Kamis, 31 Oktober 2024

Risky Melina Sari_UKG 2024

  

Hari/Tanggal                  : Kamis, 31 Oktober 2024  

Mata Pelajaran                : IPAS ( Perubahan Wujud Benda )

Capaian Pembelajaran   : Pemahaman Sains

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). 

Tujuan Pembelajaran     : Peserta didik dapat mengindentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi.

Metode Pembelajaran     : Problem Based Learning 

Media / Alat Peraga         : PPT Canva dan Konkret 

Sumber Belajar                 : Buku IPAS MasMedia, Buku IPAS Kemendikbud  dan YouTube




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Apersepsi 
Baik anak-anak ibu guru yang solih soliha minggu lalu kita sudah mempelajari materi tentang wujud zat, bu guru ingatkan bahwa wujud zat antara lain; wujud padat, wujud cair dan wujud gas semuanya memiliki sifat dan karakteristiknya. Ketiga wujud zat tersebut memiliki perubahan wujud benda ketika menerima kalor (dipanakan) dan melepas kalor (didinginkan). 
Untuk memahami materi hari ini yuk kita simak dan ikuti pembelajaran dengan penuh semangat ya nak .... 💪

Materi Pembelajaran : 


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Wujud Sifat Benda

Benda – benda dapat berubah wujud. Misalnya dari benda padat dapat berubah wujud menjadi benda cair maupun gas, begitupun sebaliknya.

Sehingga perubahan wujud menyebabkan perubahan sifat-sifat benda. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan wujud dan sifat benda, sebagai berikut :

1. Pemanasan

2. Pembakaran

3. Pencampuran

4. Pembusukan

5. Pendinginan

Pengertian Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda adalah salah satu bentuk terjadinya gejala perubahan pada suatu benda menjadi berbeda wujud dari sebelumnya, baik ukuran, bentuk, warna, dan aroma atau bau nya yang berubah. Proses perubahan bentuk ini dapat terjadi dengan berbagai cara dan beberapa prosesnya dapat dilihat dengan mata telanjang manusia. Wujud benda dapat berupa cair. Gas, atau padat. 

Macam-macam Perubahan Wujud Benda

Jenis- jenis benda yang memiliki sifat dan karakteristik di atas juga akan mengalami perubahan bentuk wujud yang bermacam- macam sesuai dengan kondisi yang mempengaruhinya. Perubahan wujud pada benda ini bisa bermacam-macam karena setiap zat benda juga memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya memerlukan proses perubahannya masing-masing. Berikut ini macam-macam perubahan wujud :

1. Mencair

Mencair adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi benda cair. Agar dapat terjadi perubahan wujud mencair maka memerlukan panas atau kalor yang mempengaruhi zat benda tersebut. Perubahan wujud ini juga biasa kita kenal dengan istilah meleleh. Contohnya ketika coklat batangan yang dilelehkan dengan menggunakan uap air panas.

 2. Membeku

Membeku adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi benda padat. Perubahan wujud membeku bisa dibilang kebalikan dari mencair. Itu artinya proses perubahan wujud dengan membeku akan melepaskan panas pada suhu yang dingin, berkebalikan dari mencair. Ketika membekukan air di freezer menjadi es batu atau membekukan bahan cair lainnya. 

 3. Menguap

Menguap adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda cair menjadi zat gas. Menguap adalah perubahan wujud yang memerlukan kalor atau pemanasan. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada zat cair saja, namun juga bisa terjadi di dalam tubuh manusia. Contohnya saat kita berkeringat, maka keringat akan menguap dan mendingin dari tubuh kita. Yang paling sering kita lihat adalah ketika merebus air maka saat mendidih akan mengeluarkan uap. 

 4. Mengembun

Mengembun adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda gas menjadi benda cair. Pengembunan terjadi pada gas di udara yang dingin atau suhu rendah menjadi butiran-butiran air. Perubahan wujud ini termasuk dalam proses yang melepaskan kalor karena membutuhkan suhu yang rendah. Grameds bisa melihat embun pada daun-daun rumput di pagi hari atau gelas kaca yang mengembun karena berisi air dingin atau es batu.  

