Minggu, 30 November 2025

SAS : Kisi- Kisi Bahasa Indonesia

 


Hari/Tanggal        : Senin, 1 Desember 2025

Mata Pelajaran     : Kisi- Kisi  Bahasa Indonesia 

Alat Peraga           : Soal Sumatif Akhir Semester                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai SAS Semester Ganjil semoga mendapatkan hasil yang terbaik aamiin, sebelumnya jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu yaa... 

Jadwal SAS SENIN : Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Indonesia



Berikut Kisi-kisi Bahasa Indonesia: 
1. Menyebutkan 5 Panca indra ( memahami fungsi mata, telinga, hidung, lidah dan kulit)
2. Menyebutkan dan melengkapi Huruf vokal & konsonan
3. Melengkapi Suku kata dari; ha,hi,hu,he,ho , Ca, ci, cu, ce, co , Ka, ki, ku,ke, ko 
4. Memahami dan menentukan cara hewan bergerak dengan benar. ( Contoh; burung bergerak dengan cara terbang, kelinci dengan cara terbang dll)
5. Memahami dan menentukan huruf kapital  dengan benar, (penggunaan huruf kapital pada nama, awal kalimat dll)
6. Menemukan informasi dalam teks bacaan terkait merawat anggota tubuh agar tetep sehat, bugar bebas dari kuman dan penyakit. 
7. Menentukan contoh kegiatan yang disajikan dalam bentuk gambar pada teks cerita (contohnya kegiatan membantu orang tua, dll)
8. Memahami isi cerita dari teks bacaan yang disajikan (menentukan tokoh pada cerita)
9. Memahami arti Tanda baca tanya & tanda seru 
10. Membedakan kalimat tanya dan kalimat seru 

Contoh soal !

1. Kucing bergerak dengan cara…

a. Terbang
b. Berjalan dan berlari
c. Melompat dengan dua kaki

2. Ikan dapat bergerak dengan cara…
a. Berenang
b. Terbang di udara
c. Merangkak

3. Bagian tubuh yang digunakan untuk mencium bau adalah …
a. mulut
b. hidung
c. kaki

4. Kita menggunakan tangan untuk …
a. berlari
b. menggambar
c. melihat

Bacalah cerita berikut!

“Di taman sekolah, Beni dan Sisi sedang menyiram bunga. Mereka bekerja sama agar bunga tetap tumbuh subur. Bu Guru tersenyum melihat mereka rajin merawat tanaman.”

5. Siapa saja tokoh pada cerita di atas?

a. Beni, Sisi, dan Bu Guru
b. Beni, Sisi, dan kucing
c. Sisi, Bu Guru, dan Ayah

6. Tokoh yang menyiram bunga adalah …
a. Bu Guru
b. Beni dan Sisi
c. Beni dan Ayah

7. Siapa yang tersenyum melihat Beni dan Sisi?
a. Ibu
b. Bu Guru
c. Beni

(Kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana)

  1. ___ nama temanmu di kelas?

  2. ___ kamu tinggal?

  3. ___ warna kesukaanmu?

  4. ___ kamu pergi ke sekolah?

  5. ___ kamu lahir?

Kamis, 27 November 2025

Pendidikan Anti Korupsi

   

Hari/Tanggal        : Jumat, 28 November 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan  Anti Korupsi "Kerja Keras"

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Anti Korupsi. 

🧩 Ringkasan Materi Pendidikan Anti Korupsi

Tema: Kerja Keras

1. Pengertian Kerja Keras

Kerja keras artinya berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.
Orang yang kerja keras tidak mudah menyerah walaupun tugasnya sulit.

👉 Nilai kerja keras membantu kita tidak melakukan hal curang atau mengambil jalan pintas seperti menyontek, berbohong, atau meminta hasil kerja orang lain.

2. Ciri-ciri Orang yang Bekerja Keras

  • Rajin dan tidak malas.

