Senin, 30 November 2020

Makanan Sehat

Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara 

Pembelajaran 3 dan 4 

Ayo Membaca

Bacalah dengan lancar dan percaya diri!

Di Kantor Kelurahan Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah. 

Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau. Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.

Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik.

Amati kembali teks “Di Kantor Kelurahan”!

Sebutkan kalimat yang menunjukkan saran! Apakah saran itu bisa kamu lakukan? Beri pendapatmu!

Ayo Berlatihh

Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? 

Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! 

Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT!

Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut ini dengan teliti! 

Masalah apa yang kamu lihat pada gambar? Bagaimana pendapatmu? Sampaikan saranmu kepada teman-temanmu!

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Temukan kalimat yang menunjukkan masalah dan saran!

Jalan yang Bersih

Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung. Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan.

Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.

Ayo Berlatih

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hati-hati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat?

Tugasmu!

Amati pernyataan berikut!

Beri tanda ( √ ) jika menyatakan makanan sehat!

Beri tanda ( X ) jika menyatakan makanan tidak sehat!


Atau anak-anak dapat melihat latihan soal pada Buku Tema 4 Halaman 161 

Kerjakan di buku latihan tematik dan jangan lupa untuk menggunakan tulisan tegak bersambung dan gambar diberi warna. 

Pengiriman Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Bukti telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugas "tugas kirim di grup kelas" 

3. Batas mengerjakan penilaian sampai pukul 17.00 wib ( 5 sore ) 

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

Selamat Mengerjakan dan Semoga Berhasil 





Jumat, 27 November 2020

Membuat Topi Sederhana

Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara 

Pembelajaran 1 dan 2 

Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia.  Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara. Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat. 

Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut ini dengan percaya diri!

Lingkungan Hijau 

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah  Dayu dipenuhi pohon  rindang. Udara terasa sejuk dan segar.  Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang.

Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu  berdiskusi dengan  temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

Ayo Mencoba

Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah.
Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!

1. Ambil selembar kertas koran.
2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.
4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan. 
5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.
6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!

Ayo Berlatih

Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman
adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan membagikan bibit pohon angsana.
Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan. 

Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak
bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan?
Banyaknya kelurahan      :  10
Banyaknya bibit               :    ?
Jatah untuk 1 kelurahan   :    ?

Langkah penyelesaian :
1.  Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10.
2.  Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan).

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lancar!

Siti Demam Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas.
Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis. Siti masih merasa demam saat bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. 
Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas. 
Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan. Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.


Tugasmu!

Membuat topi sederhana dari kertas bekas 
Simak video pembuatan topi sederhana di bawah ini 



Setelah membuat anak-anak dapat mengirimkan tugas di grup kelas masing-masing 
selamat berkreasi dan semoga berhasil 




Kamis, 26 November 2020

Penilaian Harian Tema 4 Subtema 3

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah swt amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Tausyiah pagi dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat duha, sholat wajib serta murojaah pagi.. 

Sebelum mengerjakan penilaian harian jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melaksanakan evaluasi/ Penilaian Harian pada pembelajaran minggu ini yaitu, 

Tema 4 Kewajiban dan Hakku

Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga  

Untuk mengerjakan Penilaian Harian dapat klik link di bawah ini ya nak 👇
 

Semua kegiatan kirim di grup kelas kecuali hafalan surat japri ibu guru

Pengiriman Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Bukti telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugas

3. Batas mengerjakan penilaian sampai pukul 17.00 wib ( 5 sore ) 

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

Selamat Mengerjakan dan Semoga Berhasil 

Selasa, 24 November 2020

Kemungkinan dalam Perkalian

 Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Pembelajaran 5 dan 6 

Ayo Membaca
Simaklah teks berikut ini!

Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?

Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya. Lantai tampak kotor dan berbau tidak sedap. Ada kotoran ayam di lantai. Sejak pagi sudah tiga kali ibu membersihkan teras. Keluarga Siti tidak memelihara ayam. Ayam tetangga sering masuk ke rumah Siti.  Ayam itu juga masuk ke rumah yang lain.
Jika kita memiliki hewan peliharaan, kita wajib  menjaganya dengan baik. Hewan peliharaan dijaga dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan.  Apabila kita memiliki hewan peliharaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, jangan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Kedua,  memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Ketiga, menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaan. Keempat, membersihkan hewan peliharaan dan kandangnya secara teratur. Hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, membuat lingkungan menjadi nyaman.

Ayo Bercerita

Setiap orang wajib menjaga kenyamanan lingkungan. Apabila kita memiliki hewan peliharaan ada kewajiban yang harus dilakukan.
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti gambar di bawah ini?
Ceritakan pengalamanmu di depan kelas tentang memelihara hewan peliharaan! 
Ceritakan juga kewajiban kita jika memiliki hewan peliharaan! 



Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!

Wabah Demam Berdarah

Ayah Dayu terserang demam berdarah. Tubuhnya demam tinggi dan menggigil kedinginan. Kepalanya terasa berat. Perutnya mual dan ingin muntah. Ada bintik-bintik merah di kulitnya. Tetangga Dayu pun segera membawanya ke rumah sakit.
Demam berdarah penyakit berbahaya dan mudah menular. Nyamuk demam berdarah adalah penyebar penyakit demam berdarah. Seluruh warga membersihkan lingkungan. Mereka membersihkan lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Seluruh warga bekerja dengan bergotong royong. Mereka melakukan 3 M yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Mereka juga melakukan pengasapan.
Ayo Berlatih

Hari ini Dayu harus menyiapkan pesanan bibit bunga sedap malam. Lani membantu Dayu menyiapkan semuanya. Lani senang dapat membantu Dayu. Lani pun senang dapat membuat Dayu bergembira lagi.
Ada 800 buah bibit sedap malam yang harus dikirim. Ibu Dayu sudah menyiapkan beberapa kotak kardus. Setiap kardus harus berisi bunga sedap malam yang sama banyak.
Berapa kardus yang dibutuhkan? Berapa banyak bibit dalam setiap kardus?

Buatlah 2 kemungkinan jumlah kardus yang dibutuhkan dan banyaknya bibit dalam setiap kardus!
800 =    2    x    400
800 =    10  x    80


Dayu memiliki banyak kelinci. Dayu tidak ingin kelincinya berkeliaran dan mengganggu tetangga.
Dayu ingin membuat kandang untuk kelincinya. Dayu membutuhkan banyak bambu. Ayah Dayu memiliki 900 batang bambu. Berapa kira-kira kandang yang dapat dibuat Ayah Dayu. Berapa batang bambu yang dibutuhkan Ayah Dayu untuk satu kandangnya?

Jumlah bambu seluruhnya 900 batang.
Jika ayah Dayu membuat 10 kandang, maka untuk setiap kandang hanya dapat menggunakan 90
batang bambu. 
900 =    10    x     90

Tugasmu!

Kerjakan di buku latihan tema 
Buat alternatif jumlah kandang yang berbeda dengan hasil kali 900!

1. 900 =    ...    x    ...
2. 900 =    ...    x    ...
3. 900 =    ...    x    ...
4. 900 =    ...    x    ...
5. 900 =    ...    x    ...

Pengiriman Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Bukti telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugas

3. Batas mengerjakan penilaian sampai pukul 17.00 wib ( 5 sore ) 

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

Selamat Mengerjakan dan Semoga Berhasil 

Senin, 23 November 2020

Kewajiban dan Hak di Lingkungan Rumah

Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Pembelajaran 3 dan 4 

Ayo Membaca

Simaklah teks berikut dengan teliti!

Panen Rambutan

Lani berkunjung ke rumah Beni. Di rumah Beni sedang panen rambutan. Beni ingin membagi hasil panennya kepada tetangga. Setiap hari tetangga selalu melihat buahnya. Setiap hari ada juga tetangga yang ikut membersihkan daun yang gugur dan bertebaran. Sebaiknya tetangga ikut menikmati hasil panen.

