Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 3
Kegiatanku
Subtema 2
Kegiatan Siang Hari
Matahari
Bersinar Terik
Udara terasa panas
Bel sekolah berbunyi
Tanda belajar sudah selesai
Siswa kembali pulang
ke rumah
Hari/Tanggal: Senin, 16 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
¡ Dengan
menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun
kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan siang
hari dengan tepat
¡ Dengan
menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan
siang hari dengan tepat.
¡ Melalui
diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan
aturan di rumah.
¡ Dengan
bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan
di rumah.
¡ Dengan
memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak
cepat dalam sebuah tari.
¡ Dengan
mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada
sebuah tarian.
Materi Pembelajaran:
¡ Mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan
siang hari
¡ Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di siang
hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
¡ Melakukan
gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
MATERI
Ayo Mengamati
Dayu pulang sekolah
Setiba di rumah, Dayu mengetuk pintu
Ibu menyambut Dayu dengan gembira
Dayu tampak lelah
Dayu membuka sepatu dan merapikannya
Dayu meletakkan tas dan berganti baju
Dayu cuci tangan lalu makan
Setelah makan Dayu istirahan sejenak
Ibu menyuruh Dayu tidur siang
Dayu patuh kepada ibunya
Bacalah kata-kata dari bacaan di depan,
bacalah dengan nyaring
Siang Hari
Si – ang ha – ri
Pulang sekolah
Pu – la – ng se – ko – lah
Cuci tangan
Cu – ci ta
– ngan
Makan siang
Ma – kan si – ang
Tidur siang
Ti – dur si – ang
Lengkapilah kata-kata berikut ini
Isilah dengan huruf yang tepat
…..
i ….. n g
P ….. ….. a n g
M ….. k a …..
T ….. d u …..
I s ….. i r a h ….. t
Amatilah
kembali cerita di depan
Apa
yang dilakukan Dayu setelah tiba di rumah?
Urutkan
gambar-gambar di bawah ini
Berilah
nomor sesuai urutan kegiatan Dayu
Ayo
Mengamati
Dayu mempunyai kebiasaan baik
Pulang sekolah Dayu merapikan tasnya
Dayu juga merapikan sepatu dan bajunya
Sambil istirahat Dayu suka membaca
Sesekali Dayu menonton televisi
Nah bagaimana denganmu?
Apa kebiasaanmu sepulang sekolah?
Ceritakan kebiasaanmu!
Salah satu kegiatan Dayu di siang hari
adalah menari
Dalam tari ada gerakan cepat dan lambat
Gerak tari cepat, iringannya cepat
Gerak tari lambat, iringannya lambat
Kali ini kita akan belajar gerak cepat
dalam tari
Iringan musik cepat untuk latihan gerak
cepat
Iringan musik lambat untuk latihan gerak
lambat
Contoh tarian tradisional yang gerakanya
cepat yaitu Tari Saman dari Aceh
Dayu dapat berlatih gerak cepat dalam
tari dengan mengikuti gerak Tari Ayam
Hari/Tanggal: Selasa, 17 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
¡
Melalui tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa
kata yang berhubungan dengan siang hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
¡
Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu
menyusun kata-kata yang berhubungan dengan siang hari dengan tepat.
Materi
Pembelajaran: Bermain
menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari
MATERI
Ayo Berlatih
Setiap selasa pulang sekolah
edo berlatih sepak bola
Hari ini dia berlatih cara
menendang
Edo berlatih dengan
sungguh-sungguh
Dia memperhatikan cara
menendang bola
Selesai bermain Edo pulang
ke rumah
Edo beristirahat di ruang
keluarga
Sambil beristirahat Edo
belajar membaca
Edo mengambil kartu-kartu
huruf milikinya
Dia pun menyusunnya menjadi
kata
Ayo bantu Edo menyusun
huruf menjadi kata!
Huruf depan pada kata itu
sudah ditentukan
S n i g a ...................
P n a l g u ..................
M n a a k ..................
T d r i u ..................
I t s a r h a i t ..................
Hari/Tanggal: Rabu, 18 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
¡
Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa
mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan
aturan di rumah dengan tepat.
¡
Melalui bercerita siswa mampu menunjukkan
kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan
tepat.
¡
Melalui kegiatan membaca siswa mampu
mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
¡
Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan
kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
Materi Pembelajaran:
¡
Membaca pemahaman tentang
kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di sekolah
¡
Membedakan perbuatan yang
sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan
MATERI
Ayo
Membaca
Bacalah
dengan nyaring
Pulang sekolah
Hari sudah siang
Sekolah telah usai
Siti segera pulang ke rumah
Sampai di rumah Siti beristirahat
Sambil beristirahat Siti membaca buku
Siti mengulang pelajaran di rumah
Siti suka belajar
Dia ingin jadi anak pintar
Lengkapilah kalimat berikut ini sesuai
bacaan
Pilihlah kata yang tepat berikut ini
Sekolah
siang pulang
Membaca
rumah pintar
Suka
belajar
Hari sudah …………………
………………….. telah usai
Siti segera …………………. Ke rumah
Sampai di ……………….. Siti istirahat
Sambil istirahat Siti ………………….. buku
Siti mengulang ………………….. sekolah
Siti …………………. Belajar
Dia ingin jadi anak …………………….