  • Mengerjakan tugas sampai selesai.

  • Tidak mudah menyerah saat menemui kesulitan.

  • Berusaha sendiri sebelum meminta bantuan.

  • Bangga dengan hasil usaha sendiri.

3. Manfaat Kerja Keras

  • Hasil pekerjaan menjadi lebih baik.

  • Membuat kita mandiri dan percaya diri.

  • Disukai teman dan guru karena tekun.

  • Menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab.


4. Contoh Sikap Kerja Keras di Sekolah

SituasiContoh Perilaku
Saat belajarBelajar membaca dan menulis walau masih sulit, tidak menyerah
Saat mengerjakan tugasMenyelesaikan tugas sendiri tanpa menyontek
Saat lombaBerlatih terus agar bisa tampil baik
Saat membantu orang tuaMembantu menyapu atau merapikan kamar tanpa disuruh
Saat gagalMencoba lagi sampai bisa, bukan marah atau putus asa

5. Pesan Moral

“Kerja keras membuat kita menjadi anak yang jujur, tangguh, dan tidak korupsi.
Orang yang kerja keras akan berhasil dengan cara yang baik.”

Berikut Video Pembelajaran :



Rabu, 26 November 2025

Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

  

Hari/Tanggal        : Kamis, 27 November 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia. 

Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, mengenal para perumusan pancasila. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Murid dapat menjelaskan makna simbol dan sila

Tujuan Pembelajaran (TP):

Menjelaskan hubungan simbol dan sila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

Materi Pendidikan Pancasila


Burung Garuda Pancasila, sebagai lambang negara Indonesia, memiliki makna yang mendalam di setiap detailnya. Salah satu simbolisme yang menarik adalah jumlah bulu pada tubuh burung garuda. Setiap jumlah bulu tersebut ternyata memiliki korelasi langsung dengan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Rincian Jumlah Bulu dan Maknanya:

  • 17 helai bulu sayap kanan dan kiri: Melambangkan tanggal 17 Agustus, hari di mana Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.
  • 45 helai bulu leher: Merujuk pada tahun kemerdekaan, yakni 1945.
  • 19 helai bulu pangkal ekor: Juga melambangkan tahun kemerdekaan, 1945.
  • 8 helai bulu ekor: Menunjukkan bulan Agustus, bulan kedelapan dalam setahun ketika kemerdekaan Indonesia diraih.

Tentu, berikut rangkuman materi tentang hubungan jumlah bulu pada burung Garuda Pancasila dengan tanggal kemerdekaan Indonesia:

Hubungan Jumlah Bulu Garuda Pancasila dengan Tanggal Kemerdekaan

Burung Garuda Pancasila, sebagai lambang negara Indonesia, memiliki makna yang mendalam di setiap detailnya. Salah satu simbolisme yang menarik adalah jumlah bulu pada tubuh burung garuda. Setiap jumlah bulu tersebut ternyata memiliki korelasi langsung dengan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Rincian Jumlah Bulu dan Maknanya:

  • 17 helai bulu sayap kanan dan kiri: Melambangkan tanggal 17 Agustus, hari di mana Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.
  • 45 helai bulu leher: Merujuk pada tahun kemerdekaan, yakni 1945.
  • 19 helai bulu pangkal ekor: Juga melambangkan tahun kemerdekaan, 1945.
  • 8 helai bulu ekor: Menunjukkan bulan Agustus, bulan kedelapan dalam setahun ketika kemerdekaan Indonesia diraih.

Pemilihan jumlah bulu dengan makna yang begitu spesifik ini bertujuan untuk:

  • Mengabadikan momen bersejarah: Dengan menyisipkan tanggal kemerdekaan dalam detail lambang negara, maka peristiwa penting tersebut akan selalu diingat oleh generasi penerus.
  • Menghubungkan lambang negara dengan sejarah bangsa: Burung Garuda Pancasila tidak hanya menjadi simbol negara, tetapi juga menjadi representasi perjuangan dan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia.
  • Memperkuat nilai-nilai nasionalisme: Simbolisme yang begitu kuat ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada seluruh warga negara Indonesia.