Pada hari itu, hasil panenan Beni sebanyak 500 buah rambutan. Ayah menyarankan tetangga dekat didahulukan. Setiap tetangga harus mendapat rambutan yang sama banyak. Ayah meminta Lani membantu Beni. Mereka bekerja dengan gembira.


Ayo Berlatih

Lani membantu Beni menghitung buah rambutan. Rambutan yang tersedia ada 500 buah. Berapa banyak tetangga yang akan diberi? Berapa buah yang akan diterima setiap tetangga?

Jawab:

Banyaknya tetangga   x  banyak buah rambutan  =  500 buah
Bila Beni berbagi kepada lima tetangga, berapa banyak rambutan yang diterima masing-masing
tetangga?
5    x    ...     =     500

Jawabannya adalah: 100.

Jadi, jika Beni hanya membagi kepada lima tetangga,  maka masing-masing tetangga akan mendapat 100 buah rambutan.

Ayo Mengamati

Lani membantu Beni membagikan rambutan. Ia membawakan kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertasnya memiliki motif yang sangat indah. 
Lihatlah kantong kertas yang dibawa Lani! Sebutkan bentuk-bentuk motif yang ada pada hiasan kantong kertas!
Sebutkan warna yang ada pada hiasan kantong kertas!
Cobalah membuat gambar motif seperti pada kantong keras yang dibawa Lani! 
Gunakan kertas gambar, pensil, dan pensil warna! Ikuti langkah-langkah berikut!


Ayo Membaca

Bacalah dengan suara nyaring!

Aku Ingin Lingkungan Bersih Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoretcoret tembok. 
Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya.
Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang dapat ia lakukan. 

Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.

Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Tugasmu!

Amatilah gambar berikut!

Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih!
Tuliskan pada tabel berikut!


Pengumpulan Tugas :

1. Mengirimkan foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Mengirimkan tugas dengan anak memegang hasil tugasnya kirim di grup kelas   

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.



Jumat, 20 November 2020

Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Pembelajaran 1 dan 2 

Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu? Apakah kamu suka bermain dengan tetanggamu? Sukakah kamu memiliki tetangga? Setiap orang berkewajiban menjadi tetangga yang baik. Kita wajib bersyukur memiliki tetangga yang baik. Jadilah tetangga yang baik!

Ayo Membaca

Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu? 

Ceritakanlah! Bacalah percakapan Lani dan ibunya berikut ini!

Tetangga Baru

Lani     : Ibu, aku mempunyai teman baru. Sudah hampir seminggu dia tinggal di dekat rumah kita. 

Ibu       : Bagus sekali, nak! Kamu pasti sangat senang. 

Lani     : Tentu, ibu. Ibu Guru berpesan sebaiknya kita mengenal tetangga. Mengenal tetangga adalah                     kewajiban kita.

Ibu       : Betul sekali, nak. Mereka juga mempunyai hak untuk dikenal. Apakah kamu senang                                mengenalnya, nak? 

Lani      : Tentu, bu. Dia sudah kelas V SD. Dia pandai menggambar.

Ibu       : Sebaiknya kau ajak dia ke rumah! Kenalkan kepada ibu. Kenalkan juga kepada teman-                           temanmu. 

Lani       : Tentu, ibu. Terima kasih mengizinkan aku bermain dengannya.

Ayo Berlatih

Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?


Bila ibu membeli 10 buah toples, berapa isi masing-masing toples?

10 x ... = 800

Maka jawabannya adalah: 80. Jadi, masing-masing toples berisi 80 buah kue bawang.

Tuliskan kemungkinan lainnya!

Ingatlah bahwa setiap toples harus terisi kue bawang yang sama banyak.

1. 10 x 80 = 800

2. ... x ... = 800

3. ... x ... = 800

4. ... x ... = 800

5. ... x ... = 800

Ayo Mengamati

Lani senang mengamati rumah tetangganya. Lani melihat di setiap rumah terdapat berbagai bentuk bangun datar. Bentuk-bentuk bangun datar apa saja yang sudah kamu ketahui?

