Senin, 17 April 2023

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5

  


Hari/Tanggal        : Senin, 17 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 4 ( Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda )

Pembelajaran        : 5

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik  dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, peserta didik dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99) dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah mengamati, peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain tebak-tebakan benda
2. Mengenal berbagai bentuk benda
3. Berlatih menulis
4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan


Ayo Mencoba 

Ayo, bermain tebak-tebakan.
Siapkan beberapa benda yang ada di kelasmu.
Cobalah tutup matamu.
Raba benda-benda tersebut dengan tanganmu.
Dapatkah kamu merasakan permukaan benda tersebut?
Apakah nama benda tersebut?
Dapatkah kamu menebak semua benda yang ada dalam kotak?
Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
Cara mengenali benda dapat dari permukaan atau bentuknya.

Ada benda yang memiliki permukaan halus.
Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar.
Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda.
Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat.
Ada juga yang berbentuk lingkaran.



Jumat, 14 April 2023

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 4

 


Hari/Tanggal        : Jum'at, 14 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 4 ( Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda )

Pembelajaran        : 4

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.

Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan


Ayo Mencoba 

Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.





Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya. 
Badan dapat bergerak lentur seperti karet.
Lihatlah gerakan pesenam pada gambar di atas.
Badannya meliuk ke kanan dan ke kiri.
Pesenam dapat melakukan gerakan karena rajin berlatih.
Kamu juga harus rajin berlatih.
Dengan berlatih, kamu dapat melakukan gerakan tersebut.
Coba lakukan gerakan meliuk berikut.
Tujuan gerakan ini yaitu untuk melenturkan tubuh.
Tahapan gerakan meliuk sebagai berikut.
1. Sikap awal badan berdiri tegak.
2. Rentangkan kedua tangan ke depan.

Kamis, 13 April 2023

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 dan 4

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 13 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 4 ( Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda )

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK, SBdP.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda- benda dengan benar.
2. Peserta didik dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan

Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan cermat.

Ibu             : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara      : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu             : Mungkin kamu lupa menyimpannya. 
Tiba-tiba Udin datang.
Udin          : Mengapa kamu sedih, Kakak? Penggarisku hilang, Udin.
Udin          : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna merah?
Mutiara     : Iya, betul,  warnanya merah.
Udin          : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi meminjamnya sebentar.

Ibu             : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak, harus minta izin.
Udin          : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.
Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak  memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang orang lain.





Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.

Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan


Ayo Mencoba 

Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.





Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya. 
Badan dapat bergerak lentur seperti karet.
Lihatlah gerakan pesenam pada gambar di atas.
Badannya meliuk ke kanan dan ke kiri.
Pesenam dapat melakukan gerakan karena rajin berlatih.
Kamu juga harus rajin berlatih.
Dengan berlatih, kamu dapat melakukan gerakan tersebut.
Coba lakukan gerakan meliuk berikut.
Tujuan gerakan ini yaitu untuk melenturkan tubuh.
Tahapan gerakan meliuk sebagai berikut.
1. Sikap awal badan berdiri tegak.
2. Rentangkan kedua tangan ke depan.


Rabu, 12 April 2023

Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 1 dan 2

 


Hari/Tanggal        : Rabu, 12 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 4 ( Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda )

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, SBdP.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Manusia tidak hidup sendirian.
Manusia hidup bersama alam.
Ada berbagai benda di alam.
Bentuk dan warna benda berbeda-beda.
Ukuran dan permukaannya pun berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri tertentu
Gunakan benda sesuai fungsinya.
Peliharalah benda dengan baik.
Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?

Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mengelompokkan benda-benda sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Peserta didik dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan sekitar dengan benar.
3. Peserta didik dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Peserta didik dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
5. Peserta didik dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.

Materi Ajar :
1. Mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat

Ayo Mengamati

Udin dan Siti sedang bermain bersama.
Udin bermain mobil-mobilan.
Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka.
Boneka Siti berukuran besar dan halus.
Mereka senang bermain bersama.
Ada banyak benda di sekitar kita.
Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.


Diskusikan bersama temanmu.
Apa yang terjadi jika semua benda berwarna sama?
Apa yang terjadi jika semua benda berukuran besar?
Ceritakan hasil diskusimu di depan temantemanmu.


Kamar Lani bersih dan rapi.
Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.
Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan kegunaannya.
Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.

Ayo Berkreasi 

Mari, kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.



Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan


Benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran.
Ada benda yang berukuran besar.
Ada benda yang berukuran kecil.
Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda.
Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil.
Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.




Selasa, 11 April 2023

PH Tema 7 Subtema 3

 


Hari/Tanggal        : Selasa, 11 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 3 ( Tanaman di Sekitarku )

Pembelajaran        : Penilaian Harian Tema 7 Sub 3 

Alat Peraga           : Soal PH 

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, dan MTK, SBdP.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Berikut Soal PH TEMA 7 SUBTEMA 3 



Senin, 10 April 2023

Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6

 


Hari/Tanggal        : Senin, 10 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 3 ( Tanaman di Sekitarku )

Pembelajaran        : 5 dan 6 

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, dan MTK.  




