Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
·
Setelah membaca, siswa dapat
menjelaskan manfaat makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia
dengan benar.
·
Setalah mengamati gambar, siswa
dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
·
Setelah mengamati, siswa dapat
menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan dan lompat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam bentuk permainan Kijang dan Rusa
dengan benar.
Materi
Pembelajaran
·
Mengidentifkasi pengaruh
makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia.
·
Bermain Kijang dan Rusa.
Ayo
Mengamati
Bacalah Teks di bawah ini
Makanan dan Kesehatan
Pagi ini anak-anak SD Nusantara bermain tarik tambang.
Mereka dibagi menjadi dua kelompok.
Kelompok pertama terdiri atas Udin, Lani, dan Beni.
Kelompok kedua terdiri atas Edo, Dayu, dan Siti.
Semua senang sekali.
Tiba-tiba terdengar suara Edo mengaduh kesakitan.
Rupanya Edo terjatuh dan tertarik oleh kelompok Udin.
Semua temannya merasa sedih dan kaget.
Mereka kaget karena Edo terjatuh. Edo anak terkuat di antara mereka.
Pada setiap perlombaan Edo selalu
menang.
Mereka pun membantu Edo berdiri dan menghiburnya.
Ternyata,
pagi ini Edo lupa sarapan sehingga badannya terasa lemas. Edo bangun kesiangan
dan terburu-buru berangkat ke sekolah. Untuk menjadi kuat kita harus banyak
berlatih dan makan dengan cukup.
Siti suka sayur bayam. Dayu lebih suka wortel.
Kedua sayuran itu makanan sehat. Mereka saling
menghargai makanan kesukaan masing-masing.
Lani suka ikan. Udin lebih suka daging. Kedua lauk
itu makanan sehat. Mereka saling menghargai
makanan kesukaan masing-masing.
Edo suka kentang. Beni lebih suka roti.
Kedua makanan itu makanan sehat.
Mereka saling menghargai makanan kesukaan
masing-masing.
Ayo Bermain
Kijang dan Rusa
Anak-anak
berdiri dalam dua baris. Mereka berdiri saling berhadap-hadapan. Buatlah garis
di depan kedua barisan tersebut. Ambil jarak agar tidak berdekatan. Deretan
yang satu diberi nama Rusa. Deretan yang lainnya diberi nama Kijang. Apabila
guru memanggil Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sedangkan deret
Rusa berjalan ke belakang. Apabila guru memanggil Rusa, maka deret Rusa
melompat ke depan, sedangkan deret Kijang berjalan ke belakang. Kelompok yang
selalu benar mengikuti instruksi adalah pemenangnya.
Bagaimana
perasaanmu setelah bermain? Menyenangkan bukan? Apakah kamu dan teman-teman
kuat melakukan gerakan tersebut? Makan dan berlatihlah secara teratur agar
kekuatan dan daya tahan tubuhmu bertambah.
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
·
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Menghargai perbedaan kesukaan.
·
Menyelesaikan soal pengurangan tanpa
teknik meminjam.
Ayo
Mengamati
Siti senang berolahraga lari di pagi hari.
Dayu senang olahraga renang. Lani senang bermain lompat tali.
Olahraga kesukaan mereka berbedabeda.
Walaupun kesukaan mereka berbeda, namun mereka tetap rukun bermain bersama.
Mereka juga suka saling membantu jika melihat teman yang mengalami kesulitan.
Mereka saling menghibur pada saat sedih. Jika ada pekerjaan yang harus dikerjakan bersama, mereka selalu bekerja sama.
Ayo Mengamati
TUGAS!
Selesaikan soal berikut dengan menggunakan contoh di atas ya nak ..
SELAMAT MENGERJAKAN DAN SELAMAT BERAKTIFTAS
Jangan Lupa Absen Kehadira ya ananda kelas 3D