Kamis, 30 Oktober 2025

PAK dan Matematika

  

Hari/Tanggal        : Jumat, 31 Oktober 2025

Mata Pelajaran     : PAK dan Matematika

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi PAK dan Matematika. 

Mapel : Pak 

Berikut 5 soal essay pemecahan masalah dengan materi disiplin, jujur, dan tanggung jawab

1. Disiplin

Soal:
Kamu memiliki tugas sekolah yang harus dikumpulkan besok pagi, tetapi temanmu mengajak bermain game malam ini. Jika kamu ikut bermain, kamu mungkin tidak sempat menyelesaikan tugas.
Pertanyaan:
Apa yang akan kamu lakukan agar tetap bisa menikmati waktu bersama teman tanpa melanggar sikap disiplin? Jelaskan alasanmu.

2. Jujur

Soal:
Saat ujian berlangsung, kamu tidak sengaja melihat jawaban teman di sebelahmu. Guru tidak menyadarinya.
Pertanyaan:
Bagaimana tindakanmu untuk menunjukkan sikap jujur dalam situasi tersebut? Jelaskan akibat jika kamu memilih untuk tidak jujur.                             

3. Tanggung Jawab

Soal:
Kamu ditugaskan sebagai ketua kelompok untuk menyelesaikan proyek kelas, tetapi dua anggota kelompokmu tidak mau bekerja sama.
Pertanyaan:
Apa langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk tetap bertanggung jawab terhadap tugas kelompokmu?                     

4. Disiplin dan Tanggung Jawab

Soal:
Kamu sering terlambat datang ke sekolah karena tidur larut malam bermain ponsel. Akibatnya, kamu sering mendapat teguran dari guru.
Pertanyaan:
Bagaimana cara kamu memperbaiki kebiasaan tersebut agar bisa lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap kewajiban sebagai siswa?                            

5. Jujur dan Disiplin

Soal:
Guru memberikan tugas individu, tetapi salah satu temanmu mengajak mengerjakan bersama dan menyalin sebagian besar jawabannya.
Pertanyaan:
Bagaimana cara kamu bersikap agar tetap jujur dan disiplin dalam mengerjakan tugas tersebut? Jelaskan alasanmu.

Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menunjukkan bagian dari keseluruhan.
Contohnya:
🍕 Jika satu pizza dibagi menjadi 4 bagian sama besar dan kamu makan 1 bagian, maka kamu memakan ¼ pizza.

📊Bagian-bagian Pecahan

Sebuah pecahan ditulis seperti ini:
a/b
Keterangan:

  • a = pembilang (bagian yang diambil)

  • b = penyebut (jumlah seluruh bagian)

Contoh:
3/5
Artinya: dari 5 bagian sama besar, diambil 3 bagian.

💡Contoh Pecahan Biasa

  • ½ dibaca “satu per dua”

  • ⅓ dibaca “satu per tiga”

  • ¾ dibaca “tiga per empat”                  🔢 2. Pecahan Desimal

📘Pengertian Pecahan Desimal

Pecahan desimal adalah pecahan yang penyebutnya 10, 100, 1000, dan seterusnya, dan ditulis dengan tanda koma (,).

Contoh:

  • ½ = 0,5

  • ¼ = 0,25

  • ¾ = 0,75

💡Membaca Pecahan Desimal

  • 0,5 dibaca “nol koma lima”

  • 0,25 dibaca “nol koma dua lima”

  • 1,75 dibaca “satu koma tujuh lima”





Rabu, 29 Oktober 2025

IPAS dan Seni Rupa

  

Hari/Tanggal        : Kamis, 30 Oktober 2025

Mata Pelajaran     : IPAS dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi IPAS dan Seni Rupa. 

MATERI  IPAS

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan macam-macam wujud zat (padat, cair, gas) dengan benar.

  2. Mengidentifikasi ciri-ciri masing-masing wujud zat melalui contoh di sekitar mereka.

  3. Mengelompokkan benda berdasarkan wujud zatnya secara tepat.

  4. Menjelaskan perubahan wujud zat sederhana (mencair, membeku, menguap) melalui pengamatan.  

a. Macam-macam Wujud Zat

  1. Padat

    • Ciri: bentuk tetap, volume tetap.

