Senin, 31 Mei 2021

Senin, 31 Mei 2021 (TEMA 7 dan Bahasa Inggris)

 Hari/Tanggal          : Senin, 31 Mei 2021

Kelas                      : 3D 

Mata Pelajaran       : Pelaksanaan PAS  

Selamat pagi anak sholeh dan sholeh kelas 3D 

Apakabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat serta dalam lindungan Allah SWT amin allah huma amin 

Baik, pada hari ini kita akan melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) Genap tahun ajaran 2020/2021 yang insyaallah kita semua diberikan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan PAS dan di ridhohi allah SWT amin ... 

Sebelum melaksanakan PAS, seperti biasa kita melaksanakan ibadah harian rutin kita yaitu, melaksanakan sholat duha, murojaah pagi serta mendengarkan Tausyiah dan jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktunya ya nak 💪


Untuk mengerjakan soal PAS, silahkan simak keterangan di bawah ini. 

1. Jangan lupa pilih Kelas yang sesuai.

2. Pilih nama anak, masukkan nomor absen dan masukan Token/Pasword dengan benar. 

3. Token/Pasword akan diberikan melalui japri.  

4. Bacalah pertanyaan dengan teliti, tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan dan pilihlah jawaban yang dianggap paling benar. 

5. Siswa hanya diberikan satu kali kesempatan dalam mengerjakan soal PAS

6. Mohon kerjasama, kerjakan tepat waktu dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu

7. Selama kegiatan PAS siswa diwajibkan memakai seragam sekolah (laki² memakai peci dan perempuan memakai kerudung) dan mohon didokumentasikan ketika siswa mengerjakan PAS. 


PAS Tema 7 Pukul 08.00 - 09.30 wib 

Soal PTS dapat di akses pada link di bawah ini :

https://forms.gle/jriqCcyzHZR6xGLa8

Password/Token akan di bagikan melalui Japri pada waktu yang ditentukan. 


PAS Bahasa Inggris Pukul 10.00 - 11.30 wib 

Link akan dibagikan melalui JAPRI/GRUP Kelas 

Jadwal PAS



Pengumpulan Dokumentasi:
1. Mengirimkan dokumentasi kegiatan sholat, murojaah dan mendengarkan tausiah (kolase) Grup Kelas

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan mengerjakan PAS (kolase) Grup WA Kelas

3. Absen pagi pada kolom komentar postingan blogger  

SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA BERHASIL 💪


Note: jika seragam sudah tidak muat menggunakan pakaian yg sangat amat sopan atau menggunakan baju muslim koko/gamis

Jumat, 28 Mei 2021

Jumat, 28 Mei 2021 (Tema 6 dan Bahasa Lampung)

 Hari/Tanggal          : Jumat, 28 Mei 2021

Kelas                      : 3D 

Mata Pelajaran       : Pelaksanaan PAS  

Selamat pagi anak sholeh dan sholeh kelas 3D 

Apakabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat serta dalam lindungan Allah SWT amin allah huma amin 

Baik, pada hari ini kita akan melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) Genap tahun ajaran 2020/2021 yang insyaallah kita semua diberikan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan PAS dan di ridhohi allah SWT amin ... 

Sebelum melaksanakan PAS, seperti biasa kita melaksanakan ibadah harian rutin kita yaitu, melaksanakan sholat duha, murojaah pagi serta mendengarkan Tausyiah dan jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktunya ya nak 💪


Untuk mengerjakan soal PAS, silahkan simak keterangan di bawah ini. 

1. Jangan lupa pilih Kelas yang sesuai.

2. Pilih nama anak, masukkan nomor absen dan masukan Token/Pasword dengan benar. 

3. Token/Pasword akan diberikan melalui japri.  

4. Bacalah pertanyaan dengan teliti, tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan dan pilihlah jawaban yang dianggap paling benar. 

