Bahan Ajar dan
Materi Pembelajaran
Tema 3
Kegiatanku
Subtema 1 Kegiatan
Pagi Hari
Pagi yang cerah
Matahari bersinar terang
Udara terasa hangat
Semua orang bersiap-siap memulai harinya
Ada yang bersiap ke sekolah, ada yang bersiap ke
kantor, ada yang bersiap ke sawah , ada yang bersiap ke pasar.
Banyak sekali kegiatan orang di pagi hari
Semua bersemangat menyambut pagi
Hewan dan tumbuhan pun berseri
Hari/Tanggal: Senin, 9 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyimak
gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf
menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan
tepat
2. Dengan
mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan
pagi hari dengan tepat
3. Dengan mengikuti
petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila pancasila dengan
tepat
4. Dengan menyimak
lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan
tepat
5. Dengan mengikuti
petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau
dengan alat bantu seperti peluit, markas, dan sejenisnya
MATERI
Ayo Membaca
Saat libur Udin membaca buku di rumah
Udin membaca ditemani ayah
Udin membaca kata-kata yang baru dipelajari
Ayah membantu Udin berlatih membaca
Inilah kata-kata yang dibaca Udin
Perhatikan huruf-hurufnya, lalu bacalah!
Bangun tidur
Berdoa sekolah
Matahari mandi
Terbit sarapan
Ayam berkokok
Kata-kata itu berhubungan dengan keadaan dan kegiatan
pagi hari
Sekarang lihatlah kata-kata di bawah ini!
Ada beberapa huruf yang hilang
Tentukan huruf yang tepat pada kata-kata berikut
Contoh: ... y … m = a y
a m
B … n g … n
S a r … p … n
B e r k … k … k
M … t a
h a r …
Hari ini hari senin
Udin sampai di sekolah lebih pagi
Setiap hari Senin ada kegiatan upacara
Saat bel berbunyi Udin dan teman-teman berkumpul di
lapangan
Mereka mengikuti upacara dengan tertib
Kepala sekolah membacakan teks Pancasila
Seluruh siswa mengikutinya
Pancasila adalah dasar Negara kita
Kita harus tahu maksudnya
Supaya dapat mengamalkannya
Ayo Berlatih
Perhatikan bunyi teks Pancasila berikut ini
Pancasila
1 1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Lafalkan bunyi teks Pancasila dengan lantang!
Bacakan di depan teman dan gurumu!
Ayo Berlatih
Susunlah kartu-kartu kata berikut ini!
Susunlah menjadi bunyi teks Pancasila yang benar
1. yang esa ketuhanan maha
2. adil kemanusiaan yang beradab dan
3. indonesia persatuan
4. kerakyatan oleh yang dalam kebijaksanaan dipimpin permusyawaratan perwakilan hikmat
5. adil kemanusiaan yang beradab dan
Sekarang kamu sudah tahu bunyi sila
Pancasila
Pancasila adalah dasar Negara kita
Kita harus mengamalkan Pancasila
Pancasila adalah pemersatuan bangsa
Mengamalkan Pancasila merupakan tanda
syukur
Ayo
Bernyanyi
Pagi hari kita harus semangat
Salah satu caranya adalah bernyanyi
Mari nanyikan lagu berikut
Bangun Tidur
Cipta. Pak Kasur
Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Hari/Tanggal: Selasa, 10 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan
menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan
prosedur gerakan melempar dengan tepat.
2. Melalui
kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerakan melempar dengan tepat.
3. Melalui
tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari
dengan lafal dan ejaan yang tepat.
4. Dengan
menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan
dengan pagi hari dengan tepat.
Materi
Pembelajaran:
1.
Olahraga di pagi hari lewat permainan melempar bola
.
2.