    • Contoh: batu, kayu, kelereng.

  2. Cair

    • Ciri: bentuk mengikuti wadah, volume tetap.

    • Contoh: air, susu, minyak.

  3. Gas

    • Ciri: bentuk dan volume tidak tetap.

    • Contoh: udara, asap, uap air.

b. Perubahan Wujud Zat (pengantar)

  • Mencair: padat → cair (es batu meleleh)

  • Membeku: cair → padat (air menjadi es)

  • Menguap: cair → gas (air dipanaskan jadi uap)

Materi: Macam-macam Wujud Zat

A. Pengertian Zat

Zat adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa (berat). Semua benda yang ada di sekitar kita adalah zat.

B. Macam-macam Wujud Zat

Zat dibagi menjadi tiga wujud, yaitu:

1. Zat Padat

Ciri-ciri:

  • Bentuk tetap

  • Volume tetap

  • Tidak mengikuti bentuk wadah

Contoh:

  • Batu

  • Buku

  • Pensil

  • Meja

  • Kelereng

🧠 Contoh kegiatan: Menyentuh benda padat seperti kelereng dan buku.                 

 2. Zat Cair

Ciri-ciri:

  • Bentuk berubah-ubah mengikuti bentuk wadah

  • Volume tetap

  • Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah

Contoh:

  • Air

  • Susu

  • Minyak goreng

  • Sirup

🧠 Contoh kegiatan: Menuangkan air ke dalam gelas, botol, dan mangkuk lalu amati bentuknya.                                                        

3. Zat Gas

Ciri-ciri:

  • Tidak memiliki bentuk tetap

  • Tidak memiliki volume tetap

  • Mengisi seluruh ruang dalam wadah

Contoh:

  • Udara

  • Uap air

  • Asap

  • Gas dalam balon

🧠 Contoh kegiatan: Meniup balon dan melihat balon menjadi mengembang karena udara.

C. Perubahan Wujud Zat (pengantar sederhana)

Beberapa zat dapat berubah wujud jika dipanaskan atau didinginkan.

Perubahan WujudPenjelasanContoh
MencairPadat → CairEs batu yang meleleh
MembekuCair → PadatAir dimasukkan ke freezer menjadi es
MenguapCair → GasAir dipanaskan menjadi uap air
 
🧩 Mari Kita Ingat!
  • Zat ada tiga: padat, cair, dan gas.

  • Setiap zat memiliki ciri-ciri yang berbeda.

  • Kita bisa menemukan contoh semua wujud zat di sekitar kita!    

Mapel : Seni Rupa 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian gambar dekoratif dengan bahasa sendiri.

  2. Mengenali unsur-unsur gambar dekoratif seperti bentuk, garis, dan warna.

  3. Membuat karya gambar dekoratif sederhana dengan tema tertentu (misalnya: tumbuhan, hewan, atau bentuk geometri).

  1. 🎨   Materi: Membuat Karya Gambar Dekoratif Bertema Daun

Pengertian Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif adalah gambar yang dibuat dengan tujuan menghias. Biasanya berupa bentuk yang diulang, dihias dengan garis dan warna agar menarik.

Gambar dekoratif tidak harus mirip aslinya, tetapi tetap bisa dikenali.


🌿 Daun Sebagai Objek Dekoratif

Daun memiliki bentuk yang beragam dan unik. Daun bisa dijadikan objek gambar dekoratif karena:

  • Bentuknya mudah dikenali

  • Bisa dihias dengan pola garis, titik, atau motif

  • Bisa dikreasikan dengan warna-warna cerah


✏️ Langkah-langkah Membuat Gambar Dekoratif Daun

  1. Siapkan alat dan bahan:
    Kertas gambar, pensil, penghapus, dan pewarna (krayon/spidol/pensil warna).

  2. Gambar bentuk dasar daun:
    Misalnya bentuk daun mangga, daun jambu, atau daun pepaya.

  3. Buat garis-garis pola di dalam daun:
    Tambahkan hiasan seperti garis lengkung, zig-zag, titik-titik, atau bentuk geometri kecil di dalam daun.

