Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 5
Pengalamanku
Subtema 1
Pengalaman Masa Kecil
Ingatkah kamu saat masih kecil?
Saat kamu menjadi siswa taman kanak-kanak
Bermain bersama teman
Ke sekolah diantar ibu atau ayah
Belajar bersama teman dibimbing bu guru
Tertawa saat digoda kakek dan nenek
Masa kecil sangat menyenangkan
Kasih saying ayah, ibu, kakek dan nenek sangat besar
Kita pun harus menyayangi dan menghormati mereka
Mari belajar sambil mengingat pengalaman masa kecil
Hari/Tanggal : Senin, 6 Januari
2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
·
Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan
tepat dan percaya diri.
·
Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat
dengan tepat dan percaya diri.
·
Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan
oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
·
Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
·
Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa
dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
Dengan
mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi
sila-sila Pancasila dengan benar.
·
Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat
pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila
dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
·
Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah
lagu melalui gerak tubuh
·
Menyebutkan bunyi sila ke-2
·
Menyalin kalimat pujian
·
Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
Ayo Bernyanyi
Udin mengenang pengalamannya bersama teman
Saat itu mereka berkumpul di rumah dayu
Mereka mendengarkan lagu sambil bergerak
Jika ketukan lagu lambat, mereka bergerak lambat
Jika ketukan lagu cepat, mereka bergerak cepat
Mereka bergerak bergantian dan saling memuji
Lagu pertama adalah “ Bunda Piara ”
Ayo kita nyanyikan bersama
Udin bergerak mengikuti
irama
Udin bergerak lambat
dan cepat
Teman-teman udin
bertepuk tangan
Mereka bersorak memuji
udin
“Bagus, Udin”
“Hebat,Udin”
Mereka bergembira
bersama
Lagu kedua adalah “Burung Kakaktua”
Ayo Berlatih
Ungkapan Pujian
Salinlah
Nyanyianmu bagus sekali
Gerakanmu lincah sekali
Ayo Mengamati
Setelah bernyanyi, siti dan teman-teman beristirahat
Lalu siti bercerita kepada teman-teman
Waktu Taman Kanak-kanak, siti senang mengamati gambar burung garuda
Gambar tersebut ada di dinding kelas
Burung itu terlihat gagah sekali
Di dadanya ada perisai, Perisai berisi 5 gambar berbeda
Siti paling suka gambar rantai, Rantai mirip kalung
Siti sangat menyukai kalung
Rantai adalah simbol sila ke dua
Sila kedua berbunyi : “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”
Amatilah teks Pancasila berikut
Lingkari sila kedua
dari Pancasila
Susun potongan kata berikut menjadi bunyi sila ke-2 Pncasila
Adil dan yang beradab kemanusiaan
Tuliskan pada kolom di bawah ini
Hari/Tanggal : Selasa, 7 Januari
2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
·
Setelah mengamati dan mendengarkan percakapan
yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian secara lisan
dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mengungkapkan kalimat pujian dengan tepat.
·
Setelah membaca teks sederhana tentang pujian,
siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
·
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
·
Mempraktikkan ungkapan pujian secara lisan dan
tertulis
Ayo Mengamati
Bacalah percakapan berikut
Beni mencontohkan gerakan senam lantai
Beni berhasil melakukan dengan baik
Beni senang sekali
Udi : Beni, hebat sekali
gerakanmu
Beni : Terima kasih, Udin
Udin : Bagaimana perasaanmu, Beni?
Beni : Aku senang sekali
Udin : Aku juga ikut senang,
Beni
Kamu memang berbakat dalam olahraga
Beni : Kamu juga pasti bisa,
Udin
Kita bisa berlatih bersama-sama
Ayo Menulis
Ungkapan Pujian
Perhatikan gambar
Tuliskan ungkapan pujian yang tepat
Hari/Tanggal : Rabu, 8 Januari
2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
·
Dengan menggunakan gambar kumpulan benda,
siswa dapat membilang banyak benda sebanyak 21 sampai dengan 40 secara urut.
·
Dengan menggunakan gambar kumpulan benda,
siswa dapat mengelompokkan benda sesuai bilangan yang diberikan dari 21 sampai
dengan 40.
·
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menyebutkan simbol sila kedua dengan tepat.
·
Dengan membuat bentuk rantai dari kertas
lipat, siswa dapat menunjukkan simbol sila kedua dengan benar.
·
Dengan mengamati simbol-simbol dari sila
Pancasila siswa dapat menuliskan kembali bunyi sila kedua Pancasila.
·
Setelah mengamati teks bacaan tentang sikap
saling-menolong, siswa dapat menyebutkan ungkapan pujian dengan tepat.