TUGAS PENDIDIKAN PANCASILA
Mengingat kembali materi Simbol dan Bunyi Pancasila serta Jumlah bulu pada Burung Garuda dengan mengirimkan video ananda sedang menghafalkan : 
1. Simbol dan Bunyi Pancasila 
2. Jumlah bulu pada Burung Garuda

Capaian Pembelajaran (CP): SENI RUPA

Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Murid dapat mengenali unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.   


Tujuan Pembelajaran (TP): 

Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.


Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!

Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.

Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat: 



Latihan Soal!
1. Garis yang lurus dari atas ke bawah disebut garis _______.

2. Manakah yang termasuk garis lengkung?
a. │
b. ~~
c. ───

3. Gambar berikut termasuk garis apa?
////

4. Lingkari garis yang berbentuk zig-zag:
a. ~~~~~
b. ▲▲▲▲
c. Z Z Z Z

5. Sebutkan dua contoh garis yang kamu ketahui!


Bahasa Indonesia dan Matematika

   

Hari/Tanggal        : Rabu, 26 November 2025

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia dan Matematika 

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Matematika dan Bahasa Indonesia. 

Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif dan puisi anak. Murid mampu memaknai kosakata baru dan atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):     

Murid dapat Membaca kata-kata yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat untuk membangun kelancaran membaca.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Membaca dan menuliskan kosa kata dari la, li, lu, le, lo

Materi Bahasa Indonesia


Apa itu suku kata? Suku kata adalah unit bunyi terkecil dari sebuah kata yang diucapkan dalam satu hembusan napas. Contoh: "gembira" terdiri dari tiga suku kata: gem-bi-ra.
Pola suku kata: Suku kata dibentuk dari perpaduan konsonan dan vokal (misalnya "la", "li") atau hanya vokal saja. 


LKPD 




Capaian Pembelajaran (CP): MATEMATIKA
Murid dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 
Murid dapat memberi contoh kalimat matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret

Tujuan Pembelajaran (TP):
Memberi contoh kalimat matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10 menggunakan gambar atau benda konkret

Materi Matematika :



Setelah melihat video pembelajaran  bu guru bertanya :
     Ada berapa jumlah semua buah? Bagaimana cara menulis kalimat matematika nya?

4 + 5 = 9


Contoh Soal :
Fatih memiliki 8 kelereng lalu Fatih memberikan 2 kelereng kepada Nabil. Berapa kelereng Fatih sekarang? 

·     Bagaimana cara kita menuliskan ini dalam kalimat matematika?


Senin, 24 November 2025

Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

 

Hari/Tanggal        : Senin, 24 November 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia. 

Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):     

Murid dapat mengenal hak dan kewajiban bagi anak di sekolah

Tujuan Pembelajaran (TP):

Mengenal hak dan kewajiban bagi anak di sekolah

Materi Pendidikan Pancasila

Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa, 


Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

Hak di sekolah

  1. Mendapatkan pelajaran: Berhak menerima ilmu dan pengajaran dari guru. 
  2. Menggunakan fasilitas sekolah: Berhak menggunakan sarana sekolah seperti perpustakaan atau ruang kelas untuk kegiatan belajar. 
  3. Mendapat perlakuan adil: Berhak diperlakukan secara adil oleh guru dan teman tanpa membedakan latar belakang. 
  4. Bertanya dan berpendapat: Berhak untuk bertanya saat tidak paham dan menyampaikan pendapatnya. 
  5. Bermain: Berhak untuk bermain dan bergaul dengan teman-teman selama di sekolah. 
  6. Merasa aman: Berhak merasa aman dan terlindungi dari kekerasan atau perundungan. 

