Selasa, 07 Januari 2020

Kelas 4 Tema 6 Pembelajaran 1 dan 2


Tema 6 Subtema 1

Pembelajaran 1

Hari/Tanggal : Selasa, 7 Januari 2020

Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran 1
  • Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
  • Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
  • Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
  • Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
Pembelajaran 2
  • Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda, siswa mampu mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.
  • Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda, siswa mampu bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.
  • Melalui kegiatan mengamati sebuah puisi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.
  • Melalui kegiatan mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang, siswa mampu membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.
Pembelajaran 1
1.        Apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari? 
2.        Apakah hal yang kamu bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?
3.        Apakah kamu pernah membayangkan, kelak akan mengajar menjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?

Cita-cita adalah . . . . .???
Suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya.
Bacalah Teks Berikut!




Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Puisi adalah ......???
sebuah karya sastra yang mengandung unsur irama, ritma, diksi, llirik dan menggunakan kata kiasan dalam setiap baitnya untuk menciptakan estetika bahasa yang padu.
Ciri-Ciri Puisi
Anganku melayang ke masa depan                 .......... Baris Puisi
Aku ingin menjadi seorang guru                     .......... Baris Puisi
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan       .......... Baris Puisi
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu                     .......... Baris Puisi

Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut bait puisi. 


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design