Jumat, 29 September 2023

P5 Membuat Laporan Hasil Observasi

 


Hari/Tanggal        : Jum'at, 29 September 2023

Mata Pelajaran     : P5 Membuat Laporan Hasil Observasi 

Alat Peraga           : Gambar dan Video




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN "INOVASI OLAHAN PISANG" 

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”



Membuat Laporan Hasil Observasi Kunjungan Ke Home Industry

Lembar Kerja Peserta Didik (Kelompok)

 

Nama Anggota            :

Kelas               :

Hari/Tanggal   :

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Produk olahan apa saja yang terdapat pada home industry tersebut?

 

2.

Bagaimana proses pembuatannya?

 

3.

Bagaimana proses pemasarannya?

 

4.

Apakah home industry tersebut membawa dampak positif untuk Provinsi Lampung? Jelaskan alasannya!

 

5.

Bagaimana usaha yang akan kalian lakukan untuk memperkenalkan makanan khas dari daerah Lampung kepada Masyarakat luar daerah? 

 

 

Rabu, 27 September 2023

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

  


Hari/Tanggal        : Rabu, 27 September 2023

Mata Pelajaran     : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 

Alat Peraga           : Gambar dan Video




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍



Assalamu'alaikum wr wb 

Diberitahukan kepada Wali murid kelas 4C bahwa besok Rabu, 27 September 2023 akan dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, untuk itu diinformasikan hal-hal sebagai berikut :

1. Seluruh siswa-siswi memakai baju Muslim
2. Kehadiran
Kelas 1-4 pukul 07.00-10.00
Kelas 5-6 pukul 07.00-11.00
3. Siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler Drumband dimulai pukul 13.00-15.00
4. Mengumpulkan infaq terbaiknya
5. Kegiatan Bimbel LIA berjalan sesuai jadwal yang sudah dilaksanakan
6. Membawa bekal makan dan minum 

Baiklah itu saja informasi yang dapat ibu guru sampaikan. 
Terimakasih atas kerjasamanya 🙏🏻🥰



Kegiatan Dokumentasi : 

Selasa, 26 September 2023

P5 Kunjungan Ke Home Industry

  


Hari/Tanggal        : Selasa, 26 September 2023

Mata Pelajaran     : P5 Kunjungan Ke Home Industry

Alat Peraga           : Gambar dan Video




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN "INOVASI OLAHAN PISANG" 

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”



Kegiatan Awal

1. Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok (1 kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik)

2. Pendidik membagikan lembar pengamatan observasi.

3. Menyiapkan peserta didik berangkat ke home industry

Kegiatan Inti

1. Peserta didik menyiapkan segala keperluan untuk melakukan pengamatan langsung dan mencatat informasi atau temuan pada kegiatan observasi (Tugas Kelompok)

a.) Menganilis berbagai informasi mengenai produk olahan buah Pisang.

b.) Alur pemasaran produk olahan buah Pisang yang ada di home industry tersebut.

c.) Menuliskan beberapa kendala dalam pemasaran produk olahan buah Pisang.

2. Setelah kembali ke sekolah, peserta didik melanjutkan tugas diskusi bersama teman kelompoknya mengenasi hasil pengamatan pada kegiatan observasi.

3. Bersama dengan kelompoknya peserta didik mengumpulkan data yang telah diperoleh sebagai bahan presentasi pada pertemuan selanjutnya (LKPD terlampir).

Penutup

1. Pendidik memberikan kesimpulan hasil observasi.

2. Pendidik menjelaskan alur presentasi keesokan hari


Senin, 25 September 2023

P5 Hasil Pertanian Olahan dari Pisang

  


Hari/Tanggal        : Senin, 25 September 2023

Mata Pelajaran     : P5 Hasil Pertanian Olahan dari Pisang 

Alat Peraga           : Gambar dan Video




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA




TEMA P5 : KEWIRAUSAHAAN "INOVASI OLAHAN PISANG" 

TUJUAN P5 :
Peserta didik mampu mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan, berkomunikasi dengan kelompok untuk mencapai tujuan bersama serta menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok.