  4. Warnai daun dan hiasannya:
    Gunakan warna cerah dan kontras agar menarik.

  5. Beri latar belakang jika perlu:
    Tambahkan hiasan di sekitar daun (misalnya pola gelombang atau titik-titik).


🖼️ Contoh Gambar Dekoratif Daun

Saya akan buatkan contoh sederhana berupa gambar dekoratif bertema daun. Berikut adalah deskripsi dan akan saya tampilkan gambarnya juga:

✅ Contoh 1: Daun dengan Pola Garis & Titik

  • Daun berbentuk lonjong (seperti daun mangga)

  • Di dalam daun ada garis-garis menyilang, zig-zag, dan titik-titik

  • Daun diwarnai dengan warna gradasi (hijau, kuning, biru) 

  Gambar  Sederhana:

  1. Gambar bentuk daun lonjong (seperti daun mangga).

  2. Di bagian dalam daun, buat hiasan seperti ini:

    • Garis zigzag dari bawah ke atas

    • Titik-titik di antara garis

    • Garis lengkung mengikuti tepi daun

  3. Warnai bagian-bagian dalam pola dengan warna berbeda-beda (misalnya: hijau, kuning, merah, biru)

  4. Gunakan warna cerah agar tampak menarik dan dekoratif. 



Selasa, 28 Oktober 2025

Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

 

Hari/Tanggal        : Rabu, 29 Oktober 2025

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Bahasa Indonesia dan Pancasila.

Mapel Pendidikan Pancasila 

Tujuan Pembelajaran

  1. Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban di sekolah dengan benar.

  2. Menyebutkan contoh hak siswa di sekolah.                                        

    Materi Pembelajaran

  • Hak adalah sesuatu yang kita peroleh setelah melakukan kewajiban atau sesuatu yang memang menjadi milik kita.
    👉 Contoh: Hak untuk belajar, hak mendapat perlindungan, hak bermain, hak menggunakan fasilitas sekolah.

  • Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab.
    👉 Contoh: Kewajiban menjaga kebersihan, kewajiban menaati aturan sekolah, kewajiban menghormati guru dan teman.

2. Contoh Hak dan Kewajiban di Sekolah

HakKewajiban
Mendapat pelajaran dari guruMengikuti pelajaran dengan tertib
Menggunakan fasilitas sekolahMenjaga fasilitas sekolah
Mendapat teman bermainBersikap sopan dan tidak mengganggu teman
Mendapat perlindungan di sekolahMentaati tata tertib sekolah

3. Pentingnya Melaksanakan Kewajiban

  • Agar hak dapat diperoleh dengan baik.

  • Agar lingkungan sekolah menjadi tertib dan nyaman.

  • Agar tercipta suasana saling menghormati dan saling membantu. 

Mapel :  Bahasa Indonesia 

Tujuan pembelajaran : murid dapat mengerjakan soal formatif secara benar 

Media pembelajaran : Soal latihan profesi 

Metode pembelajaran : tanya jawab, mengerjakan secara Individu 

Soal Pilihan Ganda – Tema: Profesi Kelas 3 

1. Orang yang bertugas mengobati orang sakit disebut …

A. Guru
B. Petani
C. Dokter
D. Polisi

2. Pekerjaan seorang guru adalah …

A. Menyembuhkan pasien
B. Menanam padi
C. Menjaga keamanan
D. Mengajar murid di sekolah

3. Petani biasanya bekerja di …

A. Sekolah
B. Rumah sakit
C. Sawah
D. Kantor polisi

4. Polisi bertugas untuk …

A. Mengajar murid
B. Menanam sayur
C. Menjaga keamanan dan ketertiban
D. Memasak makanan

5. Profesi yang bertugas membuat makanan di restoran adalah …

A. Dokter
B. Guru
C. Petani
D. Koki

6. Ibu Sinta bekerja merawat orang sakit. Maka profesi Ibu Sinta adalah …

A. Perawat
B. Koki
C. Pedagang
D. Montir

7. Ayah Budi adalah seorang nelayan. Setiap hari ia pergi ke …

A. Hutan
B. Laut
C. Pasar
D. Kantor

8. Profesi yang bertugas memperbaiki kendaraan adalah …

A. Dokter
B. Guru
C. Montir
D. Polisi

9. Orang yang menjual barang di pasar disebut …

A. Pedagang
B. Petani
C. Koki
D. Nelayan

10. Profesi yang bertugas menulis berita dan melaporkannya adalah …

A. Dokter
B. Wartawan
C. Perawat
D. Sopir

Senin, 27 Oktober 2025

3A : IPAS dan Seni Rupa

 