5. Siswa hanya diberikan satu kali kesempatan dalam mengerjakan soal PAS

6. Mohon kerjasama, kerjakan tepat waktu dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu

7. Selama kegiatan PAS siswa diwajibkan memakai seragam sekolah (laki² memakai peci dan perempuan memakai kerudung) dan mohon didokumentasikan ketika siswa mengerjakan PAS. 


PAS Tema 6 Pukul 08.00 - 09.30 wib 

Soal PTS dapat di akses pada link di bawah ini :

https://forms.gle/3m5XQqQ5RXpu9T238

Password/Token akan di bagikan melalui Japri pada waktu yang ditentukan. 


PAS Bahasa Lampung Pukul 10.00 - 11.30 

Pukul 10.00 - 11.30 wib 

Link akan dibagikan melalui JAPRI/GRUP Kelas 

Jadwal PAS



Pengumpulan Dokumentasi:
1. Mengirimkan dokumentasi kegiatan sholat, murojaah dan mendengarkan tausiah (kolase) Grup Kelas

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan mengerjakan PAS (kolase) Grup WA Kelas

3. Absen pagi pada kolom komentar postingan blogger  

SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA BERHASIL 💪


Note: jika seragam sudah tidak muat menggunakan pakaian yg sangat amat sopan atau menggunakan baju muslim koko/gamis

Kamis, 27 Mei 2021

Kamis, 27 Mei 2021 (PAS TEMA 5 dan Agama Islam)

Hari/Tanggal          : Kamis, 27 Mei 2021

Kelas                      : 3D 

Mata Pelajaran       : Pelaksanaan PAS  

Selamat pagi anak sholeh dan sholeh kelas 3D 

Apakabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat serta dalam lindungan Allah SWT amin allah huma amin 

Baik, pada hari ini kita akan melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) Genap tahun ajaran 2020/2021 yang insyaallah kita semua diberikan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan PAS dan di ridhohi allah SWT amin ... 

Sebelum melaksanakan PAS, seperti biasa kita melaksanakan ibadah harian rutin kita yaitu, melaksanakan sholat duha, murojaah pagi serta mendengarkan Tausyiah dan jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktunya ya nak 💪


Untuk mengerjakan soal PAS, silahkan simak keterangan di bawah ini. 

1. Jangan lupa pilih Kelas yang sesuai.

2. Pilih nama anak, masukkan nomor absen dan masukan Token/Pasword dengan benar. 

3. Token/Pasword akan diberikan melalui japri.  

4. Bacalah pertanyaan dengan teliti, tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan dan pilihlah jawaban yang dianggap paling benar. 

5. Siswa hanya diberikan satu kali kesempatan dalam mengerjakan soal PAS

6. Mohon kerjasama, kerjakan tepat waktu dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu

7. Selama kegiatan PAS siswa diwajibkan memakai seragam sekolah (laki² memakai peci dan perempuan memakai kerudung) dan mohon didokumentasikan ketika siswa mengerjakan PAS. 


PAS Tema 5 Pukul 08.00 - 09.30 wib 

Soal PTS dapat di akses pada link di bawah ini :

https://forms.gle/6D1vWiqPbpm3et1J7

Password/Token akan di bagikan melalui Japri pada waktu yang ditentukan. 


PAS Pendidikan Agama Pukul 10.00 - 11.30 

Pukul 10.00 - 11.30 wib 

Link akan dibagikan melalui JAPRI/GRUP Kelas 

Jadwal PAS



Pengumpulan Dokumentasi:
1. Mengirimkan dokumentasi kegiatan sholat, murojaah dan mendengarkan tausiah (kolase) Grup Kelas

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan mengerjakan PAS (kolase) Grup WA Kelas

3. Absen pagi pada kolom komentar postingan blogger  

SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA BERHASIL 💪


Note: jika seragam sudah tidak muat menggunakan pakaian yg sangat amat sopan atau menggunakan baju muslim koko/gamis

Selasa, 25 Mei 2021

Selasa, 25 Mei 2021 (Membaca Denah Lokasi Melalui Gambar)

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 4, 5 dan 6

Hari/Tanggal        : Selasa, 25 Mei 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 4 ( Aku Suka Berkarya )

Pembelajaran        : 4, 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

PPkN Kd 3.1

Bahasa Indonesia Kd 3.7

Matematika Kd 3.13

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Ayo Membaca

Peraturan dan Sikap Adil di Perpustakaan

Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.
Salah satu peraturan di perpustakaan  adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.