Kewajiban di sekolah

  1. Menghormati guru dan teman: Wajib menghormati guru, kepala sekolah, dan saling menghargai antar teman. 
  2. Menjaga kebersihan dan ketertiban: Wajib menjaga kebersihannya, seperti membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga ketertiban kelas. 
  3. Mengikuti peraturan sekolah: Wajib mematuhi seluruh aturan sekolah, termasuk datang tepat waktu dan memakai seragam sesuai jadwal. 
  4. Mengikuti pelajaran: Wajib mengikuti semua pelajaran dan tidak meninggalkan kelas tanpa izin. 
  5. Melengkapi keperluan sekolah: Wajib membawa perlengkapan sekolah yang dibutuhkan setiap hari. 
  6. Menjaga nama baik sekolah: Wajib menjaga nama baik sekolah di mana pun berada. 
  7. Memelihara fasilitas sekolah: Wajib ikut menjaga dan merawat barang-barang milik sekolah dengan baik. 

Materi Bahasa Indonesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^



Menyimak cerita adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan kegiatan menyimak cerita, kita dapat meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, dan pengetahuan.

Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?

  • Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
  • Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
  • Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
  • Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?


Latihan:



Kamis, 20 November 2025

Pendidikan Anti Korupsi "Kerja Keras"

  

Hari/Tanggal        : Jumat, 21 November 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Anti Korupsi "Kerja Keras"

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Anti Korupsi. 

🧩 Ringkasan Materi Pendidikan Anti Korupsi

Tema: Kerja Keras

1. Pengertian Kerja Keras

Kerja keras artinya berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.
Orang yang kerja keras tidak mudah menyerah walaupun tugasnya sulit.

👉 Nilai kerja keras membantu kita tidak melakukan hal curang atau mengambil jalan pintas seperti menyontek, berbohong, atau meminta hasil kerja orang lain.

2. Ciri-ciri Orang yang Bekerja Keras

  • Rajin dan tidak malas.

  • Mengerjakan tugas sampai selesai.

  • Tidak mudah menyerah saat menemui kesulitan.

  • Berusaha sendiri sebelum meminta bantuan.

  • Bangga dengan hasil usaha sendiri.

3. Manfaat Kerja Keras

  • Hasil pekerjaan menjadi lebih baik.

  • Membuat kita mandiri dan percaya diri.

  • Disukai teman dan guru karena tekun.

  • Menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab.


4. Contoh Sikap Kerja Keras di Sekolah

SituasiContoh Perilaku
Saat belajarBelajar membaca dan menulis walau masih sulit, tidak menyerah
Saat mengerjakan tugasMenyelesaikan tugas sendiri tanpa menyontek
Saat lombaBerlatih terus agar bisa tampil baik
Saat membantu orang tuaMembantu menyapu atau merapikan kamar tanpa disuruh
Saat gagalMencoba lagi sampai bisa, bukan marah atau putus asa

5. Pesan Moral

“Kerja keras membuat kita menjadi anak yang jujur, tangguh, dan tidak korupsi.
Orang yang kerja keras akan berhasil dengan cara yang baik.”

Berikut Video Pembelajaran :



Rabu, 19 November 2025

Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

  

Hari/Tanggal        : Kamis, 20 November 2025

Mata Pelajaran     : Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

Alat Peraga           : Video Pembelajaran, Gambar

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab                                                 

Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍
Haii anak-anak bu guru yang solih soliha, alhamdulillah hari ini kita akan memulai pembelajaran dengan materi Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa. 