Lani juga mengamati warna-warna cat tembok rumah tetangganya. Lani pun menjadi terinspirasi untuk berkreasi. Lani ingin berkreasi dengan bentuk bangun datar dan warna yang ia lihat. Ia menggunakan kertas gambar, penggaris, pensil, dan pensil warna.


Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut dengan suara nyaring!
                
                    Tetangga
Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku
baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan  tetangga.
Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Tetangga Lani sangat senang dikunjungi Lani dan keluarganya. Mereka merasa wajib menghargai tamunya. Mereka ingin menjamu tamu dengan baik. Di rumah mereka ada beberapa jenis makanan. 


Makanan apa yang sebaiknya Lani pilih?
Saran apa yang dapat kamu berikan?
Jelaskan alasanmu! Lakukan secara lisan!
Tahukah kamu manfaat memilih makanan untuk kesehatan tubuhmu?
Anak-anak memerlukan makanan bergizi.
Makanan bergizi membuat anak memiliki tubuh yang sehat. Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.
Makanan yang mengandung karbohidrat misalnya nasi, roti, dan kentang. Makanan yang mengandung protein misalnya ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan susu. Buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung vitamin.

Tugasmu!

Amati bentuk bangun datar di bawah ini!

Warnailah dengan warna merah untuk bangun datar segitiga, kuning untuk lingkaran, hijau untuk persegi dan biru untuk persegi panjang ! 

Gunakan pensil warna/Krayon 

Kerjakan di buku tulis latihan tema. 



Pengumpulan Tugas :

1. Mengirimkan foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Mengirimkan tugas dengan anak memegang hasil tugasnya kirim di grup kelas   

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.


Kamis, 19 November 2020

PH Tema 4 Subtema 2 dan Menulis

  Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah swt amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Tausyiah pagi dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat duha, sholat wajib serta murojaah pagi.. 

Sebelum mengerjakan penilaian harian jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melaksanakan evaluasi/ Penilaian Harian pada pembelajaran minggu ini yaitu, 

Tema 4 Kewajiban dan Hakku

Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah 

Untuk mengerjakan Penilaian Harian dapat klik link di bawah ini ya nak 👇
 

Setelah mengerjakan PH kita Latihan MENULIS 


Buku Lalisba Halaman 7
Bagi yang tidak memiliki buku lalisba kerjakan di buku halus kasar.
Setiap kalimat buat sebanyak 5 soal 

Semua kegiatan kirim di grup kelas kecuali hafalan surat japri ibu guru


 

Pengiriman Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Bukti telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugas

3. Batas mengerjakan penilaian sampai pukul 17.00 wib ( 5 sore ) 

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

Selamat Mengerjakan dan Semoga Berhasil 

Rabu, 18 November 2020

Kalimat Saran

 Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah 

Pembelajaran 5 dan 6

Ayo Membaca

Setiap anak berhak merasa nyaman berada di sekolah. Mereka berhak diperlakukan dengan baik. 

Bacalah teks berikut dengan nyaring!

Aku Ingin Senang di Sekolah Setiap warga sekolah wajib membuat sekolah menjadi tempat yang menyenangkan. Guru dan siswa ingin merasa bahagia di sekolah. Udin dan teman-temannya juga ingin senang saat berada di sekolah. Kepala Sekolah memberi saran kepada Udin dan teman-temannya. Berikut saran Kepala Sekolah. 

1. Berteman dengan siapa saja

2. Saling berbagi

3. Saling menghormati

4. Saling membantu dan bekerja sama

5. Hormat kepada guru  dan sayangi teman

6. Menaati aturan sekolah

Udin dan teman-temannya mengikuti saran Kepala Sekolah. Sekarang setiap siswa berteman dengan siapa saja. Siswa selalu berbicara dengan sopan. Siswa tidak segan mengucapkan terima kasih kepada siapa pun. Siswa juga selalu meminta maaf jika berbuat salah. Udin merasa senang berada di sekolah.  

