Hari/Tanggal : Rabu, 28 Agustus 2024
Mata Pelajaran : Kunjungan ke Museum Lampung dan IPAS
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?
Manfaat Profil Pelajar Pancasila Bagi Dunia Pendidikan
Untuk Peserta Didik
- Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.
- Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas.
- Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.
6 Elemen Profil Pelajar Pancasila
1. Berakhlak Mulia
2. Berkebinekaan Global
AKTIFITAS 5
Mengunjungi Museum Lampung Untuk Melihat Miniatur Rumah Adat Yang Ada Di Indonesia.
Dimensi : Gotong Royong
Tujuan : Peserta didik dapat mengamati rumah adat Nusantara di museum Lampung.
Kegiatan Awal
1. Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok (1 kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik)
2. Pendidik membagikan lembar pengamatan observasi
3. Menyiapkan peserta didik berangkat ke Museum Lampung
Kegiatan Inti
1. Peserta didik menyiapkan segala keperluan untuk melakukan pengamatan langsung dan mencatat informasi atau temuan pada kegiatan observasi (Tugas Kelompok)
a.) Menganilis berbagai informasi mengenai rumah adat di
museum.
b.) Menuliskan apa saja rumah adat yang terdapat dimuseum
Lampung.
c.) Sejarah tentang rumah adat nusantara.
2. Setelah kembali ke sekolah, peserta didik melanjutkan tugas diskusi bersama teman kelompoknya mengenasi hasil pengamatan pada kegiatan observasi.
3. Bersama dengan kelompoknya peserta didik mengumpulkan data yang telah diperoleh sebagai bahan presentasi pada pertemuan selanjutnya (LKPD terlampir).
Penutup
1. Pendidik memberikan kesimpulan hasil observasi.
2. Pendidik menjelaskan alur presentasi keesokan hari
KEGIATAN !
List Pertanyaan Peserta Didik dalam Melaksanakan Kegiatan Kunjungan Ke Museum Lampung
1. Apa saja rumah adat yang terdapat di museum Lampung?
2. Sebutkan nama rumah adat dan daerah asalnya?
3. Sejarah yang terdapat masing-masing rumah adat?
4. Mengapa rumah adat harus dilestarikan?
5. Apa yang membedakan antara rumah adat yang satu dengan yang lainnya?
6. Terbuat dari bahan apa saja masing-masing rumah adat tersebut?
7. Apa fungsi dari rumah adat dalam budaya tradisional dalam masyarakat?
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik bisa mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dari tumbuhan.
2.1 Peserta didik menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan.
2.2 Peserta didik memahami bagian tumbuhan berdasarkan fungsinya.
Akar
Batang
Bunga
Buah
Berikut Video Pembelajaran :
0 komentar:
Posting Komentar