TARGET P5 :
Proyek ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis dan Gotong Royong.

DIMENSI P5 :
1. Bernalar Kritis
2. Gotong Royong
3. Kreatif 

Materi Ajar “Inovasi Olahan Pisang”


Simak video berbagai macam olahan hasil Pertanian Pisang






1.      Peserta didik mengerjakan tugas di lembar kerja peserta didik yang telah diberikan.

a.) Apakah kalian sudah pernah mencoba salah satu produk olahan buah pisang yang ada pada gambar dan video?

b.) Apakah produk olahan tersebut mudah didapat di pasaran?

c.) Apakah produk olahan buah Pisang banyak diminati masyarakat? Mengapa demikian? Berikan alasannya!


Jumat, 22 September 2023

Matematika Menentukan Besaran Sudut

 


Hari/Tanggal        : Jum'at, 22 September 2023

Mata Pelajaran     : Matematika

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat mengetahui cara menggunakan busur derajat dan dapat menentukan besaran sudut. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik memahami penggunaan busur untuk menentukan besaran pada suatu sudut. 


MATERI MATEMATIKA :

Mengukur Besaran Sudut 



Cara mengukur sudut menggunakan busur derajat, kita bisa meletakkan busur derajat di atas gambar sudut. Letakkan titik pusat busur derajat di titik sudut pada gambar sudut yang diukur. Misalnya, kalau kita ingin mengukur sudut pada gambar pertama, maka titik pusat busur derajat diletakkan di titik B.

Posisikan busur pada salah satu kaki sudut, sehingga saling berimpit di kaki sudut 0°. Geser busur hingga berada tepat di titik pusat pada busur. Perhatikan kaki sudut lainnya, angka pada busur yang berimpitan dengan garis tersebut menunjukkan ukuran sudut.

Simak video pembelajaran berikut untuk mengetahui cara menentukan besaran sudut. 




Kamis, 21 September 2023

Matematika dan Bahasa Indonesia

  


Hari/Tanggal        : Kamis, 21 September 2023

Mata Pelajaran     : Matematika dan Bahasa Indonesia  

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA  : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat menemukan cara untuk membandingkan ukuran sudut sebagai bukaan sisinya.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik menemukan cara untuk membandingkan ukuran sudut sebagai bukaan sisinya.


MATERI MATEMATIKA :

Sudut

Ukuran ruang terbuka di antara dua garis yang membentuk sebuah sudut disebut ukuran 
sudut. 
Ukuran sudut ditentukan oleh banyaknya ruang di antara garis dan bukan panjang sudutnya.


ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
B. INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. 

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Peserta didik dapat menceritakan dalam bentuk teks deskripsi, pengalaman rute/ perjalanan dari rumah ke sekolah dengan benar. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menceritakan denah lokasi Rute/perjalanan rumah ke sekolah dengan bentuk cerita yang tepat dan benar. 


Materi Bahasa Indonesia 

Pengalaman Bepergian

Tuliskan pengalaman kalian pergi ke suatu tempat di buku tulis.
Kalian boleh menceritakan perjalanan dari rumah ke sekolah atau menceritakan pengalaman saat kalian bepergian ke kota lain atau ke suatu tempat yang berkesan.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat kalian jadikan panduan.
Kendaraan apa yang kalian naiki untuk menuju ke sana? Apa yang kalian lakukan saat di dalam perjalanan? Apa saja hal menarik yang kalian temui? Hal apa saja yang tidak kalian sukai di dalam perjalanan?
Gunakan kata-kata kerja berawalan ‘ber-’ dalam tulisan kalian. Jangan lupa perhatikan pemakaian tanda baca dan huruf kapital, ya!