Contoh saran lain dengan Topik "Udin Jatuh dari Sepeda".

Santi melihat Udin jatuh dari sepeda, saran Santi kepada Udin adalah .. 

Saran     : 1. Sebaiknya Udin harus berhati-hati dalam mengendarai sepeda 

Saran     : 2. Udin tidak boleh bermain sepeda di jalan raya 

Ayo Menulis

SD Nusantara ingin siswanya merasa senang di sekolah. Mereka membuat daftar kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.

Lengkapi tabel berikut ini!


Ayo Berlatih

Belajar adalah kewajiban setiap siswa. Udin belajar di sekolah yang menyenangkan. Ia dan teman-temannya selalu disambut guru saat tiba di sekolah. Penyambutan dimulai 30 menit sebelum bel masuk.
Penyambutan berakhir saat bel masuk berbunyi. 

Banyak siswa yang disambut setiap harinya berbeda.  Jika siswa yang disambut ada 500 siswa, tentukan
banyak siswa di sekolah dan banyak siswa yang tidak di sambut!
Langkah menjawab:
Banyak siswa yang disambut adalah hasil pengurangan banyak siswa di sekolah dengan banyak siswa yang tidak disambut.
1. Tuliskan banyak siswa yang disambut
2. Tentukan banyak siswa di sekolah
3.  Tentukan banyak siswa yang tidak di sambut

Ayo Berdiskusi

Guru sedang berbicara di depan kelas. Semua siswa melihat ke arah guru. Mereka memperhatikan setiap ucapan guru. Lani bertanya kepada guru. Guru melihat ke arah Lani dan mendengarkan pertanyaan Lani. 
Setiap orang wajib mendengarkan saat orang lain berbicara. Apa yang biasa kamu lakukan saat orang lain berbicara kepadamu?

Tugasmu!

Beni mendengar temannya berbicara keras. Hal itu membuatnya tidak nyaman. 
Apa yang harus Beni lakukan?
Berilah saran untuk Beni! Tuliskan saranmu!


Kerjakan di buku latihan tematik dan tulis menggunakan tulisan tegak bersambung. 

Pengumpulan Tugas :

1. Mengirimkan foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Mengirimkan tugas dengan anak memegang hasil tugasnya kirim di grup kelas   

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.




Selasa, 17 November 2020

Kebersihan Sekolah dan Gerak Tari

Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah 

Pembelajaran 3 dan 4

Ayo Mencoba

Amati gambar berikut!

Sekolah Dayu memiliki halaman yang luas. Di halaman sekolah terdapat pohon besar. Setiap hari daunnya berguguran. Penjaga sekolah menyapunya setiap pagi. Namun, selalu ada daun gugur yang tersisa.

Jika banyak daun tersisa 50 helai, Berapa banyak daun yang gugur dan tersapu?

Ayo Membaca

Bacalah wacana berikut dalam hati!

Kegiatan Saat Jam Istirahat  Hari ini, udara sangat cerah. Pada saat jam istirahat, anak-anak semua berada di luar kelas. Mereka bermain dan berbincang-bincang. Sebagian anak-anak ada yang jajan di kantin. 

Dayu dan teman-temannya juga berada di luar kelas. Mereka melihat daun berserakan di halaman. Mereka memunguti daun sambil berbincang. Daundaun tersebut dimasukkan ke dalam tong sampah. Mereka memasukkannya ke tong sampah organik. Sampah daun dapat diolah menjadi pupuk. Dayu senang melihat halaman bersih kembali.

Ayo Menari

Saat memungut daun, Dayu kadang jalan perlahan. Sesekali ia menghentakkan kaki. Ia bergerak ke samping kanan dan ke kiri. Ia juga bergerak maju dan mundur.

Gerakan Dayu bisa dirangkai menjadi sebuah tarian sederhana. Masih ingatkah kamu dengan gerakan-gerakan tari yang pernah kamu pelajari? 

Ayo Membaca

Bacalah dengan nyaring!

