Bahan
Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema
2 Kegemaranku
Subtema
2 Gemar Bernyanyi dan Menari
Hari/Tanggal:
Senin, 19 Agustus 2019
Pembelajaran 1
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
menyanyikan lagu Kebunku, siswa dapat mengidentifikasi perasaan senang dengan
tepat
2. Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat berdiskusi kegemaran dalam olahraga dan gemar
berkesenian dengan tepat dan percaya diri
3. Dengan
menirukan gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat
anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri
Materi
Pembelajaran:
1. Menyanyi
bersama teman
2. Mendiskusikan
dan memeragakan gerakan cepat dan gerakan lambat
Ayo Bernyanyi
Guru mengajak
murid murid bernyanyi
Bernyanyi tidak
berteriak
Sikap saat
menyanyi disesuaikan dengan isi lagu
Ada lagu gembira,
Ada lagu sedih
Sikap
menyanyikan tentu berbeda
Kebunku
Ciptaan : pak kasur
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
dan ada yang merah
Setiap hari
kusiram semua
Mawar melati
semuanya indah
Isilah garis berdasarkan lagu di atas
Lihat
Penuh dengan
Ada yang dan ada yang
Setiap hari semua
Mawar melati indah
Ayo Mengamati
Dengarkan cerita gurumu!
Adik suka menari
Adik menari di
depan kaca
Kakak melihat
sambil tersenyum
Kakak menasihati
adik
Latihan membuat
adik pandai menari
Hari/Tanggal:
Selasa, 20 Agustus 2019
Pembelajaran 2
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
membaca teks puisi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan persahabatan dalam
sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui
kegiatan menulis pesan untuk teman, siswa dapat mengekspresikan kembali
ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat
Materi
Pembelajaran: Membaca puisi tentang persahabatan
Simak cerita yang dibacakan gurumu
Dayu dan lani
senang menari
Saat menari,
tubuh diliukkan
Meliukkan tubuh
dapat menjaga kekuatan otot
Dayu dan lani
berlatih menggunakan tongkat kayu
Mereka meliukkan
badan ke kiri dan ke kanan
Ayo Bernyanyi
Agar lebih seru
Kita gerakkan
tubuh sambil bernyanyi
Kita dapat menyanyikan
lagu apa saja
Salah satu
contohnya adalah lagu
Ampar ampar
pisang
Ampar ampar pisang
Lagu daerah Kalimantan selatan
Ampar ampar
pisang
Pisangku belum
masak
Masak sabigi
dihurung bari bari
Masak sabigi
dihurung bari bari
Manggalepok
manggalepok
Patah kayu
bengkok
Bengkok dimakan
api
Apinya
cangcurupan
Bengkok dimakan
api
Apinya
cangcurupan
Ayo Membaca
Bela senang menari
Bela juga bias
membuat puisi
Bela membuat
puisi tentang sahabat
Bacalah puisi yang dibuat bela
Bicara sopan dengan sahabat
Aku punya
sahabat
Aku dan
sahabatku bermain bersama
Saat bicara aku
tidak berteriak
Aku berbicara
dengan kata yang sopan
Aku dan
sahabatku saling menghargai
Hari/Tanggal:
Rabu, 21 Agustus 2019
Pembelajaran 3
Tujuan
Pembelajaran:
1. Melalui
kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying dalam syair
lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Dengan
menceritakan pengalaman bersama adik, siswa mampu mengekspresikan kembali
ungkapan saying dalam syair lagu yang telah didengar dengan tepat
3. Melalui
kegiatan makan siang bersama adik, siswa dapat membantu adik di rumah dan
melakukan sikap-sikap baik terhadap adik yang telah dipelajari dengan tepat
Materi
Pembelajaran:
1. Mengenal
dan menyanyikan Lagu Makan Jangan Bersuara
2. Menjukkan
hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik
Ayo Bernyanyi
Lana selesai
latihan menari
Lana dan kakak
pulang ke rumah
Lana dan kakak
merasa lapar
Kata kakak
sesampai di rumah
Mereka akan
makan
Kakak mengajak
lana bernyanyi sebelum makan
Ikutilah
bernyanyi bersama lana dan kakak
Makan jangan bersuara
Ciptaan pak kasur
Sebelum kita
makan dik
Cuci tanganmu
dulu
Jagalah
kebersihan dik
Untuk
kesehatanmu
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak banyak
makan
Jangan ada sisa
Ayo makan
bersama
Ayo Bercerita
1. Berapa
kali kamu makan dalam sehari
2. Apa
saja jenis makanan yang biasa kamu makan
3. Pernahkah
kamu terlambat makan
4. Apa
yang kamu rasakan saat terlambat makan
5. Bersama
siapa biasanya kamu makan
Nasihat Kakak
Kaka menasihati
lana mengenai aturan makan
Lana
mendengarkan nasihat kakak dengan baik
Berikut nasihat
kakak untuk lana:
·
Makanlah
pada waktu makan yang sama secara teratur
·
Kunyahlah
makanan dengan baik
·
Jangan
makan terlalu kenyang
·
Jangan
makan makanan yang tidak tertutup makanan tersebut mungkin mengandung kuman
penyakit
Pembelajaran 4
Tujuan
Pembelajaran:
1. Dengan