Mengamati 

Amatilah denah berikut ini bersama-sama!
Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y. Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lainlainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda.
Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?

Rabu, 20 September 2023

IPAS dan Seni Tari

 


Hari/Tanggal        : Rabu, 20 September 2023

Mata Pelajaran     : IPAS dan Seni Tari 

Alat Peraga           : Gambar dan PPT




Tabik Pun 🙏 

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Pemahaman Sains

Peserta didik memahami dan melakukan percobaan proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) : 

1. Peserta didik dapat melakukan percobaan perubahan wujud benda yang terjadi.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1.1  Peserta didik melakukan percobaan perubahan wujud benda cair dan membeku.
1.2  Peserta didik melakukan percobaan perubahan wujud benda menguap dan mengembun.
1.3  Peserta didik melakukan percobaan perubahan wujud benda menyublim dan terdeposisi. 


MATERI IPAS 


Berikut video percobaan perubahan wujud benda 




ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN : 
SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) : 
1. Peserta didik mampu mengembangkan ide melalui unsur pendukung tari yaitu musik, properti, kostum, tata panggung, tata rias, tata busana.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik mengembangkan ide melalui unsur pendukung tari yaitu musik, properti, kostum, tata panggung, tata rias, tata busana.

MATERI SENI TARI 

Gerakan Tari Bungong Jeumpa

Tari Bungong Jeumpa

youtube.com

Saat penari akan menampilkan tarian bungong jeumpa, maka terdapat sebuah ragam dan rangkaian gerakan yang dilakukan secara bersama-sama. Dalam tarian ini, terdapat dua posisi untuk penari menarikan tari bungong jeumpa. Posisi tersebut adalah posisi duduk dan posisi berdiri.

Tarian bungong jeumpa memiliki beberapa pola gerakan. Setiap pola dan gerakan tersebut, selalu tersimpan arti dan makna khusus yang mendalam. Hal ini selaras dengan fungsi tarian bungong jeumpa sebagai cerminan untuk masyarakat yang melihatnya. Simak beberapa ragam pola dan gerak tari bungong jeumpa di bawah ini.

1. Gerak pancat

Gerak pancat adalah gerakan pertama dalam tari bungong jeumpa. Gerakan ini berupa gerakan awal untuk menyiapkan tubuh. Untuk memulai tarian, para penari harus berdiri dengan tegak seraya mempersiapkan tubuhnya.

Setiap penari juga diharuskan untuk menautkan kedua telapak tangannya di depan dada. Gerakan ini dilakukan seperti seseorang yang sedang bertapa. Bedanya, dalam tari bungong jeumpa gerakan ini dilakukan dalam posisi berdiri.

Dalam posisi ini, penari kemudian akan berjalan ke kanan dan ke kiri serta maju dan mundur sambil mengikuti irama musik sesuai temponya. Selain itu, para penari pun harus memperhatikan ekspresi wajahnya.

Jadi dalam gerak pancat ini, tidak hanya gerakan tubuh saja yang dilakukan oleh penari. Tetapi juga mimik atau ekspresi wajahnya bermain. Penari harus melakukan gerakan betapa dalam posisi berdiri ini dalam ketukan atau hitungan sampai 8 sebanyak 2 kali.

2. Gerak mandhak

Setelah gerak pancat selesai, penari akan melakukan gerak mandhak. Gerakan ini adalah gerakan di mana tangan kanan sang penari yang berdiri, sedangkan tangan kirinya memegang siku lengan sebelah kanan.

Gerakan ini dilakukan para penari secara bergantian dan berkebalikan. Oleh karena itu, terkadang tangan kiri penari berdiri dan tangan kanannya memegang siku sebelah kiri. Begitu seterusnya.

Setelah gerakan tersebut selesai, maka jari tangan penari akan digerakkan seperti sedang memetik senar gitar. Posisi tubuh penari pun ketika melakukan gerakan mandhak (patrap) ini harus bergeser ke kiri sebanyak 2 kali dan bergeser ke kanan sebanyak 2 kali juga.