Kalian sudah mengetahui kebiasaan Siti
sepulang sekolah
Contoh kebiasaan baik di siang hari
sebagai berikut
Meletakkan peralatan sekolah dengan rapi
Ganti pakaian sekolah
Mencuci tangan sebelum makan siang
Makan siang dengan tenang dan tertib
Mengulang pelajaran di rumah
Istirahat atau tidur siang
Nah, sekarang ceritakan kebiasaanmu di
siang hari!
Sampaikan kepada temanmu!
Tentukan mana kebiasaan yang baik
Tentukan juga mana kebiasaan tidak baik
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
¡
Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu
mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan siang
hari
¡
Melalui permainan merangkai kata siswa mampu
menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan siang hari.
¡
Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa
mampu mengidentifikasi gerak lemah pada suatu tari dengan tepat.
¡
Melalui gerak dan lagu siswa mampu memeragakan
gerak lemah dalam sebuah tari.
Materi Pembelajaran:
¡
Bermain menyusun kata menjadi kalimat
¡
Memeragakan gerak lambat dalam tari
MATERI
Siang ini Edo bermain bersama
teman-teman
Edo dan teman-teman bermain
kucing-kucingan
Permainannya menggunakan bola
Salah satu teman Edo menjadi kucing
Yang lain melingkar mengelilingi kucing
Edo mulai menendang bola
Bola ditendang kea rah lain dalam
lingkaran
Bola tidak boleh tersentuh kucing di
tengah
Yang gagal akan jadi kucing
Mereka bermain dengan gembira
Setelah bermain Edo pulang ke rumah
Sampai di rumah Edo berganti pakaian
Sambil istirahat Edo mengambil
kartu-kartu kata
Edo menyusun kartu-kartu kata itu
menjadi kalimat
Buatlah
kata-kata dari kalimat di bawah ini
Pulang
…………………………………………………………………..
Siang
…………………………………………………………………..
Makan
…………………………………………………………………...
Istirahat
…………………………………………………………………..
Tidur
…………………………………………………………………..
Membaca
………………………………………………………………….
Ayo
Menari
Siang ini Dayu berlatih naik
Dayu melakukan latihan gerak lambat
Contoh tarian dengan gerak lambat adalah
tari serimpi
Dayu berlatih gerak lambat dengan
diiringi lagu
Lagu yang mengiringi adalah Lagu
Kupu-kupu
Hari/Tanggal: Kamis, 19 September 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
¡
Melalui penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan
siang hari.
¡
Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita
lisan yang berisi kalimat yang berhubungan dengan siang hari.
Materi Pembelajaran:
Melakukan
percakapan yang memuat ungkapan perintah
MATERI
Edo sedang menunggu Ibu
menyiapkan makan siang
Sambil menunggu makanan Edo
belajar
Edo belajar nilai tempat
bilangan
Berikut penjelasan
tentang nilai tempat
Pasangkan kegiatan yang
dilakukan di siang hari
Hari/Tanggal: Jumat, 20
September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
¡
Melalui penjelasan dan contoh guru siswa mampu
mengidentifikasi ungkapan perintah yang menggunakan bahasa yang santun baik
lisan atau tulis.
¡
Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu
menggunakan ungkapan perintah dengan bahasa yang santun baik lisan atau tulis
dengan tepat.
¡
Melalui diskusi, siswa mampu mengidentifikasi
kegiatan-kegiatan saiang hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
¡
Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan
kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah.
Materi Pembelajaran:
¡
Sosiodrama kegiatan siang
hari yang didalamnya terdapat ungkapan perintah
¡
Menunjukkan perilaku yang
sesuai
dengan aturan di rumah
MATERI
Sepulang sekolah Ibu
menyuruh Edo tidur siang
Edo menurut perintah Ibu
Edo tahu tidur siang baik
untuk kesehatan
Bacalah percakapan di
bawah ini!
Ibu : Selamat datang kembali Edo.
Apakah kamu lelah, Nak?
Edo : ya Ibu, Edo sedikit lelah.
Ibu : Kalau begitu, setelah makan
nanti kamu tidur siang ya Nak!
Edo : Baik Bu.
Ibu : Jangan lupa bersihkan
badanmu ya !
Edo : Iya, Bu.
Lakukan percakapan di
atas bersama teman mu.
Ayo Mengamati
Usai sekolah Edo langsung
ke rumah
Edo meletakkantasnya
dengan rapi
Dia juga meletakkan sepatu pada
tempatnya
Edo selalu mengikuti aturan di rumah
Edo anak yang tertib di rumah
Apakah kamu juga selalu bersikap tertib
di rumah?
Tentukan mana gambar yang menunjukkan
sikap tertib di rumah
Edo punya kebiasaan baik sepulang
sekolah
Dia suka mengulang pelajaran
Siang ini dia mengulang pelajaran
matematika
Edo ingin pandai matematika
Ayo, bantu Edo menyelesaikan soal-soal
ini
Tentukan bilangan yang tepat sesuai
nilai tempatnya.
Nah sekarang tentukan nilai tempat dari
bilangan-bilangan berikut ini!
0 komentar:
Posting Komentar