Capaian Pembelajaran (CP):

Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):     

Murid dapat mengenal hak dan kewajiban bagi anak di sekolah

Tujuan Pembelajaran (TP):

Mengenal hak dan kewajiban bagi anak di sekolah

Materi Pendidikan Pancasila

Marilah kita simak video pembelajaran berikut ini yaa, 


Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

Hak di sekolah

  1. Mendapatkan pelajaran: Berhak menerima ilmu dan pengajaran dari guru. 
  2. Menggunakan fasilitas sekolah: Berhak menggunakan sarana sekolah seperti perpustakaan atau ruang kelas untuk kegiatan belajar. 
  3. Mendapat perlakuan adil: Berhak diperlakukan secara adil oleh guru dan teman tanpa membedakan latar belakang. 
  4. Bertanya dan berpendapat: Berhak untuk bertanya saat tidak paham dan menyampaikan pendapatnya. 
  5. Bermain: Berhak untuk bermain dan bergaul dengan teman-teman selama di sekolah. 
  6. Merasa aman: Berhak merasa aman dan terlindungi dari kekerasan atau perundungan. 

Kewajiban di sekolah

  1. Menghormati guru dan teman: Wajib menghormati guru, kepala sekolah, dan saling menghargai antar teman. 
  2. Menjaga kebersihan dan ketertiban: Wajib menjaga kebersihannya, seperti membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga ketertiban kelas. 
  3. Mengikuti peraturan sekolah: Wajib mematuhi seluruh aturan sekolah, termasuk datang tepat waktu dan memakai seragam sesuai jadwal. 
  4. Mengikuti pelajaran: Wajib mengikuti semua pelajaran dan tidak meninggalkan kelas tanpa izin. 
  5. Melengkapi keperluan sekolah: Wajib membawa perlengkapan sekolah yang dibutuhkan setiap hari. 
  6. Menjaga nama baik sekolah: Wajib menjaga nama baik sekolah di mana pun berada. 
  7. Memelihara fasilitas sekolah: Wajib ikut menjaga dan merawat barang-barang milik sekolah dengan baik. 
Latihan Soal!
1. Kita berhak mendapatkan udara yang bersih. Agar udara tetap bersih, kita harus …
a. membakar sampah
b. menanam pohon
c. membuang sampah sembarangan

2. Di sekolah, kita berhak belajar dengan nyaman. Kewajiban kita agar kelas tetap nyaman adalah …
a. bermain saat guru menjelaskan
b. menjaga kebersihan kelas
c. berteriak di dalam kelas

3. Ketika bermain ayunan di taman, hak kita adalah …
a. menggunakan ayunan dengan tertib
b. memonopoli ayunan sepanjang hari
c. mendorong teman agar cepat dapat giliran

4. Hak kita di rumah adalah makan makanan sehat. Kewajiban kita adalah …
a. membuang makanan
b. membantu merapikan meja makan
c. mengotori dapur

5. Kita berhak menggunakan buku milik sekolah. Kewajiban kita terhadap buku adalah …
a. mencoret-coret buku
b. merawat dan menyimpannya dengan baik
c. merobek halaman buku


Capaian Pembelajaran (CP): SENI RUPA

Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Murid dapat mengenali unsur rupa: garis, bidang dan warna dalam lingkungan sekitar.   


Tujuan Pembelajaran (TP): 

Memahami unsur rupa (bidang) di lingkungan sekitarnya.


Mari kita lihat video pembelajaran berikut ini!

Setelah mempelajari tentang gari anak anak akan mempelajari unsur seni rupa bidang.
Apa itu bidang?
Bidang adalah unsur seni rupa yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki ketebalan. Bidang bisa terlihat datar dan biasanya terbentuk dari garis-garis yang saling bertemu.

Berikut adalah beberapa contoh bidang yang sering kita lihat: 



Latihan Soal!
1. Garis yang lurus dari atas ke bawah disebut garis _______.

2. Manakah yang termasuk garis lengkung?
a. │
b. ~~
c. ───

3. Gambar berikut termasuk garis apa?
////

4. Lingkari garis yang berbentuk zig-zag:
a. ~~~~~
b. ▲▲▲▲
c. Z Z Z Z

5. Sebutkan dua contoh garis yang kamu ketahui!


Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design