Senin, 19 Agustus 2019

Tema 2 Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 2 Kegemaranku
Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari


Hari/Tanggal: Senin, 19 Agustus 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
 1. Dengan menyanyikan lagu Kebunku, siswa dapat mengidentifikasi perasaan senang dengan tepat
2. Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat berdiskusi kegemaran dalam olahraga dan gemar berkesenian dengan tepat dan percaya diri
3. Dengan menirukan gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1. Menyanyi bersama teman
2. Mendiskusikan dan memeragakan gerakan cepat dan gerakan lambat

Ayo Bernyanyi

Guru mengajak murid murid bernyanyi
Bernyanyi tidak berteriak
Sikap saat menyanyi disesuaikan dengan isi lagu
Ada lagu gembira, Ada lagu sedih
Sikap menyanyikan tentu berbeda

Kebunku
Ciptaan : pak kasur
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah

Isilah garis berdasarkan lagu di atas

Lihat                           
Penuh dengan                                    
Ada yang                     dan ada yang                         
Setiap hari                    semua
Mawar melati                           indah

Ayo Mengamati
Dengarkan cerita gurumu!

Adik suka menari
Adik menari di depan kaca
Kakak melihat sambil tersenyum
Kakak menasihati adik

Latihan membuat adik pandai menari


Hari/Tanggal: Selasa, 20 Agustus 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui kegiatan menulis pesan untuk teman, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat
Materi Pembelajaran: Membaca puisi tentang persahabatan

Simak cerita yang dibacakan gurumu

Dayu dan lani senang menari
Saat menari, tubuh diliukkan
Meliukkan tubuh dapat menjaga kekuatan otot
Dayu dan lani berlatih menggunakan tongkat kayu
Mereka meliukkan badan ke kiri dan ke kanan


Ayo Bernyanyi
Agar lebih seru
Kita gerakkan tubuh sambil bernyanyi
Kita dapat menyanyikan lagu apa saja
Salah satu contohnya adalah lagu
Ampar ampar pisang

Ampar ampar pisang
Lagu daerah Kalimantan selatan

Ampar ampar pisang
Pisangku belum masak
Masak sabigi dihurung bari bari
Masak sabigi dihurung bari bari
Manggalepok manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
Apinya cangcurupan
Bengkok dimakan api
Apinya cangcurupan
Ayo Membaca

Bela senang menari
Bela juga bias membuat puisi
Bela membuat puisi tentang sahabat

Bacalah puisi yang dibuat bela
Bicara sopan dengan sahabat

Aku punya sahabat
Aku dan sahabatku bermain bersama
Saat bicara aku tidak berteriak
Aku berbicara dengan kata yang sopan
Aku dan sahabatku saling menghargai


Hari/Tanggal: Rabu, 21 Agustus 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying dalam syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Dengan menceritakan pengalaman bersama adik, siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan saying dalam syair lagu yang telah didengar dengan tepat
3. Melalui kegiatan makan siang bersama adik, siswa dapat membantu adik di rumah dan melakukan sikap-sikap baik terhadap adik yang telah dipelajari dengan tepat
Materi Pembelajaran:
1.  Mengenal dan menyanyikan Lagu Makan Jangan Bersuara
2. Menjukkan hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik

Ayo Bernyanyi

Lana selesai latihan menari
Lana dan kakak pulang ke rumah
Lana dan kakak merasa lapar
Kata kakak sesampai di rumah
Mereka akan makan
Kakak mengajak lana bernyanyi sebelum makan 

Ikutilah bernyanyi bersama lana dan kakak

Makan jangan bersuara

Ciptaan pak kasur

Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Jagalah kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
            Banyak banyak makan
            Jangan ada sisa
            Makan jangan bersuara
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Ayo makan bersama 


Ayo Bercerita
1. Berapa kali kamu makan dalam sehari
2.  Apa saja jenis makanan yang biasa kamu makan
3.  Pernahkah kamu terlambat makan
4.  Apa yang kamu rasakan saat terlambat makan
5.  Bersama siapa biasanya kamu makan

Nasihat Kakak

Kaka menasihati lana mengenai aturan makan
Lana mendengarkan nasihat kakak dengan baik
Berikut nasihat kakak untuk lana:
·         Makanlah pada waktu makan yang sama secara teratur
·         Kunyahlah makanan dengan baik
·         Jangan makan terlalu kenyang
·         Jangan makan makanan yang tidak tertutup makanan tersebut mungkin mengandung kuman penyakit