Sekolah yang Sehat

Setiap anak wajib menjaga kebersihan dan kesehatan sekolah. Apabila sekolah bersih dan sehat, anak-anak pun dapat bermain dengan ceria. Mereka akan selalu bersemangat belajar. Akan tetapi, tidak semua sekolah merupakan sekolah yang sehat. 

Sekolah sebaiknya memiliki kantin yang selalu bersih. Tempat mencuci tangan sebaiknya tersedia di beberapa tempat. Tempat sampah sebaiknya ada di setiap sudut. Sekolah sebaiknya memiliki halaman tempat bermain. Toilet sekolah sebaiknya bersih dan wangi. Sekolah sebaiknya bersih dari jentik nyamuk dan asap rokok. Sekolah sebaiknya memiliki program menjaga kesehatan.

Setiap warga sekolah sebaiknya memiliki kebiasaan hidup sehat. Mereka harus sering mencuci tangan dengan air mengalir. Mereka harus rajin berolah  raga. Mereka harus ikut menjaga kebersihan di  setiap sudut sekolah. 

Amatilah teks “Sekolah yang Sehat”!

Garis bawahi kalimat yang menunjukkan masalah!

Garis bawahi juga kalimat saran!

Aku Belajar Hidup Sehat


Tugasmu!

Masih ingatkah kamu dengan gerakan-gerakan tari yang pernah kamu pelajari? 
Yuk simak video tarian diiringi lagu "Kalau Kau Suka Hati"


Ikuti gerakan tarian di atas 👆 lalu peragakan dan buatlah video berdurasi pendek 
Kirim video di grup kelas 

Pengumpulan Tugas :

1. Mengirimkan foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Mengirimkan tugas melalui video menari diiringi lagu pada contoh di atas, dengan durasi 45 detik  

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

 



Senin, 16 November 2020

Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah 

Pembelajaran 1 dan 2


Sekolah adalah tempat anak-anak belajar. Sekolah tempat anak-anak belajar agar mendapat banyak pengetahuan. Di sekolah anak-anak bertemu dengan ibu guru yang selalu ramah. Anak-anak juga bertemu banyak teman. Mereka saling menghargai dan menghormati. Mereka melaksanakan kewajiban dan hak dengan penuh semangat.
Apa yang harus dilakukan agar kamu senang di sekolah?

Ayo Membaca

Anak-anak pintar adalah harapan orang tua. Apa yang dapat dilakukan agar menjadi anak yang pintar? 
Bacalah dengan nyaring!

Rahasia Anak Pintar

Setiap anak di kelasmu pintar dan baik hati. Ada anak yang pintar olahraga atau menari. Ada juga yang pintar matematika atau bahasa. Ada yang pintar menyanyi atau berteman dengan semua orang. 
Apakah kamu dapat pintar tanpa berusaha? Semua anak ingin pintar, tetapi belum tahu caranya. Jika ingin pintar, inilah rahasianya. Dengarkan saat guru menjelaskan. Kerjakan tugas-tugas tepat waktu. Banyaklah membaca dan berlatih. Jangan mudah menyerah. Bertanyalah kepada gurumu. Atur juga waktu belajarmu dengan baik. Selain itu, bertemanlah dengan banyak orang.

Amati teks “Rahasia Anak Pintar”!
Garis bawahi kalimat yang menunjukkan
penyelesaian masalah!
Sebutkanlah! 

Ayo Berlatih
Beni membantu Ibu Guru merapikan lemari kelas. Ia melihat persediaan kertas kelas yang tinggal sedikit. Semula tersedia 500 lembar kertas. Sisa kertas hanya 40 lembar. Waktu belajar masih tiga bulan. Mereka membutuhkan kertas untuk beberapa kegiatan kelas. Beni berpendapat mereka wajib menghemat kertas.                                                 
Haruskah ibu guru membeli kertas baru? Apa saranmu?

Saranmu : _______________________________
                 _______________________________

Bantulah Beni menentukan banyak kertas di awal dan yang terpakai.


Buatlah lima kemungkinan lain! Tentukan banyak kertas di awal! 
Tentukan banyak kertas terpakai!

