Hari/Tanggal : Rabu, 20 Maret 2024
Mata Pelajaran : P5 dan Seni Tari
Alat Peraga : Gambar dan PPT / Video Pembelajaran
Good morning my lovely students. How are you this morning?
“AKU CINTA KEBERAGAMAN”
Tema : Bhineka Tunggal Ika
AKTIFITAS 1
Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)
Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan
Dimensi : Berkebhinekaan Global
Tujuan :
1. Peserta didik mampu menjelaskan konsep keberagaman.
2. Peserta didik mampu memahami keberagaman di lingkungan sekolah.
3. Peserta didik mampu memahami penyebab dan penyelesaian konflik.
Kegiatan Awal
1. Pendidik menyiapkan materi mengenai pengertian keberagaman, dampak positif dan negative keberagaman serta contoh keberagaman di sekolah https://bit.ly/KMI-KeberagamanaMasyarakatIndonesia
2. Pendidik menyiapkan materi mengenai penyebab dan penyelesaian konflik https://bit.ly/PENGERTIANKONFLIK
3. Pendidik menyiapkan lembar kerja siswa
4. Peserta didik menyiapkan buku catatan khusus P5
Kegiatan Inti
1. Pendidik mengondisikan peserta didik untuk siap menerima proses pembelajaran.
2. Peserta didik diberi kesempatan melakukan pengamatan keberagaman di lingkungan sekolah, kemudian menuliskannya di lembar kerja pengamatan.
3. Peserta didik menceritakan keberagaman yang ada di lingkungan sekolah.
4. Setelah mengidentifikasi keberagaman yang ada di lingkungan sekolah, pendidik melanjutkan kegiatan dan memberikan pertanyaan pemantik:
a. Apa yang kalian ketahui tentang konflik?
b. Mengapa konflik bisa terjadi?
5. Peserta didik diarahkan untuk menemukan contoh konflik yang terjadi di lingkungan kelas atau lingkungan terdekatnya berdasarkan adanya perbedaan dalam keragaman.
6. Peserta didik memperhatikan paparan pendidik tentang penyebab konflik dan alternatif penyelesaiannya.
7. Pendidik memberikan Lembar Kerja Siswa mengenai :
a. Menyebutkan konflik yang pernah terjadi di lingkungan sekitar sekolah/rumah.
b. Hal-hal yang memicu terjadinya konflik.
c. Alternatif penyelesaiannya.
8. Peserta didik menulis informasi yang didapatkan kemudian beberapa perwakilan peserta didik menyampaikan hasil temuannya.
9. Pendidik memberikan umpan balik.
Elemen CP : Seni Tari
Berpikir dan bekerja artistik(Thinking and working artistically) Menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mengenal tari melalui cerita daerah/rakyat
Sumatif 2 Seni Tari
1.
Tari yang
menceritakan perjuangan Rama dalam menyelamatkan Dewi Sinta adalah...
a.
Tari
Patuddu
b.
Tari
Randai
c.
Tari Saman
d.
Tari Kecak
2.
Gerakan
yang memperlihatkan cerita rakyat dari tari patuddu adalah . . .
a.
Gerakan
tangan yang seperti melambai
b.
Gerakan
kaki yang melangkah
c.
Gerakan
tangan seperti terbang
d.
Gerakan
badan yang berkelok ke kanan dan ke kiri
3.
Tari yang
salah satunya mendapatkan inspirasi dari cerita Malin Kundang adalah …
a.
Tari Kecak
b.
Tari
Randai
c.
Tari
Patuddu
d.
Tari
Pendet
4.
Tari kecak
diciptakan oleh seniman Bali yang bernama . . .
a.
I Gede
Manik
b.
Raden
tjetjep Soemantri
c.
Ida Ayu
Wimba Ruspati
d.
I Wayan
Limbak
5.
Gerak
tangan penari memeragakan seseorang yang sedang mengayun saat menggendong bayi.
Pada tari Randai gerakan ini disebut gerak . . .
a.
Vibrasi
b.
Berputar
c.
Jatuh
Bangun
d.
Mengayun
6.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Kisah
penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana
(2) Kisah Burung
Garuda yang menculik Dewi Sinta
(3) Kisah
Permintaan tolong Rama kepada Tuhan
(4) Kisah Hanoman
yang melawan Rahwana dan Membakar Istana Rahwana
Dari pernyataan di
atas yang termasuk dalam adegan dalam tari kecak ditunjukkan nomor . . .
a.
(1), (2)
dan (3)
b.
(2), (3)
dan (4)
c.
(2), (3)
dan (4)
d.
(1), (3)
dan (4)
7.
Tari
Patuddu adalah salah satu tarian tradisional khas dari suku . . .
a.
Dayak
b.
Mentawai
c.
Mandar
d.
Sunda
8.
Perhatikan Pernyataan berikut ini!
(1) Selendang
(2) Bunga Kamboja
(3) Bunga Mawar
(4) Bara Api
(5) Topeng
Properti dari Tari
kecak ditunjukkan oleh nomor . . .
a.
(1), (2),
(4) dan (5)
b.
(1), (3),
(4) dan (5)
c.
(3), (4),
(5) dan (1)
d.
(2), (3),
(4) dan (5)
9.
Pada tari
randai iringan musik yang digunakan berasal dari alat msuki tradisional. Selain
itu ada juga dari membunyikan suara langsung dari penari yaitu dengan . . .
a.
Petik jari
b.
Siulan
c.
Tepuk
tangan
d.
Semua
benar
10.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Gerakan tari
lincah dan dinamis
(2) Tari bersifat
ekspresif
(3) Gerakan kaki
lincah seperti gerakan meloncat dan berputar
(4) Sikap atau
posisi kaki terbuka
Yang termasuk ciri
– ciri umum dari gerakan tari daerah Sumatra ditunjukkan nomor . . .
a.
(1), (2)
dan (3)
b.
(2), (3)
dan (4)
c.
(1), (3)
dan (4)
d.
(1), (2)
dan (4)
I.
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Gerakan tangan akan selalu melengkung pada
gerakan tari patuddu sering disebut... dalam bahasa Mandar.
2. Selain kipas properti lain yang dipakai pada
tari patuddu adalah . . .
3. Tari Randai menggunakan properti kepala berupa
. . .
4. Tari kecak tidak menggunakan iringan dari alat
musik. Melainkan menggunakan ritme tari dari teriakan . . . dari para penari.
5. Kostum tari kecak yang digunakan para lelaki
adalah . . .
0 komentar:
Posting Komentar