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan bergerak sesuai dengan syair lagu yang dinyanyikan dengan irama lambat, sedang, hingga cepat, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tarian dengan tepat
2. Dengan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan syair lagu “Terima Kasihku”, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
Materi Pembelajaran:
1.  Bernyanyi dan menari dengan gerakan lamat, sedang dan cepat
2.  Mengenal dan menyanyikan lagu Terima Kasihku

Ayo Bernyanyi

Sambil berdiri melingkar nyanyikanlah lagu
Lagu itu adalah lagu gelang sipaku gelang
Lagu gelang sipaku gelang adalah lagu daerah Sumatra barat

Gelang sipaku gelang
Lagu daerah Sumatra barat
Gelang sipaku gelang
Gelang sirama rama
Mari pulang marilah pulang
Marilah pulang
Bersama sama

Anak-anak selesai olahraga dan menari
Wajah mereka berseri, senang sekali
Semua kegiatan sekolah menyenangkan
Itu semua berkat guru kesayangan
Siti dan Lani menyanyikan lagu
Ungkapan kasih saying untuk ibu dan bapak guru

Ayo menyanyikan lagu bersama-sama
Terima Kasihku
Ciptaan Ibu Sud
Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna selalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti
Setiap hari ku dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
Kan kuingat selalu nasihat guruku
Terima kasihku guruku

Ayo Menjawab
Jawablah pertanyaan berikut sesuai lagu di atas

1. Apa judul lagu tersebut
2. Apa yang dimaksud dengan bekal pada lagu tersebut
3. Kapan guru membimbing murid muridnya
4. Apa yang akan selalu diingat pada lirik lagu tersebut
5. Apa yang seharusnya kamu ucapkan pada guru 

Hari/Tanggal: Kamis, 22 Agustus 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan menulis, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui kegiatan bercerita , siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat
Materi Pembelajaran: Mengenal dan menyanyikan lagu Kasih Ibu

Ayo Bernyanyi
Nyanyikanlah lagu berikut bersama sama



Kasih Ibu
                                    Ciptaan nn
Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia 


Jawablah pertanyaan berikut ini!                    
1.  Kepada siapa lagu di atas dinyanyikan
2.  Siapa yang dimaksud dengan beta
3.  Apa yang dimaksud dengan sang surya
4.  Mengapa kasih ibu dikatakan bagai sang surya
5.  Apakah kamu saying pada ibumu

Ayo Membaca
Ikuti dengan suara nyaring gurumu membaca teks di bawah

Ka sih              ma sih                                      Sa yang           ba yang
A dik               a kik                                        Ka kak             ka tak
I bu                  i tu                                           sa ling              pa ling
Be la jar           pe la jar                                    sa lah               ka lah 


Hari/Tanggal: Jumat, 23 Agustus 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan saying atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengarkan dengan tepat dan percaya diri
3. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam melakukan kegemaran bernyanyi dan menari dengan tepat dan percaya diri.
Materi Pembelajaran:
1.  Mengenal dan menyanyikan lagu Adik Tersayang
2.  Mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

Ayo Membaca
Ikutilah gurumu membaca teks berikut

Kakak yang Baik
Aku punya kakak
Kakak pintar bermain congklak
Aku diajari kakak bermain congklak
Kakak sayang padaku
Aku sering bermain bersama
Aku banyak belajar dari kakak
Aku punya kakak yang baik hati
Terima kasih kakak mengajakku bermain

Ayo Jawab
Lengkapilah kalimat berikut
Pilih kata yang tersedia dengan benar

Bermain         Sayang            Baik Hati        Kakak            Belajar

1.                                          Pintar bermain congklak
2.   Kakak                                       padaku
3.  Aku sering                                bersama kakak
4.   Aku banyak                              dari kakak
5.   Aku punya kakak yang                                    

Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut

Deni memiliki seorang adik perempuan
Dina nama adik deni
Pada suatu hari deni dan dina membeli roti
Deni dan dina masing masing membeli sebuah roti
Namun roti dina jatuh dina menangis
Deni sedih melihat dina menangis
Deni lalu membagi roti miliknya kepada dina
Dina pun berhenti menangis
Mereka memakan roti dengan gembira 

Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu berikut ini, nyanyikanlah secara bersama sama


Adik Tersayang
                                    Ciptaan frans m

Janganlah menangis o adik tersayang
Ibu pergi sebentar pergi belanja ke pasar
Adik dibelikan kue bolu manis
Buah jeruk segar               
Ayolah bermain kejar kejaran
Pastilah riang gembira 


2 komentar:

  1. Metode pembelajaran dengan menyanyi dan menari bersama membuat meningkatkan kepercayaan diri pd anak.terima kasih ibu rizky sudah pro aktif mengirimkan video anak sy

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design