Selasa, 30 Januari 2024

Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

 


Hari/Tanggal        : Selasa,  30 Januari 2024

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Pendidikan Pancasila

Elemen CP: Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik menyelesaikan soal Sumatif 1 terkait keberagaman di Indonesia dengan baik dan benar. 

Materi Pembelajaran 

1.   Kalimat Bhinneka tunggal ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul....

a.     Negara Kertagama

b.     Sutasoma

c.     Babad tanah jawi

d.     Mahabarata

2.  Sikap kita terhadap teman yang berbeda keyakinan agama adalah .....

a.     Tetap bersahabat   

b.     Menjauhinya

c.     Memusuhinya         

d.     Menghindarinya

3.  Kerukunan akan terwujud apabila umat beragama saling .....

a.     mencaci             

b.     menghormati

c.     mengumpat     

d.     meminta

4. Sikap menghormati dan menghargai antarumat beragama merupakan perwujudan dari sila ..... dari Pancasila

a. ke-1    b. ke-3    c.ke-2    d. ke-4

5. Mempelajari tarian tradisional Indonesia adalah salah satu cara untuk .....

a.     mengenali kesenian asing

b.     melestarikan budaya asing

c.     melestarikan budaya Indonesia

d.     menjaga diri dari pengaruh luar

6.  Tari Jaipong merupakan tarian berasal dari daerah...

a.     Jawa Tengah

b.     Jawa Barat

c.     Yogyakarta

d.     Bali

7.  Salah satu cara menghargai budaya suku lain adalah....

a.     menonjolkan budaya sendiri

b.     memusuhi teman dari suku lain

c.     mengejek penampilan kesenian daerah lain

d.     menikmati pertunjukan seni suku lain

8.  Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika....
a. pemerintahannya kuat
b. sumber daya alamnya melimpah
c. rakyatnya bersatu
d. persenjataanya lengkap

9.  Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, bahasa, dan budaya. Hal tersebut sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia .....

a. Merdeka atau mati
b. Bhinneka Tunggal Ika
c. Mati satu tumbuh seribu
d. Bersatu kita teguh bercerai kita runtun ...

10. Pencetus semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah .....

a. Gajah Mada     

b. Mpu Tantular   

c. Hayam Wuruk

d. Mpu Gandring


Esay!
1. Rumah adat yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan adalah . . .

2. Apa yang dimaksud dengan perbedaan dalam keragaman di Indonesia?

3. Setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan apa saja yang dimiliki oleh manusia, tuliskan!

4. Apa yang dimaksud dengan toleransi?

5. Bagaimana cara menyikapi perbedaan yang ada di Indonesia?



Bahasa Indonesia

Elemen CP : Menyimak : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Mampu menentukan latar tempat/waktu dari sebuah teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya

2. Peserta didik mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber;

Materi Pembelajaran : 


Sejarah Oeang Republik Indonesia (ORI)

Pemerintah Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945 menetapkan berlakunya mata uang bersama di wilayah Republik Indonesia (RI), yaitu uang De Javasche Bank, uang Hindia Belanda dan uang Jepang.



Menabung di Bank Tugas berikut ini dapat kalian kerjakan secara berkelompok. Cari tahu apa saja persyaratan dan prosedur menabung di bank. Diskusikan cara kelompok kalian mendapatkan informasi tersebut. Kalian dapat datang langsung ke sebuah bank, bertanya melalui telepon, atau mencari informasi di internet. Tuliskan di buku tulis kalian persyaratan dan prosedur tersebut.

Prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Ingat, teks prosedur harus berisi 
1. tujuan yang ingin dicapai dari prosedur tersebut; 
2. persyaratan dan perlengkapan yang dibutuhkan; dan 
3. langkah-langkah yang dilakukan. 

Ciri-ciri teks prosedur: 
1. menggunakan kalimat perintah; 
2. menggunakan kata kerja aktif; 
3. berisi langkah-langkah yang urut; dan 
4. menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan/langkah. 
Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang uang, kini saatnya kalian berbagi pengalaman atau pendapat tentang menabung. Tuliskan pengalaman tersebut di buku kalian. Gunakan kalimat dengan menggabungkan subjek, predikat, kata sifat, dan kata depan. Dengan menuliskan cara menabung di bank, kalian berlatih menulis teks prosedur. 


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design