1.    80     -    40     =     40
2.    60     -    20     =     40
3.    50     -   10      =     40
5.    70     -    30    =      40



Ayo Mengamati

Amati gambar keadaan sekolah di atas! Apa yang kamu lihat pada gambar? Bagaimana dengan tamannya? Mengapa dapat seperti itu?  Siapa yang membuat keadaan taman sekolah seperti itu? Bagaimana mereka melakukannya?

Diskusikanlah pada orang tuamu!
Kelompokkan hasil diskusimu menjadi kewajiban dan hak!

Penjelasan dapat disimak pada video berikut ini 👇

Contoh Hak di sekolah:
  1. Hak untuk dapat belajar
  2. Hak untuk dapat menggunakan seluruh fasilitas yang terdapat di sekolah
  3. Hak untuk mendapatkan toleransi
Contoh kewajiban di sekolah:
  1. Siswa diharuskan untuk menjaga nama baik dari sekolah
  2. Siswa harus mengikuti segala macam bentuk akan tata tertib yang dimana berada di sekolah
  3. Siswa harus memberikan hormat kepada kepala sekolah, guru, dan siswa lainnya

Ayo Membaca

Bagaimana keadaan sekolahmu saat ini? Apakah yang kamu inginkan? Apa yang harus kamu lakukan?

Sekolah yang Indah dan Rapi

Setiap siswa wajib menjaga sekolahnya agar indah dan rapi. Di dalamnya ada banyak pohon yang  terawat. Pohon-pohon membuat udara segar dan sejuk. Sekolah yang indah dan rapi membuat siswa semangat belajar. 


Akan tetapi, banyak sekolah yang belum indah dan rapi. Semua siswa harus bekerja sama agar sekolahnya indah dan rapi. Pohon-pohon yang ada harus dirawat bersama. Siswa harus dapat membuat taman kelas. Kelas juga harus bersih dan rapi. Meja guru harus tertata rapi. Papan tulis harus selalu bersih. Kursi-kursi dan meja juga tidak boleh ada coretan. 

Tugasmu!

Anak-anak sudah mempelajari dan mengetahui apa itu Kewajiban dan Hak di Sekolah.
Sekarang yuk ceritakan kembali, menurutmu apa saja Kewajiban dan Hak yang dapat kita terima di Sekolah? 
Anak-anak dapat mengirimkan melalui cerita berupa Voice Note dan kirim di grup kelas ya nak 

Pengumpulan Tugas :

1. Mengirimkan foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Mengirimkan tugas melualui cerita berupa Voice Note dan kirim di grup kelas 

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

 


Jumat, 13 November 2020

Penilaian Harian Tema 4 Subtema 1

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah swt amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Tausyiah pagi dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat duha, sholat wajib serta murojaah pagi.. 

Sebelum mengerjakan penilaian harian jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melaksanakan evaluasi/ Penilaian Harian pada pembelajaran minggu ini yaitu, 

Tema 4 Kewajiban dan Hakku

Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah 


Untuk mengerjakan Penilaian Harian dapat klik link di bawah ini ya nak 👇
 

Hasil kegiatan PH kirim japri ibu guru ya nak 
Kegiatan ibadah kirim di grup kelas 
Hafalan surat kirim japri ibu guru 

Pengiriman Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah 

2. Bukti telah mengerjakan tugas beserta foto anak saat memegang tugas

3. Batas mengerjakan penilaian sampai pukul 17.00 wib ( 5 sore ) 

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

Selamat Mengerjakan dan Semoga Berhasil 

Kamis, 12 November 2020

Kemungkinan

 Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah  

Pembelajaran 6 

Ayo Membaca

Bacalah dengan nyaring!

Rumahku Bersih dan Nyaman Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan. Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit. 

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal  yang bersih? Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Ayo Berlatih


Ayah Udin ingin rumah mereka nyaman. Ia berencana merapikan pagar rumah mereka. Ayah Udin membutuhkan 980 batu bata. Ia memiliki beberapa batu bata di rumah. Ayah membeli kekurangannya di toko bangunan. Berapa batu bata yang mungkin ayah Udin miliki dan berapa yang
harus dibeli? 

