Kamis, 10 November 2022

Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1, 2 dan 3

 


Hari/Tanggal        : Kamis, 10 November 2022

Tema                    : 4 ( Keluargaku )

Subtema               : 3 ( Keluarga Besarku )

Pembelajaran        :  1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP.  



Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

Alhmdulillah atas nikmat dan karunia Allah kita bisa jumpa kembali bersama ibu guru dan dapat menjalankan pembelajaran hari ini semoga berjalan lancar dan selalu dalam lindungan Allah swt amin


Keluarga Besarku
Aku memiliki keluarga besar
Ada kakel dan nenek
Ada paman dan bibi       
Aku juga memiliki sepupu
Kakek adalah ayah dari ayah atau ibu kita
Nenek adalah ibu dari ayah atau ibu kita
Paman adalah saudara laki-laki ayah atau ibu kita
Bibi adalah saudara perempuan ayah atau ibu kita
Sepupu adalah anak paman atau bibi  


Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.
2. Peserta didik dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.
3. Peserta didik dapat mengisi tabel daftar keluarga dirumah dengan benar.
4. Peserta didik mampu mengidentifikasi karya dua dimensi,kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar dua dimensi dengan baik.

Materi Pembelajaran:
      1.    Mengenal anggota keluarga besar
2.      Mampu memperkenalkan keluarga besar.
3.      Menggambar

Dengarkan cerita gurumu

            Keluarga Besar Udin
Keluarga Udin sedang berkumpul
Ada ayah dan ibu
Ada kakak dan adik sepupu
Ada kakek dan nenek
Ada pula paman dan bibi
Apakah keluargamu juga suka berkumpul?
Mari berbagi cerita dengan teman dan guru


Ayo Berlatih
Pasangkan gambar di bawah ini dengan nama panggilan keluarga Udin


Ayo Mengamati
Inilah silsilah keluarga besar Udin

Ayo Menulis
Isilah dengan panggilan yang tepat

1.      Ayah dari ayah atau ibu kita dipanggil………….
2.      Ibu dari ayah atau ibu kita dipanggil……………
3.      Adik laki-laki dari ayah atau ibu dipanggil…………..
4.      Anak dari paman atau bibi dipanggil……………..

Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat dengan kata yang tersedia

Kerabat          berkumpul                 hari raya
Kampung       sepupu

            Hari raya di rumah bela
1.      Besok adalah …………………
2.      Tahun ini …………….. berhari raya di rumah bela
3.      Kakek dan nenek sudah datang dari ………………….. 
4.      Besok paman dan bibi serta …………… bela akan datang
5.      Keluarga besar bela selalu ………………. Pada hari raya  


Pembelajarn 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosa kata yang baik dan benar.
2. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.

Materi Pembelajaran: Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga besar


Ayo Mengamati
Amatilah dan dengarkan teks yang dibaca gurumu berikut
           
Keluarga Besar Bela
Keluarga besar bela berkumpul pada hari raya
Ada kakek dan nenek
Ada paman dan bibi
Ada juga sepupu sepupu bela
Semua berkumpul di rumah bela
            Keluarga besar bela rukun
            Semua saling menghormati
            Semua saling menyayangi

Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat berdasarkan teks di atas

1.      Keluarga bela berhari raya di …………………..
2.      Kakek datang dengan …………….
3.      Paman dating dengan …………….
4.      Keluarga besar bela hidup ……………
5.      Semua saling ……………. dan ………………..

Ayo Membaca
Ikutilah guru membaca puisi berikut

            Kakekku
Kakekku suka bercerita
Cerita kakek lucu sekali
Aku tertawa mendengar cerita kakek
            Kakekku baik hati
            Setelah bercerita
            Kakek ajak kami bermain di taman
            Kami senang berada dekat kakek

Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut menjadi kalimat
Mulailah dari huruf yang dicetak tebal

1.      Suka – kakek – bercerita
2.      Kakek – lucu – cerita
3.      Dengan – kakek – kami – di taman – bermain
4.      Senang – kakek – dekat – kami

Ayo Bercerita
Apakah kakek dan nenekmu masih hidup?
Apa pekerjaan kakek dan nenek dahulu
Apa kamu sayang pada kakek dan nenek

Ceritakan
            Kini Kutahu
Kakek dan nenek adalah kerabatku
Paman dan bibi juga kerabatku
Setiap daerah punya panggilan berbeda untuk keluarga dan kerabat

Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
2. Peserta didik dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.

Materi Pembelajaran :
1.      Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2.      Menulis kata perkenalan

Ayo Mengamati 
Berkumpul Bersama Keluarga Besar
Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua
Tapi kakek dan nenek sehat
Udin sangat menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur kepada Tuhan
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi


Ayo Mengamati
Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu berapa panjangnya
Udin mengukur tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda


Ayo Belajar
Kakek menginap di rumah bela
Kakek mau menanam bunga
Kakek suruh hadi mengukur taman
Sambil bermain bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan

Ayo Jawab
1.      Apakah alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
     Bila bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya sama dengan hadi?
3.      Bagaimana bila diukur dengan penggaris?

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design