·
Dengan mengamati bentuk rantai hasil karya
teman, siswa dapat mengungkapkan pujian secara lisan dengan tepat.
Materi Pembelajaran
·
Menghitung benda benda yang berada di sekitar
sekolah
·
Mengenal lambang sila kedua dengan membuat
rantai kertas
·
Mengungkapkan pujian secara lisan
Ayo Mengamati
Edo
merayakan ulang tahun yang kelima dip anti asuhan
Ulang
tahun Edo di bulan Agustus
Di
sana Edo berbagi makanan dan mainan
Edo
juga membawa bahan-bahan untuk membuat prakarya
Edo
ingin membuat kalung berwarna merah putih
Kalung
seperti gambar rantai lambing Pancasila
Bahan-bahannya
adalah kertas warna merah dan putih
Selain
itu ada juga lem dan gunting
Mainan
yang akan dibagikan adalah bola
Ayo
bantu Edo menghitung bola dengan tepat
Ayo Berlatih
Menghitung
Banyak Benda
Hitung
kue dan bahan untuk membuat kalung
Lingkari
setiap 10 benda
Hitung
banyaknya, lalu tulis lambing bilangannya
Ayo Berlatih
Mengelompokkan
Benda
Edo
mempunyai banyak kertas putih
Edo
ingin mewarnai kertas tersebut dengan warna merah
Warnai
sebanyak bilangan yang tertulis
Ayo Mencoba
Edo
juga suka berbagi dengan teman berbagi adalah perilaku yang baik
Perbuatan
berbagi sesuai dengan sila kedua dalam Pancasila
Amati
gambar rantai
Tanyakan
kepada teman atau gurumu tenang maksud gambar tersebut
Berapa
banyak mata rantainya?
Buatlah
rantai dari kertas warna
Tunjukkan
hasilnya kepada teman, guru dan keluargamu
Ayo Berlatih
Edo
telah selesai membuat kalung merah putih
Hasilnya
rapi sekali
Dayu
memuji kalung buatan Edo
“Edo,
karyamu bagus sekali” kata Dayu
Ungkapan
pujian dapat disampaikan secara lisan
Amati
ungkapan pujian berikut
“Siti,
warna bajumu cerah sekali. Aku menyukainya”
“Beni,
suaramu merdu sekali”
“Udin,
tulisanmu sangat rapi”
“Dayu,
gambar karyamu indah sekali”
Adakah
temanmu yang pandai menari?
Coba
ungkapkan pujian kepada temanmu
Hari/Tanggal
:
Pembelajaran
4
Tujuan
Pembelajaran :
·
Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan
tepat dan percaya diri.
·
Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat,
siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat
dengan tepat dan percaya diri.
·
Dengan melakukan gerak sesuai isi lagu, siswa
dapat mempraktikkan lagu ”Kepala pundak lutut kaki” bertempo cepat dengan benar
dan percaya diri.
·
Dengan melakukan gerak sesuai isi lagu, siswa
dapat mempraktikkan lagu ”Kepala pundak lutut kaki” bertempo lambat dengan
benar dan percaya diri.
·
Melalui teks sederhana, siswa dapat
menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
·
Setelah membaca teks sederhana, siswa dapat
menanggapi ungkapan pujian dengan tepat.
Materi
Pembelajaran :
·
Membedakan cepat atau lambat tempo lagu
”Kepala pundak lutut kaki”
·
Menanggapi pemberian ungkapan pujian
Ayo
Bernyanyi
Hari
ini ibu guru mengajak bernyanyi
Judulnya
Kepala Pundak Lutut Kaki
Lagu
itu disukai Udin saat masih kecil
Dulu
ayah bernyanyi untuk Udin
Ayah
bernyanyi dengan ketukan berbeda
Kadang
cepat, kadang lambat
Udin
merasakan bedanya saat bergerak
Coba cari tahu tempo lagu sambil bernyanyi
Ayo Mengamati
Bacalah
teks berikut ini
Udin
dan temanteman bermain bersama
Mereka
mencoba bergantung di palang besi
Udin,
Beni, dan Edo mencoba bersama-sama
Siti
menghitung berapa lama mereka dapat bertahan
Udin
sering berlatih bersama Ayah
Udin
dapat bertahan bergantung paling lama
“wah
Udin hebat sekali, kata Siti”
“Terimakasih
Siti, itu karena aku sering berlatih”
Dapatkah
kamu temukan ungkapan pujian?
Ungkapan
pujian dapat ditanggapi dengan mengucapkan terima kasih.