Bermain menyusun huruf menjadi kosa kata tentang
kegiatan pagi hari
MATERI
Minggu pagi beni berolah
raga
Beni berolah raga bersama
ayah dan ibu
Mereka berlari pagi
mengitari taman kota
Setelah berlari pagi Beni
latihan melempar bola
Ayah membantu Beni berlatih
melempar bola
Latihan melempar bola
menguatkan otot tangan
Berikut beberapa contoh melempar
Melempar dengan tangan kanan dan tangan kiri
Melempar bola ke atas, bawah dan depan
Melempar Bola ke Sasaran/Ranjang
Saat
olah raga kita harus tertib
Kita
harus mengikuti aturan latihan
Kita
juga harus bersikap santun saat berlatih
Ayo Berlatih
Pada
pagi haru kita masih segar dan semangat
Pagi
hari waktu yang tepat untuk belajar
Misalnya
belajar membaca
Susunlah
kartu-kartu huruf berikut menjadi kata!
Cocokkan dengan kata-kata berikut
terbit matahari ayam mandi
sarapan sekolah berdoa
tidur berkokok bangun
a m y a ...................... d o b e r a ..................
a d m i n ...................... a n u b g n ..................
d u i t r ...................... h s a l e o k ..................
b e t r i t ...................... a t m a r h i a ..................
a s p a r n a ...................... b o r k k e k o ..................
Hari/Tanggal:
Rabu, 11 September 2019
Pembelajaran
3
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu
mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
2.
Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan
kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
3.
Melalui pengamatan dan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara Garuda
Pancasila
4.
Melalui permainan “Berburu Harta Karun” siswa mampu
menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
Materi
Pembelajaran:
1.
Mendiskusikan simbol yang
sesuai dengan
bunyi sila-sila Pancasila
2.
Membaca pemahaman tentang kosa kata yang
berhubungan dengan pagi hari.
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!
Pagi Hari yang Ceria
Matahari terbit di pagi
hari
Sinarnya hangat sampai ke
bumi
Pohon dan bunga aneka warna
Ayam dan burung bersuka ria
Udara pun sejuk terasa
Mari sambut pagi ceria
Karunia Tuhan yang kuasa
Ayo Berlatih
Pagi hari Lani berolah raga
Lani jalan pagi di sekitar
rumahnya
Sambil jalan pagi Lani
melihat sekeliling
Lani menghitung benda-benda
yang dilihatnya
Coba hitung banyak
benda-benda tersebut
Ayo Mengamati
Senin
pagi anak-anak mengikuti upacara
Kepala
sekolah menjelaskan tentang Pancasila
Sila-sila
Pancasila memiliki simbol
Berikut
ini adalah simbol sila-sila Pancasila
1. Bintang
:
Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Rantai :
Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Pohon
Beringin : Persatuan Indonesia
4. Kepala
Banteng : Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Padi
dan Kapas : Keadilan sosial bagi
seluruh rakyat Indonesia
Pembelajaran
4
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu
mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan tema
2.
Melalui permainan merangkai kata siswa mampu
menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan pagi hari.
3.
Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa
mampu mengidentifikasi panjang pendek bunyi
4.
Melalui bernyanyi siswa mampu memeragakan panjang
pendek bunyi pada sebuah lagu.
Materi Pembelajaran:
1.
Bermain merangkai kata menjadi kalimat
2.
Memeragakan panjang pendek bunyi dengan menggunakan
alat musik tradisional
MATERI
Ayo Berlatih
Setelah berolahraga pagi
Udin mengulang pelajaran
bersama teman
Mereka bermain membuat
kalimat dari satu kata
Kata-katanya tentang pagi
hari
Nah, ayo berlatih membuat
kalimat sambil bermain
Permainannya yaitu
merangkai kata menjadi kalimat
Siswa paling depan memulai
dengan menyebutkan satu kata.
Teman di belakangnya
menambah satu kata
Seterusnya sampai terbentuk
kalimat
Satu kalimat yang benar
akan mendapat nilai 1
Setiap kelompok berlomba
mengumpulkan nilai
Sekarang salinlah kalimat dari kata berikut!
Saya bangun pagi
..........................................................