 5. Menyublim

Menyublim adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada benda padat menjadi material gas. Proses perubahan wujud dengan menyublim membutuhkan kalor atau energi panas agar benda padat tersebut bisa berubah menjadi molekul gas di udara. Misalnya jika kita meletakan kapur barus atau kamper di suatu ruangan maka lama kelamaan akan habis benda padat itu karena menyublim ke udara.  

6. Mengkristal

Mengkristal adalah bentuk perubahan wujud yang terjadi pada material gas menjadi material yang lebih padat. Proses perubahan wujud ini terjadi karena adanya pelepasan energi panas atau kalor pada suhu yang lebih rendah dari benda. Perubahan ini bisa kita amati pada botol madu yang mulai  muncul kristalisasi gula lama- kelamaan. Atau salju yang ada di dalam kulkas. 


Kegiatan Inti : 

Fase 1 : Orientasi Pada Masalah

  • Guru memberikan pertanyaan pemantik: “ mengapa benda-benda di sekitar kita memiliki bentuk yang berbeda-beda ?
  • Guru menyajikan gambar perubahan wujud benda menggunakan PPT di layar proyektor.
  • Guru memberikan benda kongkrit berupa wujud benda , seperti gula pasir, lilin, telur, sendok, korek api, coklat.

Fase 2 : Mengorganisasi Siswa Untuk Belajar

  • Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok (fokus guru: guru melakukan strategi pengelompokan untuk mengaktifkan keterlibatan peserta didik)
  • Guru membagikan LKPD berupa teka-teki silang kepada peserta didik.
  • Guru memberikan waktu dalam menyelesaikan TTS.

Fase 3 : Membimbing Menyelidikan Individu Dan Kelompok

  • Guru membimbing dan memberikan petunjuk kepada peserta didik untuk mengerjakan TTS.
  • Peserta didik melakukan diskusi untuk menyelesaikan LKPD .
  • Guru mengingatkan peserta ddik untuk melakukan pengamatan dan diskusi kelompok dengan tertib.


Fase 4 : Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil Karya

  • Setiap kelompok mempersentasikan hasil LKPD
  • Guru memfasilitasi diskusi kelas untuk menyimpulkan besersama teman kelompok.

Fase 5 : Menguji Dan Menerapkan Apa Yang Telah Dipelajari

  • Guru memberikan pertanyaan terhadap apa yang sudah di pelajari hari ini?
  • Berikutnya guru memberikan soal evaluasi untuk mengecek kembali pemahaman materi yang diberikan pada pembelajaran hari ini.

Fase 6 ; Analisis Dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah

  • Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.
  • Peserta didik diminta untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi dan hal-hal yang telah dipelajari.

Simak Video Pembelajaran Berikut ini : 



Kerjakan latihan Soal Berikut ini : 

1. Segala sesuatu mempunyai massa dan menempati ruang disebut …
2. Benda yang bentuk dan volumenya tetap disebut benda ... 
3. Benda yang tersusun dari zat (materi) penyusun sangat rapat dan memiliki bentuk tetap adalah benda …
4. Contoh benda cair yang tidak memiliki bentuk tetap adalah
5. Gelas yang berisi air dingin pada permukaan gelas tersebut akan terdapat titik-titik air. Hal itu terjadi karena udara di luar gelas mengalami …
6. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut...
7. Perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim adalah...
8. Air yang dipanaskan akan berubah menjadi … 
9. Dina mencoba menimbang berat kapas dan batu. Ternyata batu lebih berat daripada kapas. Hal ini menunjukkan bawa kedua benda tersebut memiliki …
10. Energi panas yang bisa diterima dan diteruskan oleh satu benda ke benda lain disebut …


Penutup 
Apakah anak-anak sudah memahami materi pembelajaran tentang perubahan wujud benda? 
Jika ada pertanyaan atau ada materi yang belum dipahami anak-anak dapat bertanya secara langsung ya kepada ibu guru. 
Sekian pembelajaran hari ini Ibu guru harap kalian dapat memahami materi dengan baik dan selalu semangat dalam setiap kegiatan pembelajaran aamiin 


KESIMPULAN / REFLEKSI PEMBELAJARAN : 
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu dan memahami materi perubahan wujud benda, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membedakan perubahan wujud mengembun dan mengkristal. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan penjelasan ulang dan memberikan contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi Perubahan wujud Benda. 


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design