Hari/Tanggal
: Kamis, 9 Januari 2020
Pembelajaran
5
Tujuan
Pembelajaran:
·
Dengan menggunakan gambar kumpulan benda,
siswa dapat menghitung banyak anggota suatu kumpulan objek sebanyak 21 sampai
40 dengan cara mengelompokkan.
·
Dengan menggunakan gambar kumpulan benda dan
lambang bilangan, siswa dapat memasangkan lambang bilangan 21 sampai 40 dengan
kumpulan objek yang banyak anggotanya sesuai.
·
Setelah mengamati sebuah gambar, siswa dapat
menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
·
Setelah menemukan ungkapan pujian, siswa dapat
menanggapi ungkapan pujian dengan runtun dan percaya diri.
Materi
Pembelajaran:
·
Memasangkan kartu benda dengan kartu bilangan
·
Menanggapi ungkapan pujian
Ayo Mengamati
Sejak
kecil Siti suka membantu ibu membuat kue
Ibu
membuat kue untuk dijual
Siti
bertugas membungkus kue
Pertama,
Siti mengelompokkan kue sebanyak 10 buah
Siti
membuat lagi satu kelompok berisi 10 kue
Terakhir,
Siti melanjutkan menghitung kue yang lainnya
Begini
caranya
Ayo Mengamati
Amati
gambar berikut
Setelah
dibungkus, kue buatan ibu diantarkan ke warung
Pemilik
warung suka member uang lebih untuk Siti
Uang tersebut Siti kumpulkan
Sekarang
uangnya sudah banyak
Siti
menyumbangkan tabungannya untuk pembangunan masjid
Sikap Siti sangat terpuji
Hari/Tanggal
: Jumat, 10 Januari 2020
Pembelajaran
6
Tujuan
Pembelajaran:
·
Setelah mengamati simbol-simbol sila
Pancasila, siswa dapat menuliskan simbol sila kedua Pancasila dengan tepat.
·
Setelah mengenal rantai sebagai simbol dari
sila kedua Pancasila, siswa dapat menuangkannya dalam bentuk gambar dengan
tepat.
·
Dengan menggunakan gambar kumpulan benda,
siswa dapat menghitung banyak anggota suatu kumpulan objek sebanyak 21 sampai
40 dengan cara mengelompokkan.
·
Dengan menggunakan gambar kumpulan benda dan
lambang bilangan, siswa dapat memasangkan lambang bilangan 21 sampai 40 dengan
kumpulan objek yang banyak anggotanya sesuai.
·
Setelah membaca cerita sederhana, siswa mampu
menemukan ungkapan pujian dengan tepat.
·
Setelah membuat cerita sederhana untuk bermain
peran, siswa mampu memerankan ungkapan pujian lisan dengan tepat dan percaya
diri.
Materi
Pembelajaran:
·
Bermain kartu memasangkan bilangan
·
Bermain Peran tentang ungkapan pujian
Ayo Mengamati
Siti
dan Dayu beteman sejak kecil
Mereka
selalu tolong-menolong
Jika
Siti kesulitan, Dayu siap membantu
Jika
Dayu perlu bantuan, Siti langsung menolong
Tolong-menolong
adalah sikap yang baik
Perilaku
tersebut sesuai dengan Pancasila
Masih
ingatkah kamu bunyi sila kedua?
Simbolnya
adalah rantai.
Ayo Berlatih
Symbol
sila kedua adalah rantai
Salin
tulisan berikut
Simbol sila kedua adalah rantai
Ayo Mencoba
Banyak
Benda dan Lampang Bilangan
Edo,
Udin, dan Beni senang bermain bersama
Mereka
sering bermain kelereng. Mereka punya banyak kelereng
Mereka
ingin menghitung banyaknya
Kelereng
itu dikelompokkan
Kemudian
mereka menghitung bersama-sama
Ayo,
kita lakukan hal yang sama seperti Udin dan teman-teman
Gunakan
benda-benda yang ada di sekitarmu
Ayo Berlatih
Hitung
banyaknya
Tuliskan hasilnya di kotak
Ayo Bermain Peran
Udin
mengajak Edo bersepeda
Tujuannya
adalah lapangan bola
Tapi
Edo terlihat bingung
Amati
percakapan berikut
Udin : Edo, kenapa kamu tampak bingung?
Edo : Rantai sepedaku putus
Udin
: Kalung begitu ayo naik sepedaku
Edo : Betulkah Udin? Tapi lapangan agak jauh
Udin : Tidak masalah, Edo. Kita kan harus
saling membantu
Edo : Kamu baik sekali, Udin.
Aku senang punya teman sepertimu
Pernahkah
kamu mengalami hal yang sama seperti Edo dan Udin?
Buat
ceritanya, lalu perankan di depan kelas
0 komentar:
Posting Komentar