Untuk membuat perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan menetapkan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti. 

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil. 

Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kekayaan ini hendaknya dapatdirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.

Ayo Berlatih

Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.

Diagram akan digambar seperti berikut ini!


Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!

1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? 8 Buah Buku
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? 20 Buah Buku
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak? pada hari Senin 

Ayo Membaca

Siti dan teman-teman memiliki semangat tinggi dalam berkarya. Mereka berkarya menciptakan lingkungan yang asri dan hijau. Siti dan temanteman berencana mengadakan kegiatan penghijauan.

Mereka menanam pohon di area sekolah dan lingkungan sekitar. Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami. Kegiatan menanam pohon sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi lebih asri dan teduh. Udara sekitar pun akan menjadi lebih segar.

Perhatikan denah taman bermain berikut ini!

Pelajari cara membaca denah tersebut!

Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!

Keterangan :

Posisi seluncuran ada di A1.

Posisi ayunan ada di A2.

Posisi tempat duduk ada di A3.

Anak-anak perhatikan gambar pada di atas, sekarang jawablah pertanyaan berikut ini!


Tugasmu!

Isilah titik-titik sesuai gambar taman bermain!

Tentukan posisi sesuai contoh gambar di atas!

1. Posisi pedagang ada di ...

2. Posisi jembatan ada di ...

3. Posisi air mancur ada di ...

4. Posisi tempat sampah ada di ...

5. Misalkan akan ditanam pohon. Lokasi yang bisa di gunakan ... dan ...

Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung, gambar denah tidak perlu di gambar. 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 14.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Senin, 24 Mei 2021

Senin, 24 Mei 2021 (Menentukan Arah Mata )

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 1, 2dan 3

Hari/Tanggal        : Senin, 24 Mei 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 4 ( Aku Suka Berkarya )

Pembelajaran        : 1, 2 dan 3

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

PPkN Kd 3.1

Bahasa Indonesia Kd 3.7

Matematika Kd 3.13

SBdP Kd 3.4

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menceritakan pengalaman yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Siswa dapat menentukan arah mata angin dan dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
3. Siswa dapat menginterpretasikan data dan dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
4.Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan dengan benar.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Ayo Membaca

Udin dan teman-teman sedang berlatih membaca denah. Udin dan teman-teman melakukan perjalanan membawa denah. Denah dilengkapi dengan tanda arah. Denah bermanfaat untuk membantu menemukan suatu lokasi yang dimaksud.

Apakah kamu mengetahui arti denah dan arah mata angin?

Bacalah informasi berikut untuk mengetahui maksud denah dan arah mata angin!

Arah Mata Angin dan Denah

Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat.  Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.

SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara. Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.

Keterangan 

U   = Utara              TG   = Tenggara          B     = Barat

TL  = Timur laut      S     = Selatan             BL   = Barat laut

T    = Timur             BD  = Barat daya

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

Ayo Berlatih  

Udin berlatih membaca denah. Udin juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar.  Udin mencatat informasi tentang banyak rumah. Udin dan temanteman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.

Berikut ini laporan Udin mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan gambar  tabel yang dibuat Udin!

1. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling banyak? Jalan Lili

2. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling sedikit? Jalan Mawar

3. Berapa banyak perbedaan rumah di Jalan Kamboja dan Jalan Mawar? 10

Ayo Membaca

Menjadi Petugas Penerima Tamu Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas  memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. 

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur Udin dan teman-teman bertugas dengan baik.

Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Para penerima tamu telah bertugas dengan baik.

Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah. 

Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu!

Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. 

