Hari/Tanggal: Kamis,
26 Maret 2020
Pembelajaran 5
Tujuan
Pembelajaran:
· Dengan
kegiatan menyanyi lagu Bintang Kecil, siswa mampu menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan
kegiatan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan saat
malam hari dengan tepat.
· Dengan
mengukur panjang benda, siswa mampu menentukan panjang benda-benda yang
digunakan untuk peristiwa malam hari dengan satuan tidak baku secara benar.
·
Dengan
mengamati ukuran panjang benda, siswa dapat mengurutkan hasil ukuran panjang
benda dengan istilah kurang dari, lebih dari, atau sama dengan secara benar.
Materi
Pembelajaran:
·
Menyanyikan
lagu “Bintang Kecil” sambil mengenal kosakata peristiwa malam hari
·
Mengenal
nama-nama benda yang dapat digunakan untuk beraktivitas pada malam hari
·
Mengukur
panjang benda yang digunakan untuk beraktivitas pada malam hari menggunakan
alat ukur tidak baku
·
Menentukan
urutan panjang benda-benda tersebut berdasarkan hasil pengukuran
Ayo Mencoba
Malam ini langit
terlihat lebih terang
Siti berkumpul
bersama keluarga di rumah
Siti memandang
langit dari jendela
Bulan sakit
menyinari langit yang gelap
Bintang-bintang bertaburan
di langit
Langit mala mini
terlihat lebih indah
Siti mengajak
ibu bernyanyi lagu “Bintang Kecil”
Bintang Kecil
Ciptaan
Daljono
Bintang kecil di
langit yang biru
Amat banyak
menghias angkasa
Aku ingin
terbang dan menari
Jauh tinggi , Ketempat
kau berada
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berseri di bawah ini!
Ceritakan
gambar-gambar di atas didepan kelas mu
Berceritalah dengan
suara yang jelas.
Ayo
Mencoba
Pembelajaran 6
Tujuan
Pembelajaran:
· Dengan
kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang di
dalamnya terdapat kosakata tentang peristiwa siang dan malam hari dengan tepat.
· Dengan
kegiatan merangkai gambar, siswa mampu menulis cerita tentang peristiwa siang
dan malam berdasarkan gambar dengan benar.
· Dengan
mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang benda
berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.
· Dengan
kegiatan melengkapi huruf pada kata, siswa mampu menuliskan bunyi sila kelima
Pancasila dengan benar.
· Dengan
kegiatan menggambar, siswa mampu menggambar simbol
sila kelima Pancasila dengan tepat.
Materi
Pembelajaran:
·
Membuat
cerita sederhana tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar
·
Membacakan
cerita tentang Peristiwa malam hari di depan kelas
· Mengukur
panjang lapangan menggunakan alat ukur tidak baku kemudian mengurutkan sesuai
urutan
·
Menuliskan
simbol sila kelima Pancasila
·
Menggambar
simbol sila kelima Pancasila
Ayo Mengamati
Bacalah dengan
nyaring
Siang Hari yang Cerah
Hari ini Lani
sangat gembira
Lani bermain
petak umpet bersama teman-teman
Matahari
bersinar cerah
Cuaca cerah
menambah semangat Lani mencari teman
yang bersembunyi
Malam Bertabur Bintang
Malam
ini terlihat cerah
Lani
duduk di serambi rumahnya
Bintang
bertaburan di langit yang gelap
Angin
bertiup pelan dan udara terasa sejuk
Tuliskan perbedaan antara peristiwa siang hari dan
malam hari
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
Ayo Mencoba
Siang ini
matahari bersinar tidak terlalu terik
Angin bertiup
sepoi-sepoi
Udara terasa
sejuk
Lani mengajak
teman-teman bermain di lapangan
Mereka bermain
sambil mengukur panjang lapangan
Masih ingatkah
kalian cara mengukur panjang?
Cara mengukur panjang
dengan satuan tidak baku
Tugas, Kamis 26 Maret 2020
Mengukur panjang Benda menggunakan satuan tidak baku.
Salinlah Tabel di bawah ini ke buku latihan tema nomor 1, untuk nomor 6-8 diisi sesuai kesukaan anak-anak dan urutkan hasil pengukuran dari yang terkecil !
- GOOD LUCK -
Terimakasih bu meline..(alicia putri)
BalasHapusKeren bu rizky
BalasHapus