bergerak sesuai dengan syair lagu yang dinyanyikan dengan irama lambat, sedang,
hingga cepat, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam
suatu gerak tarian dengan tepat
2. Dengan
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan syair lagu “Terima Kasihku”, siswa
dapat mengidentifikasi ungkapan saying dalam sebuah syair lagu yang
diperdengarkan dengan tepat
Materi
Pembelajaran:
1. Bernyanyi
dan menari dengan gerakan lamat, sedang dan cepat
2. Mengenal
dan menyanyikan lagu Terima Kasihku
Ayo Bernyanyi
Sambil berdiri
melingkar nyanyikanlah lagu
Lagu itu adalah
lagu gelang sipaku gelang
Lagu gelang
sipaku gelang adalah lagu daerah Sumatra barat
Gelang sipaku gelang
Lagu daerah Sumatra barat
Gelang sipaku
gelang
Gelang sirama
rama
Mari pulang
marilah pulang
Marilah pulang
Bersama sama
Anak-anak
selesai olahraga dan menari
Wajah mereka
berseri, senang sekali
Semua kegiatan
sekolah menyenangkan
Itu semua berkat
guru kesayangan
Siti dan Lani
menyanyikan lagu
Ungkapan kasih
saying untuk ibu dan bapak guru
Ayo menyanyikan lagu bersama-sama
Terima Kasihku
Ciptaan Ibu Sud
Terima kasihku
kuucapkan
Pada guruku yang
tulus
Ilmu yang
berguna selalu dilimpahkan
Untuk bekalku
nanti
Setiap hari ku
dibimbingnya
Agar tumbuhlah
bakatku
Kan kuingat
selalu nasihat guruku
Terima kasihku
guruku
Ayo Menjawab
Jawablah pertanyaan berikut sesuai lagu di atas
1. Apa
judul lagu tersebut
2. Apa
yang dimaksud dengan bekal pada lagu tersebut
3. Kapan
guru membimbing murid muridnya
4. Apa
yang akan selalu diingat pada lirik lagu tersebut
5. Apa
yang seharusnya kamu ucapkan pada guru
Hari/Tanggal:
Kamis, 22 Agustus 2019
Pembelajaran 5
Tujuan
Pembelajaran:
1. Melalui
kegiatan menulis, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui
kegiatan bercerita , siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat
Materi
Pembelajaran: Mengenal dan menyanyikan lagu Kasih Ibu
Ayo Bernyanyi
Nyanyikanlah lagu berikut bersama sama
Kasih Ibu
Ciptaan
nn
Kasih ibu kepada
beta
Tak terhingga
sepanjang masa
Hanya memberi
tak harap kembali
Bagai sang surya
menyinari dunia
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Kepada
siapa lagu di atas dinyanyikan
2. Siapa
yang dimaksud dengan beta
3. Apa
yang dimaksud dengan sang surya
4. Mengapa
kasih ibu dikatakan bagai sang surya
5. Apakah
kamu saying pada ibumu
Ayo Membaca
Ikuti dengan suara nyaring gurumu membaca teks di
bawah
Ka sih ma sih Sa yang ba yang
A dik a kik Ka kak ka tak
I bu i tu sa ling pa ling
Be la jar pe la jar sa lah ka lah
Hari/Tanggal:
Jumat, 23 Agustus 2019
Pembelajaran 6
Tujuan
Pembelajaran:
1. Melalui
kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan saying atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengarkan dengan tepat
dan percaya diri
3. Dengan
berdiskusi, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam
melakukan kegemaran bernyanyi dan menari dengan tepat dan percaya diri.
Materi
Pembelajaran:
1. Mengenal
dan menyanyikan lagu Adik Tersayang
2. Mendiskusikan
hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik
Ayo Membaca
Ikutilah gurumu membaca teks berikut
Kakak yang Baik
Aku punya kakak
Kakak pintar
bermain congklak
Aku diajari
kakak bermain congklak
Kakak sayang
padaku
Aku sering bermain
bersama
Aku banyak
belajar dari kakak
Aku punya kakak
yang baik hati
Terima kasih
kakak mengajakku bermain
Ayo Jawab
Lengkapilah kalimat berikut
Pilih kata yang tersedia dengan benar
Bermain Sayang
Baik Hati Kakak Belajar
1. Pintar bermain congklak
2. Kakak
padaku
3. Aku
sering bersama kakak
4. Aku
banyak dari kakak
5. Aku
punya kakak yang
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Deni memiliki
seorang adik perempuan
Dina nama adik
deni
Pada suatu hari deni
dan dina membeli roti
Deni dan dina
masing masing membeli sebuah roti
Namun roti dina
jatuh dina menangis
Deni sedih
melihat dina menangis
Deni lalu
membagi roti miliknya kepada dina
Dina pun
berhenti menangis
Mereka memakan
roti dengan gembira
Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu berikut ini, nyanyikanlah secara
bersama sama
Adik Tersayang
Ciptaan
frans m
Janganlah
menangis o adik tersayang
Ibu pergi
sebentar pergi belanja ke pasar
Adik dibelikan kue
bolu manis
Buah jeruk segar
Ayolah bermain
kejar kejaran
Pastilah riang
gembira
Metode pembelajaran dengan menyanyi dan menari bersama membuat meningkatkan kepercayaan diri pd anak.terima kasih ibu rizky sudah pro aktif mengirimkan video anak sy
BalasHapusterimakasih kembali :),,
Hapus