Hari/Tanggal        : Selasa, 28 Oktober 2025

Mata Pelajaran     : IPAS dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi IPAS dan Seni Rupa. 

MATERI  IPAS

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan macam-macam wujud zat (padat, cair, gas) dengan benar.

  2. Mengidentifikasi ciri-ciri masing-masing wujud zat melalui contoh di sekitar mereka.

  3. Mengelompokkan benda berdasarkan wujud zatnya secara tepat.

  4. Menjelaskan perubahan wujud zat sederhana (mencair, membeku, menguap) melalui pengamatan.  

a. Macam-macam Wujud Zat

  1. Padat

    • Ciri: bentuk tetap, volume tetap.

    • Contoh: batu, kayu, kelereng.

  2. Cair

    • Ciri: bentuk mengikuti wadah, volume tetap.

    • Contoh: air, susu, minyak.

  3. Gas

    • Ciri: bentuk dan volume tidak tetap.

    • Contoh: udara, asap, uap air.

b. Perubahan Wujud Zat (pengantar)

  • Mencair: padat → cair (es batu meleleh)

  • Membeku: cair → padat (air menjadi es)

  • Menguap: cair → gas (air dipanaskan jadi uap)

Materi: Macam-macam Wujud Zat

A. Pengertian Zat

Zat adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa (berat). Semua benda yang ada di sekitar kita adalah zat.

B. Macam-macam Wujud Zat

Zat dibagi menjadi tiga wujud, yaitu:1. Zat Padat

Ciri-ciri:

  • Bentuk tetap

  • Volume tetap

  • Tidak mengikuti bentuk wadah

Contoh:

  • Batu

  • Buku

  • Pensil

  • Meja

  • Kelereng

🧠 Contoh kegiatan: Menyentuh benda padat seperti kelereng dan buku.                  2. Zat Cair

Ciri-ciri:

  • Bentuk berubah-ubah mengikuti bentuk wadah

  • Volume tetap

  • Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah

Contoh:

  • Air

  • Susu

  • Minyak goreng

  • Sirup

🧠 Contoh kegiatan: Menuangkan air ke dalam gelas, botol, dan mangkuk lalu amati bentuknya.                                                        

 

3. Zat Gas

Ciri-ciri:

  • Tidak memiliki bentuk tetap

  • Tidak memiliki volume tetap

  • Mengisi seluruh ruang dalam wadah

Contoh:

  • Udara

  • Uap air

  • Asap

  • Gas dalam balon

🧠 Contoh kegiatan: Meniup balon dan melihat balon menjadi mengembang karena udara.

C. Perubahan Wujud Zat (pengantar sederhana)

Beberapa zat dapat berubah wujud jika dipanaskan atau didinginkan.

Perubahan WujudPenjelasanContoh
MencairPadat → CairEs batu yang meleleh
MembekuCair → PadatAir dimasukkan ke freezer menjadi es
MenguapCair → GasAir dipanaskan menjadi uap air
 
🧩 Mari Kita Ingat!
  • Zat ada tiga: padat, cair, dan gas.

  • Setiap zat memiliki ciri-ciri yang berbeda.

  • Kita bisa menemukan contoh semua wujud zat di sekitar kita!    

Mapel : Seni Rupa 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian gambar dekoratif dengan bahasa sendiri.

  2. Mengenali unsur-unsur gambar dekoratif seperti bentuk, garis, dan warna.

  3. Membuat karya gambar dekoratif sederhana dengan tema tertentu (misalnya: tumbuhan, hewan, atau bentuk geometri).

  1. 🎨   Materi: Membuat Karya Gambar Dekoratif Bertema Daun

Pengertian Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif adalah gambar yang dibuat dengan tujuan menghias. Biasanya berupa bentuk yang diulang, dihias dengan garis dan warna agar menarik.