Gerak mandhak ini dilakukan sampai hitungan 8 dan dilakukan sebanyak 4 kali pengulangan.

3. Gerak Ngrayung

Gerak tari bungong jeumpa yang selanjutnya adalah gerak ngrayung. Gerak ini adalah gerak jari tangan penari yang harus mengacungkan ibu jarinya agar menempel ke depan dan 4 jari yang lainnya dirapatkan.

Setelah itu, para penari harus menghadapkan kedua telapak tangannya ke arah atas dan ke bawah. Penari juga melakukan gerak ngrayung ini 2 kali ke kanan dan 2 kali ke kiri. Gerakan ini juga dilakukan sampai hitungan 8 dan diulang sebanyak 4 kali.

4. Gerak lutut

Pada gerakan ini, penari harus membentuk lingkaran yang seperti bulan dengan menggunakan kedua tangannya. Setelah itu, penari juga harus melakukan gerak kaki berupa jalan di tempat.

Gerakan ini cukup unik karena ketika penari melakukan gerak jalan di tempat, mereka harus menjaga kestabilan lututnya. Seperti gerakan lain, gerakan ini juga dilakukan sampai hitungan 8 dan dilakukan sebanyak 4 kali.

5. Gerak wirasa

Nama pola gerak yang selanjutnya adalah gerak wirasa. Gerakan ini dilakukan dengan cara para penari yang meletakkan kedua tangannya di bahu. Kemudian, penari juga harus bergerak berjalan ke depan dengan gerakan turun yang dilakukan secara perlahan.

Gerakan ini dinamakan gerak wirasa adalah karena penari harus memberikan rasanya saat penari. Mereka juga harus menuangkan rasa di antara gerakan dan alunan lagu bungong jeumpa sebagai pengiringnya.

6. Gerak pandeleng

Gerak pandeleng adalah sebuah gerakan yang mengharuskan penarinya untuk memegang bahu kanan menggunakan tangan kirinya. Sedangkan tangan kanannya memegang pinggang. Kemudian, para penari pun akan melakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang-ulang.

Saat gerakan ini dilakukan, selain tubuh dan tangannya yang bergerak, para penari juga harus mengatur dan memainkan sorot mata serta gerakan kepalanya. Gerakan ini menjadi cukup sulit karena penari harus melakukan sinkronisasi yang pas antara gerakan kaki, tangan, kepala, dan sorot atau tatapan matanya.

7. Gerak solah

Pada gerakan solah, para penari harus menempelkan kedua tangannya ke depan, kemudian ke atas kepala, dan juga ke dada. Untuk melakukan gerakan yang satu ini, para penari perlu memiliki kemampuan atau pengetahuan tentang musik yang menjadi pengiringnya.

Kemampuan atau pengetahuan akan musik pengiring ini diperlukan agar penari paham dan tahu kapan gerakan ini harus di mulai. Hal ini disebabkan karena seluruh penari harus kompak ketika melakukan gerakannya bersama-sama. Gerak solah dilakukan sampai hitungan 8 dan dilakukan berulang sebanyak 4 kali.

8. Gerak penutup

Gerak penutup adalah gerakan terakhir dalam rangkaian gerak tari bungong jeumpa. Gerak ini dilakukan ketika penari sudah hendak mengakhiri pertunjukan panggung.

Sebenarnya, gerakan ini hampir sama dengan gerakan pertama saat pembukaan, yaitu gerakan di saat penari bergaya seperti orang yang sedang bertapa, tetapi dalam posisi berdiri.

Gerakan ini jugalah yang menjadi akhir dari pementasan tarian bungong jeumpa. Gerak penutup ini memiliki arti sebagai ucapan terima kasih kepada para penonton yang sudah bersedia menyaksikan pertunjukan tari bungong jeumpa.

