibaca tiga ribu
d. 4.100 dibaca empat ribu seratus
e. 4.250 dibaca empat ribu dua ratus lima puluh
f. 5.500 dibaca lima ribu lima ratus
g. 6.050 dibaca enam ribu lima puluh
h. 7.150 dibaca tujuh ribu seratus lima puluh
i. 10.000 dibaca sepuluh ribu

Media/alat peraga:
Teks lagu Cicak dan Video lagu Cicak di dinding
Buku Tema 1
Gambar pertumbuhan makhluk hidup

TUGAS !

Anak anak menyanyikan lagu Cicak-cicak di Dinding menggunakan gerakan anggota tubuh dan menggunakan tempo irama lagu yang sesuai !

SELAMAT MENYANYIKAN .... 




1 komentar:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design