Gambar dekoratif tidak harus mirip aslinya, tetapi tetap bisa dikenali.


🌿 Daun Sebagai Objek Dekoratif

Daun memiliki bentuk yang beragam dan unik. Daun bisa dijadikan objek gambar dekoratif karena:

  • Bentuknya mudah dikenali

  • Bisa dihias dengan pola garis, titik, atau motif

  • Bisa dikreasikan dengan warna-warna cerah


✏️ Langkah-langkah Membuat Gambar Dekoratif Daun

  1. Siapkan alat dan bahan:
    Kertas gambar, pensil, penghapus, dan pewarna (krayon/spidol/pensil warna).

  2. Gambar bentuk dasar daun:
    Misalnya bentuk daun mangga, daun jambu, atau daun pepaya.

  3. Buat garis-garis pola di dalam daun:
    Tambahkan hiasan seperti garis lengkung, zig-zag, titik-titik, atau bentuk geometri kecil di dalam daun.

  4. Warnai daun dan hiasannya:
    Gunakan warna cerah dan kontras agar menarik.

  5. Beri latar belakang jika perlu:
    Tambahkan hiasan di sekitar daun (misalnya pola gelombang atau titik-titik).


🖼️ Contoh Gambar Dekoratif Daun

Saya akan buatkan contoh sederhana berupa gambar dekoratif bertema daun. Berikut adalah deskripsi dan akan saya tampilkan gambarnya juga:

✅ Contoh 1: Daun dengan Pola Garis & Titik

  • Daun berbentuk lonjong (seperti daun mangga)

  • Di dalam daun ada garis-garis menyilang, zig-zag, dan titik-titik

  • Daun diwarnai dengan warna gradasi (hijau, kuning, biru)

 

  Gambar  Sederhana:

  1. Gambar bentuk daun lonjong (seperti daun mangga).

  2. Di bagian dalam daun, buat hiasan seperti ini:

    • Garis zigzag dari bawah ke atas

    • Titik-titik di antara garis

    • Garis lengkung mengikuti tepi daun

  3. Warnai bagian-bagian dalam pola dengan warna berbeda-beda (misalnya: hijau, kuning, merah, biru)

  4. Gunakan warna cerah agar tampak menarik dan dekoratif. 




Minggu, 26 Oktober 2025

Matematika


 

Hari/Tanggal        : Senin , 27 Oktober 2025

Mata Pelajaran     : Matematika 

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 


Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Matematika. 

Pembagian sebagai Kebalikan dari Perkalian

Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat memahami bahwa pembagian adalah kebalikan dari perkalian, dan dapat menyelesaikan soal pembagian dengan menggunakan konsep perkalian.

Media pembelajaran :Papan tulis dan spidol – untuk menulis soal dan penjelasan.


Benda konkret (manik-manik, kancing, batu kecil, stik es krim) – untuk membagi secara langsung dalam kelompok.

 Lembar kerja siswa – berisi soal dan latihan.

 Tabel perkalian – sebagai alat bantu mengerjakan pembagian.                                                               

Metode Pembelajaran

    1. Ceramah interaktif
      Guru menjelaskan konsep sambil bertanya-jawab dengan siswa.

    2. Demonstrasi langsung
      Guru membagi benda nyata (contoh: 12 kancing dibagi ke 4 kotak) agar siswa melihat secara konkret.

    3. Diskusi kelompok kecil
      Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan soal menggunakan benda konkret.

    4. Latihan soal individual
      Siswa mengerjakan soal pembagian yang dikaitkan dengan perkalian di lembar kerja.

    5. Permainan edukatif
      Misalnya: “Pasangkan perkalian dan pembagiannya” menggunakan kartu bilangan atau papan flanel.