Contoh

Edo anak yang rajin. Semua tugas sekolah selalu dikerjakan tepat waktu. Edo juga selalu membantu orang tua. Edo selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah “Edo anak yang rajin”.

Ayo Mengamati

Sikap anak-anak SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama saat menerima tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa senang berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga mampu membagi tugas dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melaksanakan program kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk menentukan program kebersihan sekolah. Semua anak mendapat kesempatan memberikan pendapat. 


Tugasmu!

Perhatikan pernyataan berikut ini! 

Pernyataan ini menunjukkan sikap pengamalan Pancasila. 

Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan!

Tuliskan bunyi dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Jumat, 07 Mei 2021

Jumat, 7 Mei 2021 (Penilaian Harian Tema 8 Subtema 3 )

 

PH (Penilaian Harian ) Tema 8 Subtema 3  

Hari/Tanggal        : Jumat, 7 Mei 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 3 ( Aku Suka Berpetualang)

Pembelajaran        : Penilaian Harian 

Alat Peraga           : Google Forums

Kompetensi Dasar : 

PPKn (3.1), B.Indo (3.9), MTK (3.13), SBdP (3.1)


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪

Apersepsi : Anak-anak sudah mengetahui dan paham petunjuk arah 


Baik anak-anak kita sudah belajar satu minggu dengan Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Sesuai dengan judul Subtema kita Aku Anak Mandiri, dengan begitu hari ini kita akan melaksanakan PENILAIAN HARIAN dan anak-anak harus Mandiri dalam mengerjakan soal ulangan hari ini ya nak,

Untuk Link pengerjakan Penilaian Harian Tema 8 Subtema 3, dapat di akses pada link berikut ini 👇



Baik setelah mengerjakan Penilaian Harian dan semoga anak-anak bisa mendapatkan hasil yang memuaskan ya nak.

Bagi yang masih memiliki tunggakan baik dalam hafalan tahfidz, doa sehari hari ibu guru tunggu segera melunasinya ya nak 👍 


Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan Penilaian Harian (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Kamis, 06 Mei 2021

Kamis, 6 Mei 2021 (Soal Cerita dengan Diagram)

  

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6

Hari/Tanggal        : Kamis, 6 Mei 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 3 ( Aku Suka Bertualang )

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : 

PPkN Kd 3.1

Bahasa Indonesia Kd 3.9

Matematika Kd 3.13

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

3.Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪


Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar ramburambu petunjuk tempat.

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!


Siti beragama Islam.
Dayu beragama Hindu.
Lani beragama budha.
Mereka sedang menuju rumah ibadah masingmasing
Manakah arah yang harus mereka lalui?

Siti harus berjalan ke arah: ke arah lurus
Dayu harus berjalan ke arah: ke arah kanan
Lani harus berjalan ke arah: ke arah kiri

Perhatikan petunjuk tempat beribadah berikut!


Perhatikan gambar berikut ini!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?
    Jawab: Petunjuk aharah dan jalan di zebra cross

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan?
    Jawab: Yang harus diperhatikan saat menyebrangi adalah saat nybrang harus melewati zebra cross        pada rambu yang telah pasang dan perhatikan petunjuk arah.


Nenek mengucapkan terima kasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisonal. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya.  Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?

Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang.


Setelah kamu memperhatikan diagram di atas, sekarang jawab pertanyaan pada Tugas hari ini !


Tugasmu!

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diagram di atas!

1. Berapa banyak anak yang menyukai serabi? 
2. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?  
3. Apa nama kue yang paling banyak disukai? 
4. Apa nama kue yang paling sedikit disukai? 
5. Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai  kue lapis dan kue onde-onde? 



