Kamis, 22 Februari 2024

P5 dan Matematika

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 22 Februari 2024

Mata Pelajaran     : P5 dan Matematika 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT / Video Pembelajaran 




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Kegiatan P5 

“AKU CINTA KEBERAGAMAN”

Tema : Bhineka Tunggal Ika


AKTIFITAS 1

Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)

Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan             : 

1. Peserta didik mampu mengidentifikasikan pemahaman kebhinekaan sehingga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Peserta didik mampu menjelaskan nilai penting kebhinekaan.

3. Peserta didik mampu menanamkan karakter nilai penting kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Awal

1. Pendidik menyiapkan materi mengenai Sejarah, makna, fungsi, dan contoh Bhinneka Tunggal Ika https://bit.ly/SejarahMaknaFungsidanContohBTI 

2. Pendidik menyiapkan video YouTube “Arti dan Makna dari Bhinneka Tunggal Ika”   https://bit.ly/Sejarahbhinekatunggalika 


3. Pendidik menyiapkan artikel Makna Bhinneka Tunggal Ika, Pengertian, Fungsi, serta Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari”  https://www.inews.id/news/nasional/makna-bhinneka-tunggal- ika-pengertian-fungsi-serta-contoh-dalam-kehidupan-sehari-hari/3

Kegiatan Inti

1. Peserta didik bersama pendidik mengidentifikasi kebhinnekaan. Pendidik memberikan pertanyaan pemantik:

a.       Siapa yang tahu sejarah Bhinneka Tunggal Ika?

b.      Apa arti Bhinneka Tunggal Ika?

2. Peserta didik memperhatikan penjelasan materi kebhinnekaan

3. Peserta didik menonton video Arti dan Makna dari Bhinneka Tunggal Ika” atau membaca artikel Makna Bhinneka Tunggal Ika, Pengertian, Fungsi, serta contoh dalam Kehidupan Sehari-hari.

4. Peserta didik membuat Lembar Kerja berupa kesimpulan tentang video yang ditonton atau artikel yang dibaca.

5. Setelah peserta didik selesai mengerjakan rangkuman menganai Kebhinekaan;

6. Selanjutnya Peserta didik mengeksplorasi materi mengenai nilai penting kebhinekaan.

7. Pendidik membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.

8. Pendidik membagikan lembar kerja dan siswa membaca petunjuk lembar kerja.

9. Peserta didik bersama kelompoknya berdiskusi untuk menganalisis permasalahan dan solusi dalam menjaga nilai penting kebhinnekaan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di lembar kerja.

11.  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok. 


Matematika 

Elemen CP : Pengukuran : Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi luas dan keliling pada bangun datar

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami luas dan keliling pada bangun datar

Materi Pembelajaran 

Luas Bangun Datar 

luas bangun datar adalah daerah atau area pada bangun datar yang dibatasi oleh garis atau sisi-sisi bangun datar. Dalam konteks bangun datar, luas mengacu pada ukuran bidang yang ditempati oleh sebuah bentuk atau pola geometri.

Luas bangun datar sendiri merupakan daerah atau area pada bangun datar yang dibatasi oleh garis atau sisi-sisi bangun datar.

Dalam memahami pengertian luas bangun datar, berikut ini bisa

dipelajari bagaimana menghitung luas bangun datar berdasarkan jenisnya.

1. Segi Empat

Segi empat atau persegi memiliki karakteristik utama yaitu panjang keempat sisinya sama. Selain sisi yang sama panjang, segi empat juga memiliki diagonal yang sama panjangnya.

Rumus luas untuk bangun datar segi empat adalah:

L = s x s

Keterangan:

s = panjang sisi segi empat.

Untuk rumus kelilingnya adalah:

K = s + s + s + s atau K = 4 x s.

2. Persegi Panjang

Persegi panjang memiliki bentuk yang hampir sama dengan segi empat. Namun, bedanya adalah persegi panjang memiliki dua sisi lebar (l) dan dia sisi panjang (p).

Untuk persegi panjang, rumus luasnya adalah:

L = p x l

Jika ingin mencari keliling dari persegi panjang maka menggunakan rumus:

K = 2 x (p + l)

3. Segitiga

Bangun datar ini memiliki tiga sisi. Segitiga biasanya memiliki dua sisi yang sama atau memiliki tiga sisi yang sama panjang.

Rumus untuk mencari luas segitiga adalah:

L = 1/2 x a x t

Keterangan:

a = alas

t = tinggi

Sedangkan rumus untuk mencari keliling dari segitiga adalah

K = s + s + s

Keliling merupakan jumlah seluruh sisi yang ada pada bangun datar, Luas merupakan besaran yang menyatakan ukuran suatu bagian permukaan yang dibatasi demgan jelas.

Berikut Video Pembelajarannya :


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design