Selasa, 10 September 2024

Matematika dan IPAS

 


Hari/Tanggal        : Selasa, 10 September 2024

Mata Pelajaran     : Matematika dan IPAS

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat mengetahui satuan "derajat (°)" dari besar kecilnya sudut.
2. Peserta didik dapat mengetahui cara menggunakan busur derajat dan dapat menentukan besaran sudut. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik mengetahui satuan "derajat (°)" dari besar kecilnya sudut.
2. Peserta didik memahami penggunaan busur untuk menentukan besaran pada suatu sudut. 


MATERI MATEMATIKA :

Sudut

Ukuran ruang terbuka di antara dua garis yang membentuk sebuah sudut disebut ukuran 
sudut. 

Ukuran sudut ditentukan oleh banyaknya ruang di antara garis dan bukan panjang sudutnya.


Mengukur Besaran Sudut 



Cara mengukur sudut menggunakan busur derajat, kita bisa meletakkan busur derajat di atas gambar sudut. Letakkan titik pusat busur derajat di titik sudut pada gambar sudut yang diukur. Misalnya, kalau kita ingin mengukur sudut pada gambar pertama, maka titik pusat busur derajat diletakkan di titik B.

Posisikan busur pada salah satu kaki sudut, sehingga saling berimpit di kaki sudut 0°. Geser busur hingga berada tepat di titik pusat pada busur. Perhatikan kaki sudut lainnya, angka pada busur yang berimpitan dengan garis tersebut menunjukkan ukuran sudut.

Simak video pembelajaran berikut untuk mengetahui cara menentukan besaran sudut. 



ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
IPAS : Pemahaman Sains

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat menyelesaikan soal sumatif dengan tepat dan benar

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Melalui tanya jawab, peserta didik dapat mengingat materi tentang rangka tubuh manusia dan panca indra serta dapat menjabawa soal sumatif dengan tepat. 

Sumatif 1 Rangka Tubuh Manusia dan Panca Indra

1.      Rangka tubuh manusia berfungsi untuk...

a.       Menghasilkan energi

b.      Mencerna makanan

c.       Memberi bentuk tubuh dan melindungi organ dalam

d.      Mengedarkan darah

2.    Tulang yang berfungsi melindungi otak adalah...

a.       Tulang rusuk                                     c. Tulang belakang

b.      Tulang tengkorak                              d. Tulang paha

3.      Sendi yang memungkinkan gerakan memutar adalah...

a.       Sendi engsel                                       c. Sendi putar

b.      Sendi peluru                                      d. Sendi pelana

4.      Untuk menjaga kesehatan tulang, kita perlu...

a.       Kurang minum susu

b.      Jarang berolahraga

c.       Mengonsumsi makanan bergizi

d.      Sering mengangkat beban berat 

     5.      Mengapa tulang anak-anak lebih lentur dibandingkan tulang orang dewasa?

a.       Karena tulang anak-anak lebih banyak mengandung kalsium

b.      Karena tulang anak-anak masih dalam proses pertumbuhan

c.       Karena anak-anak lebih sering berolahraga

d.      Karena anak-anak lebih banyak makan daging

6.      Panca indra berfungsi untuk...

a.       Menghasilkan energi

b.      Mencerna makanan

c.       Menerima dan menanggapi rangsangan dari lingkungan

d.      Mengedarkan darah

7.      Bagian mata yang berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk adalah...

a.       Pupil                                       c. Lensa mata

b.      Iris                                          d. Saraf mata

     8. Bagian telinga yang berfungsi mengubah getaran suara menjadi impuls saraf adalah...

a.       Daun telinga                          c. Koklea

b.      Gendang telinga                    d. Saluran Eustachius

 9.      Indra yang paling luas permukaannya pada tubuh manusia adalah...

a.       Mata                                        c. Hidung

b.      Telinga                                   d. Kulit

 10.  Apa yang terjadi jika kita terlalu sering mendengarkan musik dengan volume yang sangat keras?

a.       Pendengaran akan menjadi lebih tajam

b.      Pendengaran dapat terganggu

c.       Tidak ada pengaruh

d.      Pendengaran akan hilang

Isian !

1. Bagian terkeras pada rangka tubuh manusia adalah...

2. Contoh sendi peluru terdapat pada anggota badan yang terletak di bagian ...

3. Sebutkan 5 Panca Indra dan fungsinya …

4. Indra yang berfungsi untuk merasakan rasa adalah... 

5. Bagaimana cara menjaga kesehatan panca indra?


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang sudut dan jenis-jenis sudut, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami besaran sudut dalam jenis-jenis sudut serta masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam mengukur besaran sudut. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali cara mengukur sudut lewat video pembelajaran dan guru mengajarkan secara individu terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami cara mengukur sudut dengan benar. 

 


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design