Hari/Tanggal : Selasa, 30 Januari 2024
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Gambar dan PPT
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Pendidikan Pancasila
Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik menyelesaikan soal Sumatif 1 terkait keberagaman di Indonesia dengan baik dan benar.
Materi Pembelajaran
1. Kalimat Bhinneka tunggal ika terdapat dalam sebuah buku yang
berjudul....
a.
Negara Kertagama
b.
Sutasoma
c.
Babad tanah jawi
d.
Mahabarata
2. Sikap kita terhadap teman yang berbeda keyakinan agama adalah
.....
a.
Tetap bersahabat
b.
Menjauhinya
c.
Memusuhinya
d.
Menghindarinya
3. Kerukunan akan terwujud apabila umat beragama saling .....
a.
mencaci
b.
menghormati
c.
mengumpat
d.
meminta
4. Sikap menghormati dan menghargai antarumat beragama merupakan
perwujudan dari sila ..... dari Pancasila
a. ke-1 b. ke-3
c.ke-2 d. ke-4
5. Mempelajari tarian tradisional Indonesia adalah salah satu cara
untuk .....
a.
mengenali kesenian asing
b.
melestarikan budaya asing
c.
melestarikan budaya Indonesia
d.
menjaga diri dari pengaruh luar
6. Tari Jaipong merupakan tarian berasal dari daerah...
a.
Jawa Tengah
b.
Jawa Barat
c.
Yogyakarta
d.
Bali
7. Salah satu cara menghargai budaya suku lain adalah....
a.
menonjolkan budaya sendiri
b.
memusuhi teman dari suku lain
c.
mengejek penampilan kesenian daerah lain
d.
menikmati pertunjukan seni suku lain
8. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
a.
pemerintahannya kuat
b.
sumber daya alamnya melimpah
c.
rakyatnya bersatu
d.
persenjataanya lengkap
9. Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku
bangsa, bahasa, dan budaya. Hal tersebut sesuai dengan semboyan bangsa
Indonesia .....
a. Merdeka atau mati
b.
Bhinneka Tunggal Ika
c.
Mati satu tumbuh seribu
d.
Bersatu kita teguh bercerai kita runtun ...
10. Pencetus semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah .....
a. Gajah Mada
b. Mpu Tantular
c. Hayam Wuruk
d. Mpu Gandring
Esay!
1. Rumah adat yang berasal dari
daerah Sulawesi Selatan adalah . . .
2. Apa yang dimaksud dengan perbedaan dalam keragaman di Indonesia?
3. Setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan apa
saja yang dimiliki oleh manusia, tuliskan!
4. Apa yang dimaksud dengan toleransi?
5. Bagaimana cara menyikapi perbedaan yang ada di
Indonesia?
Bahasa Indonesia
Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan Pembelajaran : Mampu menentukan latar tempat/waktu dari sebuah teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Alur Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya
2. Peserta didik mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber;
Materi Pembelajaran :
0 komentar:
Posting Komentar