Buatlah lima kemungkinan!
Contohnya:

1. 380 + 600 = 980
2. 540 + 440 = 980
3. 500 + 480 = 980
4. 800 + 180 = 980
5. 850 + 130 = 980

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak
bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah. 

Tugasmu!

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin? 

Pengumpulan Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah kirim melalui japri ibu guru

2. Mengirimkan tugas serta foto anak saat memegang hasil pembelajaran. 

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.





Rabu, 11 November 2020

Permasalahan dan Saran

 Tema 4 Kewajiban dan Hakku 

Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah  

Pembelajaran 4 dan 5

Ayo Mencoba

Tahukah kamu kewajiban yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Apa yang sudah kamu ketahui tentang hak mendapatkan makan?


Bacalah permasalahan berikut ini!
Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan!

1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Ayo Berlatih

Berikut kewajiban dan hak tentang makanan.

Bantulah Udin memilih mana yang kewajiban dan hak!

1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.
 2. Mendapat makanan sehat dan bersih.
 3. Makan makanan yang sudah disediakan.
 4. Memilih makanan yang sehat.
 5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.
 6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.
 7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.
 8. Mengambil makanan secukupnya.
 9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.
10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

Ayo Mengamati

Rumah Tempat Berlindung Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah tempat tinggal. Setiap orang berhak mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berbentuk rumah.

Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi  manfaatnya sama. Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah.

Udin dan Mutiara  mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar  bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orangorang yang lebih susah.

Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang. 


Ayo Berlatih

Kamu wajib bersyukur memiliki tempat tinggal. Tempat tinggal akan melindungi dirimu dari bahaya. Kamu juga wajib merawat dan melindungi tempat tinggalmu. Apa saja kewajiban dan hakmu berkaitan dengan tempat tinggal? 


Kewajiban dan Hak di Rumah
1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal.
2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi.
3. Bicara lembut dan sopan.
4. Membantu merapikan dan menata rumah.
5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai.
6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai.
7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan.
8. Saling menolong dan memaafkan.
9. Mendapat tempat tinggal.
10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Tugasmu!

Anak-anak sudah mengetahui hak dan kewajiban kita dalam menjaga kesehatan.

Tugas ada pada buku Tema 4 Subtema 1 Halaman 26-27 

Bacalah permasalahan di bawah ini! 
Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan. 

1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Jodohkan kalimat-kalimat berikut dengan permasalahan di atas!
Tulislah nomor kalimat di dalam kurung!

1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan. ( ... )
2. Sebelum makan, tangan harus bersih dari debu dan kuman penyakit. ( ... )
3. Aku harus berhati-hati memilih jajanan. Makanan yang dijual di jalan sering dihinggapi lalat. ( ... )
4. Di pagi hari aku harus sarapan agar aku bisa belajar dengan semangat. ( ... )
5. Aku tahu bahwa banyak anak seusiaku yang sulit mendapat makanan. ( ... )


Contoh Mengerjakan tugas!
Tulis meggunakan tulisan tegak bersambung!

1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan. ( 5 )

dst nomor berikutnya 

Pengumpulan Tugas :

1. foto kegiatan beribadah, seperti: solat, murojaah, mendengarkan tausyiah kirim melalui japri ibu guru

2. Mengirimkan tugas serta foto anak saat memegang hasil pembelajaran. 

3. Batas mengirimkan tugas sampai jam 17.00 WIB (5 sore)

4. Jika telat mengerjakan tugas dapat konfirmasi di awal ya nak dan dapat mengirimkan tugas melalui japri 

5. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat bisa tanyakan di kolom komentar di bawah postingan ini ya anak sholeh dan sholeha dan papah/mamah 

6. Absen pagi pada kolom komentar di bawah ini 

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.




Diberdayakan oleh Blogger.
 

Risky Melina Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design