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Rabu, 05 Mei 2021

Rabu, 5 Mei 2021 ( Rambu Petunjuk Arah)

 

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4

Hari/Tanggal        : Rabu, 5 Mei 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 3 ( Aku Suka Bertualang )

Pembelajaran        : 2 dan 4

Alat Peraga           : Gambar, video

Kompetensi Dasar : 

PPkN Kd 3.1

Bahasa Indonesia Kd 3.9

Matematika Kd 3.13

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

3.Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪 

Apersepsi : Alhamdulillah anak-anak telah mengetahui macam-macam rabu lalu lintas serta kegunaannya. 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪



Bersepeda Bersama Teman

Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda.  Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.
Udin dan teman-teman melewati jalan raya.
Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Untuk materi pembelajaran 3 lebih lanjut mengenai pembelajaran Matematika dapat disimak video berikut ini 



Ayo Membaca


Kekayaan Indonesia

Indonesia dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia. 

Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi. 
Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata. 

Kebiasaan masyarakat di dekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya. Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini  menyebabkan beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.

Ayo Membaca

Selain permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan yang biasa dikonsumsi.
Apakah kamu suka makan ikan tersebut?
Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut?

Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.

Perhatikan gambar di atas!

Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Kemana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Jawab : Ibu siti menuju arah belok kanan

Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis. 
Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.




Tugasmu!

Lengkapi gambar berikut seperti perintah yang tersedia!
Lengkapi agar menjadi rambu petunjuk arah yang  benar!

1. Untuk menuju Taman Bermain harus belok kiri. Untuk menuju masjid Agung harus belok kanan. Untuk menuju sekolah Nusantara harus lurus mengikuti arah jalan.


2. Untuk menuju Kebun binatang harus belok kiri. Untuk menuju Rumah Sakit Indah harus belok kanan. Untuk menuju Pasar Ikan harus lurus mengikuti arah jalan.


Rambu petunjuk yaitu rambu lalu lintas yang berfungsi sebagai petunjuk arah atau tempat. Rambu petunjuk, dipasang di atas jalan. Namun ada juga rambu petunjuk dipasang di pinggir jalan.

Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪

Selasa, 04 Mei 2021

Selasa, 4 Mei 2021 ( Rambu-rambu Lalu Lintas )

Bahan Ajar Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2

Hari/Tanggal        : Selasa, 4 Mei 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 8 ( Praja Muda Karana )

Subtema               : 3 ( Aku Suka Bertualang )

Pembelajaran        : 1 dan 3

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar : 

PPkN Kd 3.1

Bahasa Indonesia Kd 3.9

Matematika Kd 3.13

SBdP Kd 3.1

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada lambang negara “Garuda Pacasila” dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪 

Apersepsi : Alhamdulillah anak-anak telah melaksanakan Penilaian Harian dengan baik 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪


Aku anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.

Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang  mengasyikkan.

Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati  peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. 


Ayo Membaca

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak. 

Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.

Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.


Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.

Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.


Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!

Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor. Ada juga sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.

Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada  juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik sebagai berikut!
 
Ayo Membaca

Mengenal Budaya Indonesia

Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan. 

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah  Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai. 

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.  Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan. 

Perhatikan contoh perilaku berikut ini!

Sikap Udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara Indonesia. Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhinneka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga. Meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, Indonesia.


Ayah dan Ibu Siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua Siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelokkelok dan menanjak. Pengemudiharus berhati-hati saat melintasi jalan di pegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu
lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.

Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut! 
Rambu tersebut dapat ditemukan di jalanan  berkelok-kelok. Rambu tersebut juga dapat ditemukan di daerah pengunungan.


Untuk dapat melihat Video Pembelajaran dapat di akses lewat link Google Drive di bawah ini 



Tugasmu!

Gambarlah dan Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!
Beri warna yang sesuai pada simbol-simbol berikut!
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung.



Pengiriman Tugas: 

1. Mengirimkan dokumentasi foto beribadah (Grup Wa)
2. Mengumpulkan dokumentasi foto telah mengerjakan latihan tema (Chat Pribadi)
3. Absen pagi pada kolom komentar ya anak-anak  yang  hebat 
4. Pengumpulan tugas ditunggu paling lambat jam 13.00 wib 

Terimakasih atas kerjasamanya, semoga berhasil 💪
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design