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Peserta didik dapat menulis ungkapan pujian lisan atau tulis dengan rapi.
3. Peserta didik dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Manfaat tanaman
2. Mengenal berbagai macam makanan yang berasal dari tanaman
3. Berlatih menulis kalimat pujian
4. Menghitung banyak benda 

Ayo Mengenal !

Tanaman terdiri atas beberapa bagian.
Ada akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga.
Setiap bagian tanaman memiliki manfaat.
Salah satu manfaat tanaman adalah sebagai makanan.
Ada yang dimakan bagian buahnya.
Contohnya jeruk dan pepaya.
Ada yang hanya dimakan bagian daunnya.
Misalnya bayam dan kangkung.
Ada yang hanya dimakan bijinya.
Misalnya kedelai dan kacang hijau.
Kita juga dapat memanfaatkan akar atau batangnya untuk dimakan.
Contohnya singkong dan tebu.
Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang menciptakan tanaman.
Lingkarilah makanan yang berasal dari tanaman.
Diskusikan dengan temanmu.


Membuat Sayur Sup Bersama Ibu
Hari ini Siti membantu ibu memasak.
Siti dan ibu memasak sayur sup.
Siti membantu ibu membersihkan sayuran.
Siti juga membantu ibu memotong sayuran.
Ibu Siti pandai memasak sayur sup.
Sayur sup buatan Ibu Siti enak rasanya.

Ayo Menulis!
Perhatikan kembali cerita tersebut.
Tulislah 3 kalimat pujian yang sesuai dengan cerita.
1. ..................................................................
2. ..................................................................
3. ..................................................................


Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mempraktikkan merawat tanaman di sekitar sekolah dengan benar.
2. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret dengan benar.

Materi Ajar :
1. Mengenal cara merawat tanaman
2. Berlatih menulis kalimat pujian
3. Menghitung banyak penjumlahan

Perhatikan kembali lingkungan di sekitar rumahmu.
Apakah tanaman di sekitarmu sudah ditata dengan rapi?
Cobalah merapikan tanaman yang ada di sekitar rumahmu.
Buat laporan hasil kerjamu pada tempat berikut.

Tanaman yang ditata akan menambah keindahan.
Apakah kamu dan teman-teman dapat menata tanaman?

Ayo Mencoba

Cobalah berlatih mempraktikkan cara merawat tanaman. 
Berikan pujian untuk teman yang sudah dapat menata tanaman.
Mari, berlatih menulis pujian sesuai gambar.
Ikuti sesuai contoh.





Kamis, 06 April 2023

Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 6 April 2023

Tema                    : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )

Subtema               : 3 ( Tanaman di Sekitarku )

Pembelajaran        : 4

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, dan SBdP.   




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik dengan benar.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
4. Peserta didik dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Peserta didik  dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
6. Peserta didik dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Materi Ajar :
1. Membuat karya tiga dimensi
2. Membuat kalimat pujian
3. Menirukan gerak tumbuhan

Ayo Berkreasi!

Masih ingatkah dengan tanaman hias yang kamu
buat pada pertemuan sebelumnya?
Cobalah membuat bentuk tanaman lainnya
bersama temanmu.
Kemudian susunlah tanaman-tanaman tersebut
menjadi taman yang indah seperti contoh berikut.


Bandingkan hasil karya yang kamu buat dengan hasil temanmu.
Buatlah kalimat pujian untuk lima orang temanmu.
1. ....................................................
2. ....................................................
3. ....................................................

Bagaimana perasaanmu setelah membuat karya tersebut?
Mari, kita mengenal tanaman lain dan cara geraknya.

Sambil mengenal nama tanaman, mari kita berlatih menirukan gerak tanaman sambil bermain.
Jika guru atau temanmu menyebutkan pohon kelapa, kamu harus berdiri sendirian.



Ayo, mengikuti gerakan sesuai cerita.
Dengarkan ceritanya dan lakukan gerakan sesuai contoh.

Siti pergi ke rumah nenek saat liburan.
Rumah nenek Siti di daerah pantai.
Di tepi pantai yang indah berdiri kukuh pohon kelapa.
Daunnya bergoyang saat tertiup angin sepoi-sepoi.
Di depan rumah nenek Siti tumbuh pohon bambu.
Rumah nenek Siti menjadi lebih rindang dan sejuk.
Namun, saat pohon bambu terkena angin badai sangat menakutkan.
Angin yang sangat kencang membuat pohon bambu roboh.

Cobalah membuat cerita sendiri.
Cerita yang menunjukkan gerakan tanaman.
Lakukan gerakan sesuai cerita yang dibacakan.

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design