Hari/Tanggal : Kamis, 2 Maret 2023
Tema : 7 ( Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku )
Subtema : 1 ( Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita )
Pembelajaran : 2 dan 3
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika.
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Dapat menemukan makna kata benda hidup dan tak hidup saat membandingkan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang ditemui dengan benar.
2. Peserta didik dapat menggunakan makna kata benda hidup dan tak hidup secara tertulis melalui kegiatan menulis sambung dengan rapi.
3. Dapat menjelaskan gerak dasar berjalan sesuai irama dengan benar.
1. Mengenal ciri-ciri benda hidup
2. Membedakan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
3. Berlatih menulis
Ayo Mengamati!
Bacalah dengan nyaring.
Udin dan Lani bermain bersama.
Udin membawa kucing peliharaannya.
Lani membawa boneka kesayangannya.
Setiap hari Udin memberi makan kucingnya.
Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar.
Udin sering mengajak kucingnya berjalan-jalan di taman.
Udin merawat kucingnya setiap hari.
Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.
Lani membersihkan bonekanya setiap hari.
Buatlah kalimat berdasarkan ciri-ciri benda pada
gambar.
....................................................
....................................................
....................................................
........................................................
........................................................
........................................................
Ciri benda hidup di antaranya dapat bergerak dan berpindah tempat.
Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat sendiri.
Tumbuhan bergerak ke arah cahaya matahari.
Benda tak hidup tidak dapat bergerak dan berpindah tempat sendiri.
Benda tak hidup yang bergerak sendiri biasanya menggunakan mesin.
Benda hidup bergerak dan berpindah tempat dengan cara berjalan, berlari, dan terbang.
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila melalui kegiatan menyusun kata dengan benar.
2. Peserta didik dapat menjelaskan makna kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui kegiatan pengelompokan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
3. Peserta didik dapat dapat membilang 41 sampai dengan 99 dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda hidup dan tak hidup, benda-benda yang ada pada lambang negara Pancasila
2. Mengurutkan kata sehingga sesuai dengan bunyi sila ke-4 Pancasila
3. Mengenal nama dan lambang bilangan 40-99
1. Mengidentifikasi benda hidup dan tak hidup, benda-benda yang ada pada lambang negara Pancasila
2. Mengurutkan kata sehingga sesuai dengan bunyi sila ke-4 Pancasila
3. Mengenal nama dan lambang bilangan 40-99
Ayo Berlatih
Apakah kamu sudah dapat membedakan benda hidup dan benda tak hidup?
Mari kita amati gambar benda pada simbol sila-sila Pancasila.
Apakah kamu sudah dapat membedakan benda hidup dan benda tak hidup?
Mari kita amati gambar benda pada simbol sila-sila Pancasila.
Gambar kepala banteng adalah gambar buatan manusia.
Gambar kepala banteng adalah simbol sila ke-4 Pancasila.
Banteng merupakan hewan ciptaan Tuhan.
Banteng termasuk salah satu contoh benda hidup.
Benda hidup dapat bergerak dan membutuhkan makanan.
Tahukah kamu bagaimana cara banteng bergerak?
Tahukah kamu apa makanan yang disukai banteng?
Carilah informasinya dan tuliskan di bawah ini.
....................................................................
Manusia membutuhkan makanan agar dapat tumbuh.
Makanan sehat sangat penting untuk kesehatan.
Daging, buah-buahan, dan sayuran termasuk masakan sehat.
Apa saja buah yang kamu sukai? Apa saja sayuran yang kamu sukai?
Ayo Berlatih
Dayu suka makan buah pisang.
Lani suka makan buah pepaya.
Beni suka makan buah apel.
Mari mencoba menghitung banyaknya buah berikut ini.
0 komentar:
Posting Komentar