      1. 📗 Pengertian Dasar

       A. Perkalian 

       Perkalian adalah penjumlahan berulang.
      Contoh:
      3 × 4 artinya 4 + 4 + 4 = 12

       B. Pembagian

       Pembagian adalah kebalikan dari perkalian.
      Contoh:
      Jika 3 × 4 = 12, maka:
      ✅ 12 ÷ 4 = 3
      ✅ 12 ÷ 3 = 4

       Artinya, kita mencari berapa kali suatu bilangan bisa dimasukkan ke dalam bilangan lain

       2. 📙 Hubungan Perkalian dan PembagianKita bisa membuat 3 kalimat matematika dari satu hubungan bilangan.

      Contoh:

      4 × 5 = 20
      Maka:
      ✅ 20 ÷ 5 = 4
      ✅ 20 ÷ 4 = 5

      Ingat:
      Jika a × b = c, maka:

       c ÷ a = b

      c ÷ b = a 

       

       3. 📕 Contoh Soal dan Penjelasan

       Contoh 1

      Ibu punya 18 kue. Kue itu dibagikan kepada 6 anak secara merata.
      Berapa kue yang diterima setiap anak?
      👉 18 ÷ 6 = ...
      Kita cari:
      6 × berapa = 18?
      Jawab: 6 × 3 = 18
      ✅ Jadi, 18 ÷ 6 = 3

       Contoh 2

      Sinta memiliki 28 permen. Ia ingin membaginya ke dalam 4 kotak.
      Berapa permen di setiap kotak?
      👉 28 ÷ 4 = ...
      Cari:
      4 × ... = 28
      Jawab: 4 × 7 = 28
      ✅ Maka 28 ÷ 4 = 7

       

       4. 🧮 Latihan Soal

       A. Isilah titik-titik berikut dengan benar:

      36 ÷ 6 = .. 

      15 ÷ 5 = ...

      7 × 8 = 56 → 56 ÷ 8 = ...

      9 × 4 = 36 → 36 ÷ 9 = ...

      6 × 6 = 36 → 36 ÷ ... = 6

  • B. Lengkapi dengan pasangan perkalian yang sesuai:

    1. 12 ÷ 3 = ... → Karena ... × ... = 12

    2. 45 ÷ 5 = ... → Karena ... × ... = 45

    3. 72 ÷ 8 = ... → Karena ... × ... = 72

  • Kamis, 23 Oktober 2025

    Pendidikan Anti Korupsi Sikap Mandiri

       

    Hari/Tanggal        : Jum'at, 24 Oktober 2025

    Mata Pelajaran     : Pendidikan Anti Korupsi "LATIHAN"

    Alat Peraga           : Video Pembelajaran 

    Metode Pembelajaran : Tanya Jawab 

    Tabik Pun 🙏 

    Good morning my lovely students. How are you this morning?

    Hopely you are healthy and happiness. 😍
    Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi pendidikan anti korupsi.

    📘 Tujuan Pembelajaran (TP)

    Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

    1. Menjelaskan pengertian sikap mandiri dengan bahasa sederhana.

    2. Menyebutkan contoh perilaku mandiri di rumah dan di sekolah.

    3. Menunjukkan sikap mandiri melalui kegiatan sehari-hari di kelas maupun di rumah.

    4. Menyadari manfaat bersikap mandiri serta akibat jika tidak mandiri.

    📘 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

    1. Peserta didik mengenal arti sikap mandiri melalui cerita/gambar sederhana.

    2. Peserta didik mengidentifikasi contoh sikap mandiri dan tidak mandiri di lingkungan rumah maupun sekolah.

    3. Peserta didik mengklasifikasikan perilaku (mana yang mandiri dan mana yang tidak).

    4. Peserta didik mempraktikkan sikap mandiri dalam kegiatan kelas, seperti menyiapkan alat tulis atau mengumpulkan tugas sendiri.         

    1. Pengertian Mandiri

    • Mandiri artinya mengerjakan sesuatu sendiri tanpa selalu bergantung pada orang lain.

    • Anak yang mandiri berusaha menyelesaikan tugasnya sendiri, walaupun kadang masih perlu bantuan guru atau orang tua.

    2. Contoh Sikap Mandiri di Rumah
    • Merapikan mainan sendiri setelah bermain.

    • Makan sendiri tanpa disuapi.

    • Menyiapkan buku sekolah dengan bantuan sedikit dari orang tua.

    • Berani tidur sendiri tanpa selalu ditemani.