Sesudah mandi Udin
sarapan
...........................................................
Matahari pagi bersinar
...........................................................
Pagi ini Siti sarapan
nasi goreng
...........................................................
Lani pergi ke sekolah
...........................................................
Pagi hari adalah waktu
yang baik untuk belajar
Rajinlah belajar agar
menjadi anak pintar
Ayo Bernyanyi
Pagi hari Siti pergi ke
sekolah dengan riang
Sebelum berangkat Siti pamit kepada ayah dan
ibu
Sambil berjalan ia bernyanyi
Ia bernyanyi lagu berikut ini
Mari nyanyikan lagu yang dinyanyikan Siti!
Pergi Belajar
Cip. Ibu Sud
O Ibu dan Ayah selamat pagi
Kupergi belajar sampaikan nanti
Selamat belajar Nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman
Hari/Tanggal: Kamis, 12 September 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui
penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang
ada dalam percakapan dengan tepat.
2.
Melalui
kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan permintaan tolong dengan
tepat
Materi Pembelajaran: Percakapan yang
memuat ungkapan permintaan tolong sesuai tema
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini.
Ibu : Siti, bangun Nak, sudah pagi
Siti : Baik Bu, Siti bangun
Ibu : Ayo, segera mandi!
Siti : Baik, Bu!
Ibu : Jangan lupa sikat gigi ya
Siti : Baik, Bu
Oh ya Bu, bisa
minta tolong ambilkan Odolnya?
Ibu : Habis ya?
Siti : Iya, Bu
Ibu : Ini odolnya
Siti : Terimakasih ya, Bu
Ibu : Sikat yang bersih ya giginya
Siti : Baik, Bu.
Perhatikan teks percakapan
di atas!
Pada percakapan itu ada
kalimat permintaan tolong
Sehari-hari kita suka minta
tolong
Baik di rumah, sekolah,
atau di tempat lain
Beri contoh cara meminta
tolong
Lalu buat percakapan
seperti pada contoh
Lakukan percakapan dengan
temanmu
Pagi ini Siti ikut Ibu ke
pasar
Di pasar Siti melihat
sayuran dan buah-buahan
Siti berlatih menghitungnya
Ayo, bantu Siti menghitug
bua-buahan dan sayuran berikut ini!
Hari/Tanggal: Jumat, 13
September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1.
Melalui
penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan
tolong dengan tepat.
2.
Melalui
kegiatan permainan peran siswa mampu mengungkapkan permintaan tolong dengan
tepat
3.
Melalui
diskusi yang dikaitkan dengan kegiatan pagi hari siswa mampu mengidentifikasi
ungkapan permintaan tolong dengan tepat
4.
Melalui
tanya jawab siswa mampu menceritakan pengalaman menunjukkan sikap yang sesuai
dengan sila Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
1.
Sosiodrama kegiatan pagi hari yang didalamnya
terdapat ungkapan permintaan tolong
2.
Menunjukkan
perilaku di rumah yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
MATERI
Ayo Bermain Peran
Pagi hari ibu menyiapkan sarapan
Ayah dan Beni menunggu ibu menyiapkan sarapan
Perhatikan percakapan mereka
Percakapan itu berisi ungkapan permintaan
tolong
Lakukan bermain peran bersama temanmu
Sampaikan ungkapan permintaan tolong
Ayo Berdiskusi
Sikap tolong
menolong adalah contoh perbuatan sesuai Pancasila.
Meminta tolong
hendaknya disampaikan dengan santun
Sikap santun juga
contoh sikap sesuai Pancasila
Kamu masih ingat bunyi sila-sila Pancasila
bukan?
Diskusikan perilaku yang sesuai Pancasila
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas
Ayo Berlatih
Membantu ibu menyiapkan sarapan pagi adalah
contoh perbuatan terpuji
Sambil membantu ibu, kalian bisa belajar berhitung
Hitunglah peralatan makan berikut ini:
0 komentar:
Posting Komentar