Pola Lantai Tari Bungong Jeumpa

Tari Bungong Jeumpa

99.co

Jika tadi sudah membahas tentang ragam gerak dari tari bungong jeumpa, kali ini kita akan membahas tentang bentuk pola lantai tarian khas Aceh ini. Karena, tidak hanya gerak saja, tetapi pola lantai atau posisi penari juga diatur secara khusus oleh kesenian tradisional Aceh ini. Adapun pola lantai tarian bungong jeumpa adalah:

1. Pola lantai bentuk horizontal

Pada bentuk pola lantai horizontal, para penari harus bergerak membuat sebuah garis horizontal dengan memindahkan langkah kakinya ke arah kanan atau ke arah kiri.

2. Pola lantai bentuk vertikal

Berbanding terbalik dengan pola lantai horizontal, pola lantai vertikal mengharuskan penari bergerak dengan bentuk vertikal. Mereka akan menggerakkan langkah kakinya ke depan atau ke belakang.

3. Pola lantai bentuk melingkar

Seperti namanya, maka pada saat penari melakukan bentuk pola melingkar, kemudian penari harus bergerak dan memindahkan langkah kakinya menjadi melingkar.

4. Pola lantai bentuk diagonal

Bentuk diagonal adalah bentuk pola lantai terakhir yang digunakan dalam tarian bungong jeumpa. Saat melakukan pola lantai ini, para penari akan menggerakan langkah kakinya menyudut, baik ke arah kiri maupun ke arah kanan.

Busana Penari Tari Bungong Jeumpa

Busana atau kostum yang digunakan para penari bungong jeumpa menjadi salah satu keunikan dari tarian ini. Para penari tersebut akan menggunakan baju tradisional khas dari Aceh untuk menampilkan pertunjukan tarian ini.

Busana tersebut meliputi baju atasan, celana bawahan, dan ikat kepala atau konde sebagai aksesorisnya. Berikut penjelasan untuk setiap busana penari bungong jeumpa.

5. Baju atasan

Busana yang digunakan penari biasanya berupa baju kurung yang nantinya akan dimasukkan ke dalam bawahan atau celana panjangnya. Pada baju ini biasanya memiliki motif bunga yang cantik dan berasal dari kain katun yang halus. Selain itu, untuk warna baju atasan yang biasa digunakan adalah warna hijau dan merah dengan tambahan hiasan berupa bordir berwarna emas pada bagian leher, dada, dan pergelangan tangan baju.

6. Celana bawahan

Celana yang digunakan dalam pertunjukan tarian ini adalah celana panjang hitam. Kemudian, pada bagian ini ditambahkan aksesoris berupa kain songket yang dililitkan pada bagian pinggang dengan panjang kain yang mencapai lutut.

7. Ikat kepala atau konde

Para penari perempuan biasanya akan menggunakan hijab yang berwarna hitam sebagai penutup kepala. Kemudian, akan ditambahkan konde sebagai aksesoris pelengkap dengan hiasan yang bermotif bunga.

Kesimpulan

Tari bungong jeumpa adalah salah satu kesenian dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang identik dengan nuansa agama Islam yang sangat kental. Kata bungong jeumpa yang digunakan sebagai nama tarian ini dalam bahasa Indonesia memiliki arti bunga cempaka.

Bunga cempaka sendiri adalah bunga yang terkenal dan banyak tumbuh di dataran Aceh. Bunga ini juga memiliki aroma harum yang khas. Maka tak heran jika bunga ini digunakan sebagai simbol keindahan.

Berdasarkan sejarah, tarian bungong jeumpa ini sudah ada sejak zaman kerajaan atau kesultanan Aceh. Para Raja menyukai tarian ini karena dianggap dapat memberikan keberuntungan kepada kerajaannya. Maka tarian ini pun banyak ditampilkan sebagai tarian resmi acara kerajaan di istana.

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design