    3. Contoh Sikap Mandiri di Sekolah

    • Mengambil dan menyimpan alat tulis sendiri.

    • Mengumpulkan tugas tanpa disuruh berulang kali.

    • Membawa bekal makan sendiri.

    • Berani mengangkat tangan saat ingin bertanya.

    4. Mengapa Kita Harus Mandiri

    • Anak yang mandiri akan belajar bertanggung jawab.

    • Dengan mandiri, kita jadi tidak merepotkan orang lain.

    • Orang yang mandiri akan tumbuh jadi orang jujur dan disiplin.

    • Sikap mandiri adalah salah satu cara mencegah korupsi waktu dan tanggung jawab di masa depan.

    5. Akibat Tidak Mandiri

    • Sering merepotkan orang lain.

    • Tidak terbiasa mengurus diri sendiri.

    • Sulit menjadi orang yang jujur dan bertanggung jawab.

    • Bisa menjadi kebiasaan buruk saat dewasa.

    6. Pesan Moral

    👉 “Anak mandiri adalah anak yang berani mencoba, berani berbuat, dan bertanggung jawab atas dirinya.”
    👉 “Dengan mandiri, kita belajar jujur, disiplin, dan tidak mudah bergantung pada orang lain.”

    Latihan Soal!

    Materi: Mandiri, Jujur, dan Tanggung Jawab

    1. Jika Ibu meminta kita membereskan mainan sendiri, sikap yang tepat adalah …
      a. Menunggu adik melakukannya
      b. Segera membereskan sendiri
      c. Membiarkan mainan berserakan
      Jawaban: b

    2. Ani punya PR menulis. Agar mandiri, Ani harus …
      a. Meminta kakak mengerjakan semua PR
      b. Mengerjakan PR sendiri
      c. Tidak mengerjakan PR sama sekali
      Jawaban: b

    3. Ketika menemukan uang di lantai kelas, sikap jujur yang benar adalah …
      a. Menyimpan sendiri
      b. Memberikan kepada guru
      c. Membiarkan saja di lantai
      Jawaban: b

    4. Jika teman kita meminjam pensil, lalu pensil itu patah, sikap jujur adalah …
      a. Menyalahkan orang lain
      b. Mengatakan apa adanya
      c. Diam saja
      Jawaban: b

    5. Saat makan, kita harus bertanggung jawab dengan cara …
      a. Membuang makanan sembarangan
      b. Menghabiskan makanan dengan baik
      c. Memberikan makanan kepada teman tanpa izin
      Jawaban: b

    6. Guru meminta membawa buku tulis esok hari. Sikap tanggung jawab adalah …
      a. Membawa buku sesuai perintah guru
      b. Tidak membawa buku sama sekali
      c. Meminjam buku teman saja
      Jawaban: a

    7. Mandiri artinya …
      a. Suka meminta bantuan terus
      b. Bisa melakukan sendiri sesuai kemampuan
      c. Tidak mau berteman dengan orang lain
      Jawaban: b

    8. Contoh sikap jujur di sekolah adalah …
      a. Menyontek saat ulangan
      b. Mengakui kesalahan sendiri
      c. Mengambil barang teman tanpa izin
      Jawaban: b

    9. Jika kita diberi tugas menjaga kebersihan kelas, tanggung jawab kita adalah …
      a. Membiarkan kelas kotor
      b. Membersihkan kelas bersama teman
      c. Pergi bermain saja
      Jawaban: b

    10. Saat bermain, bola kita tidak sengaja mengenai jendela hingga pecah. Sikap yang tepat adalah …
      a. Lari dan tidak mengaku
      b. Mengaku dan meminta maaf
      c. Menyalahkan orang lain
      Jawaban: b

    Rabu, 22 Oktober 2025

    Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

     

    Hari/Tanggal        : Kamis, 23 Oktober 2025

    Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa 

    Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

    Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

    Tabik Pun 🙏 

    Good morning my lovely students. How are you this morning?

    Hopely you are healthy and happiness. 😍
    Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa.  

    Capaian Pembelajaran (CP):
    Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.

    Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    Murid dapat mengenal hak dan kewajiban di rumah


    Tujuan Pembelajaran (TP):

    Mengenal hak dan kewajiban di lingkungan rumah


    Materi Pendidikan Pancasila
    Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa, 


    Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

    Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

    Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

    Hak Anak di Rumah

    Sebagai anak, kamu punya banyak hak, seperti:

    • Mendapat kasih sayang: Orang tua harus sayang sama kamu.
    • Diperlakukan dengan adil: Kamu dan saudara-saudaramu harus diperlakukan sama.
    • Mendapat makanan yang cukup: Kamu harus kenyang setiap hari.
    • Mendapat perhatian: Orang tua harus memperhatikanmu.
    • Dilindungi dan dijaga: Kamu harus merasa aman di rumah.
    • Belajar: Kamu berhak belajar dan bermain.

    Kewajiban Anak di Rumah

    Selain punya hak, kamu juga punya kewajiban, seperti:

    • Menghormati orang tua: Kamu harus sayang dan patuh pada orang tua.
    • Membantu pekerjaan rumah: Bantu ibu atau ayah membersihkan rumah.
    • Belajar dengan rajin: Kamu harus rajin belajar agar pintar.
    • Menjaga kebersihan diri: Mandi, sikat gigi, dan potong kuku.
    • Bermain dengan sopan: Jangan ganggu teman bermainmu.
        LEMBAR AKTIVITAS


    Capaian Pembelajaran (CP):
    Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa


    Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    Murid dapat mengenali dua unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.  

    Tujuan Pembelajaran (TP):

    Memahami unsur rupa warna dengan membuat kolase lingkungan sekitarnya.


    Materi Seni Rupa
    Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!


    MEMBUAT BENTUK TOPENG




    Teknik Tempel dan Potong adalah salah satu teknik dasar dalam seni rupa, terutama untuk anak-anak. Teknik ini melibatkan kegiatan memotong berbagai bentuk dari kertas atau bahan lainnya, lalu menempelkannya pada permukaan yang lebih besar untuk menciptakan sebuah karya seni.


    Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

    • Kertas karton atau kertas tebal berwarna
    • Gunting (tumpul untuk keamanan)
    • Pensil warna atau krayon
    • Lem
    • Pita atau tali
    • Benda-benda kecil untuk hiasan (misalnya: potongan kain, kancing, mata googly)
    • Contoh gambar topeng (sebagai referensi)

    Langkah-langkah Membuat Topeng:

    1. Memilih Bentuk Dasar:

      • Ajak anak-anak memilih bentuk dasar untuk topeng mereka. Bentuk yang sederhana seperti lingkaran, oval, atau persegi panjang bisa menjadi pilihan awal.
      • Jelaskan bahwa bentuk dasar ini akan menjadi wajah topeng mereka.
    2. Menggambar Bentuk Mata, Hidung, dan Mulut:

      • Bantu anak-anak menggambar mata, hidung, dan mulut pada bentuk dasar yang sudah dipilih.
      • Ajak mereka untuk membuat bentuk-bentuk yang unik dan lucu.
    3. Memotong Bentuk:

      • Ajak anak-anak memotong bentuk mata, hidung, dan mulut yang sudah digambar.
      • Awasi selalu saat anak-anak menggunakan gunting.
    4. Menempel Bentuk:

      • Setelah semua bagian terpotong, anak-anak bisa mulai menempelkan bentuk-bentuk tersebut pada kertas dasar.
      • Bantu mereka jika ada kesulitan dalam menempel.
    5. Memberi Warna:

      • Ajak anak-anak mewarnai topeng mereka sesuai dengan imajinasi mereka.
      • Mereka bisa menggunakan berbagai warna dan teknik mewarnai.
    6. Menambahkan Hiasan:

      • Setelah topeng berwarna, anak-anak bisa menambahkan hiasan seperti potongan kain, kancing, atau mata googly untuk membuat topeng mereka lebih menarik.
    7. Membuat Lubang untuk Mata dan Menambahkan Tali:

      • Buat lubang kecil di bagian mata topeng agar anak-anak bisa melihat.
      • Tempelkan pita atau tali pada bagian atas topeng agar bisa diikat di kepala. 

    Diberdayakan oleh Blogger.
     

    Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design